A Dream Trip in USA for Movie Lovers

By 11:00 PM , , , , ,






1 Hollywood

Rasanya tak berlebihan jika menempatkan Hollywood di nomor terwahid dalam daftar spot wajib kunjung untuk para pencinta film, dikarenakan Hollywood yang terletak di bagian kota Los Angeles ini merupakan kiblat bagi para pekerja, pengusaha dan pencinta film dunia. Para pekerja seni berbondong-bondong bermigrasi dari kota bagian Amerika lainnya bahkan dari negera luar untuk mencari kesuksesan demi menyalurkan bakat seni mereka di Hollywood, fenomena seakan Hollywood itu adalah fatamorgana yang indah untuk dilihat tapi sulit untuk digapai.
Logo besar yang terkenal bertuliskan “HOLLYWOOD“ menjadi identitas kota, logo ini terletak menjulang di Mount Lee,Griffith Park, dengan ketinggian sekitar 45 kaki dengan lebar 30 kaki dari setiap hurufnya. Walaupun tampaknya logo tersebut mudah untuk diakses, tapi pada kenyataannya logo tersebut jauh dari jalan raya dimana area sekitarnya dilengkapi dengan sistem keamanan canggih untuk menghindari tangan iseng, bahkan jika ada yang nekat dengan berbagai cara memanjat, sudah dipastikan akan dikenakan sangsi yang tidak ringan.

Selain “Sign of Hollywood” yang menjadi landmark, terdapat juga The Chinese Theatre dan Hollywood Walk of Fame dimana ada lebih dari 2000 selebritis dunia yang mencetakkan telapak tangan atau kaki mereka beserta tandatangan sebagai simbol penghormatan atas kontribusi signifikan mereka untuk dunia film, radio, teater, televisi dan industri rekaman, dimana kelak karya mereka akan selalu diingat sepanjang masa oleh para fans maupun orang yang sengaja mengunjungi jalan ini.
Jika Anda mempunya tokoh favorit maka carilah dan jangan lupa mengambil foto dengan latar belakang bintang idola Anda itu.

2 New York City

Untuk penggila serial TV dan film “Sex and The City”, sudah pasti NYC merupakan kota wajib kunjung di Amerika, saking banyaknya penggemar SATC itu sendiri, tersedia paket 3-4 jam untuk mengunjungi beberapa titik spot yang kerap tampil di setiap adegan film tersebut, sebut saja apartemen tempat tinggal Carrie Bradshaw, Magnolia Bakery, coffee shop milik Aidan & Steve, sampai dengan mengunjungi butik-butik ternama tempat Samantha & Carrie berbelanja, dan tak ketinggalan menikmati segelas koktail Cosmopolitan di Scout, tempat hangout Carrie-Samantha-Charlote-Miranda.



Bukan hanya SATC, serial tv terkenal lainnya sepeti Friends, CSI New York, Ugly Betty, Gossip Girl, Will & Grace, The Apprentice, Law & Order, The Cosby Show adalah sebagian kecil dari banyaknya serial TV terkenal yang bersetting di kota New York.

Tidak dipungkiri memang bahwasannya kota New York bukan hanya merupakan kota fashion dunia dengan segala gemerlapnya, tetapi juga icon dunia hiburan dimana film termasuk di dalamnya, euphoria yang dirasakan selama menyusuri setiap jalan di kota ini sama persis ketika kita menyaksikan potongan-potongan film di layar kaca, taksi berwarna kuning dan serene mobil polisi NYPD yang kerap lalu lalang, begitu pula dengan banyaknya bangunan yang menjadi highlight seperti Rockefeller, Gereja Katedral St Patrick, Times Square, Central Station, sampai dengan Patung Liberty yang terkenal di seantero dunia itu.
Berada di ketinggian gedung Empire State adalah salah satu keharusan saat Anda berada di New York, terinspirasi dari adegan film sepanjang masa “An Affair to Remember”, ”Kingkong” dan “Spiderman” atau sekedar mengandaikan dirimu adalah seorang Meg Ryan yang menunggu hadirnya Tom Hanks di pelataran Empire State Building, persis seperti yang terlihat di film “Sleepless in Seattle” yang saya tonton puluhan kali itu.

Central Park atau Taman Kota juga sering kali hadir di berbagai scene film dunia, tercatat di situs milik Central Park New York, paling tidak ada 90 an jumlah film box office yang mengambil lokasi di taman kota ini, dimana data ini diambil hanya dari tahun 2001-2008 saja, diantara deretan judul-judul film terkenal tersebut adalah “You ve got Mail” , “I am Legend” ,“The Devil wears Prada”, “13 going on 30” , “Righteous Kill” dan masih banyak lagi.

