Fatehpur Sikri - India

By