3 Miami

Arsitektur bangunan yang cantik ala art deco, pesona pantai South Beach dan multikultur penduduk lokal Miami adalah sederetan kecil alasan mengapa Miami juga banyak dilirik oleh pembuat film dan serial TV sebagai lokasi yang melatar belakangi film–film mereka.
Masih ingat dengan serial TV tahun 90an “Miami Vice” kan? Serial TV ngetop yang dibintangi oleh Don Johnson ini selalu ditunggu-tunggu hari penayangannya di TV swasta pertama Indonesia kala itu, serial ini dibuka dengan tayangan keindahan pantai South Beach, pria tampan yang sedang bergaya dengan yacht mewah, sampai dengan parade gadis-gadis cantik berbikini, demikian tayangan tersebut tercipta karena memang begitulah adanya pemandangan sehari-hari yang terjadi di kota Miami.

There s something about Mary” , “James Bond-Casino Royale”, “Bodyguard” dan seluruh sekuel film “Bad Boys“ adalah sedikitnya deretan judul film terkenal yang memamerkan keindahan kota Miami.
Bukan film ala Amerika saja lho, Miami juga menginspirasikan film-film berbahasa Spanyol bahkan film Bollywood sekalipun.

Tidak hanya sebagai lokasi shooting, Miami juga dijadikan tempat tinggal banyak pesohor dunia hiburan Amerika khususnya mereka yang berdarah latino, seperti J-Lo, Ricky Martin, Enrique Iglesias, Gloria Estefan, Will Smith, Madonna, Cher dan banyak lagi. Letak rumah para VIP ini biasanya berhadapan langsung dengan laut, sehingga tersedia paket boat tour untuk para fans yang ingin melihat rumah those rich & famous celebrities.

4 Washington DC

Sebagai ibukota negara adikuasa, sudah pasti Washington DC tak luput dari incaran para pembuat film untuk memasukkan kota ini dalam deretan lokasi film yang mereka buat, mulai dari film dengan genre drama, horor, komedi sampai laga yang berbau-bau FBI dan CIA. Landmark paling favorit yang sering terlihat adalah sosok gedung White House, US Capitol Building dan US Supreme Court.

Seperti halnya di kota New York yang menyediakan banyak jasa “Tour of The Movies”, demikian juga di Washington DC, banyak tersedianya paket tour 3 jam yang akan membawa para fanatik untuk berkeliling ke 30 titik film terkenal dunia berlokasi. Ditemani oleh guide yang fasih dengan kota DC, Anda akan dibawa ke cafe yang dipakai shooting film “St Elmo's Fire”, taman kota yang terlihat di film “The Sentinel” , rumah yang digunakan dalam film horor “The Exorcist”, dan lokasi film-film terkenal lainnya seperti “Mission Impossible 3”, “Xfiles”, “Forrest Gumps”, “Independece Day” , “Legally Blonde 3” dan masih banyak lagi.


5 Philadelphia

Kota yang satu ini sangat bangga akan kontribusi nya di dunia perfilm-an Amerika dan dunia, terbukti setibanya di bandar udara International Philadelphia Anda sudah disambut dengan dipajangnya beragam poster film dalam ukuran besar dimana film-film tersebut berlokasi di Philadelphia. Saya cukup terkejut ternyata banyak film favorit saya yang berlokasi di kota ini. Selain Box office “Rocky” dan “Rambo” yang dimainkan oleh Sylvester Stallone, terdapat pula film yang dianugerahi American Movie Award tahun 1994 berjudul sama dengan nama kota ini : “Philadelphia”, dilakoni oleh artis kawakkan Tom Hanks, Denzel Washington dan Antonio Banderas.

Kota Philadelphia disebut sebagai kota deklarasi, dimana di kota inilah rakyat Amerika berjuang seutuhnya sehingga menuju ke titik kemerdekaan. Kota ini sempat pula menyandang status sebagai ibukota negara Amerika Serikat. Pentingnya sejarah untuk kota Philadelphia diperlihatkan dalam film “National Treasure” yang dibintangi Nicholas Cage, dalam film ini Cage mengungkap pesan rahasia di belakang deklarasi kemerdekaan tersebut.


6 Forks

Saya yakin banyak yang tidak familiar mendengar nama kota yang satu ini, apalagi jika dibandingkan dengan kota New York atau kota Las Vegas, tapi bagaimana ketika mendengar nama “Edward Cullens” dan “Bella Swan?” Pasti semuanya mengganguk tahu siapa kedua icon ini. Tapi apa hubungannya Edward, Bella dan Forks? Forks yang terletak di bagian negara Washington (baca: bukan Washington DC lho ya) merupakan kota dimana film fenomenal “ The Twilight Saga “ berlokasi.


Film ini diadaptasi dari best seller novel karya Stephenie Meyers dengan judul yang sama. Secara khusus Meyers datang ke Forks untuk observasi kota yang cocok dengan bahan tulisannya, melalui mesin pencari di Internet, Meyers memasukkan kata petunjuk “kota paling sering turun hujan di Amerika“ di dalam kotak pencarian website tersebut, lalu keluarlah nama Olympic National Park, beliaupun mencari di peta mempelajari detail wilayah ini dan mata nya menangkap kota kecil bernama Forks disana, bukan kebetulan kalau Forks berada di satu lokasi dengan Quileute Nation dimana Quileute adalah lokasi tempat tinggal suku Indian, semua sepertinya sempurna karena di dalam novel nya Stephenie juga membahas tentang suku Indian disana, sebut saja peran Jacob Black, pria peranakkan Indian yang juga mencintai Bella.
Sejak The Twilight tampil di layar lebar pada tahun 1998, maka sejak saat itu juga angka statistik pengunjung ke Forks pun semakin melonjak, rata- rata pengunjungnya adalah gadis usia muda yang sangat berharap bertemu sosok Edward Cullens atau Jacob Black disana.


7 Universal Studio

Sebagai studio tertua di Amerika, mengunjungi Universal Studio di negara asalnya adalah wajib, pasalnya di Universal Studio inilah ribuan film dan serial TV berlokasi.
Universal Studio Hollywood ini jauh lebih special dibandingkan dengan yang baru di Singapura atau Jepang, tidak hanya menawarkan berbagai arena permainan tapi yang paling menarik adalah tour ke berbagai studio yang biasa dipakai shooting. Siapa sangka siapa nyana ternyata Wisteria Lane yang merupakan kompleks perumahan “Desperate Housewife” hanya dimainkan di Universal Studio saja, dengan menggunakan kereta mini khusus dari Universal Studio, para pengunjung dapat melihat deretan rumah berwarna pastel khas Desperate Housewife, berbeda dengan setting lainnya, khusus rumah-rumah Desperate Housewife ini lengkap isinya dengan furniture seperti layaknya rumah beneran lho.

Anda ingat dengan film Fast & Furious? Sebagian film laga yang dibintangi Vin Diesel ini juga bersetting di Universal Studio, studio tour ini melewati deretan mobil-mobil yang digunakan dalam film tersebut, dipertontonkan juga bagaimana efek ledakkan itu dibuat atau bagaimana efek dari mobil yang terhempas ke udara dan terbakar serta efek-efek seru lainnya seperti efek hujan, banjir bandang dan gempa bumi. Setting kota dan rumah-rumah yang hancur versi film “War of the World” nya Tom Cruise juga dapat Anda saksikan disini, berikut dengan bangkai pesawat sungguhan yang masih berasap. Super Cool!

Tour studio berdurasi hampir 2 jam ini memang sangat menakjubkan dan adrenaline yang didapatpun sama persis ketika kita menonton film di dalam bioskop. Sungguh tidak menolak jika suatu saat saya kembali ke Los Angeles lagi, dipastikan Universal Studio akan kembali saya kunjungi.

8 Las Vegas

Last but not least dalam daftar tujuan wisata di Amerika untuk para pencinta film adalah kota Las Vegas. Sesuai julukkannya yang adalah kota penuh dosa, kebanyakkan film yang memilih kota ini sebagai latar belakang nya adalah film ber genre laga. Sebut saja salah satu film yang dibintangi banyak aktor dan aktris ternama papan atas dalam “Ocean Eleven” & “Ocean Thirteen” , lalu “Harley Davidson & The Marlboro Man” yang dibintangi Mickey Rourke dan Don Johnson, “Miss Congeniality” nya Sandra Bullock dan tak ketinggalan “Rush Hour” yang dibintangi artis Hongkong Jackie Chan.

Las Vegas yang merupakan kota gegap gempita ini memang tak pernah tidur, kelap kelip lampu di sepanjang jalan tidak pernah berhenti menyala, tempat judi dan pergaulan bebas dapat dengan semudah menghitung 123 untuk ditemukan, mungkin karena alasan-alasan itulah banyak film yang terinspirasi dari kota ini.
Walaupun demikian.......“What happens in Vegas, Stays in Vegas!”

You Might Also Like

0 comments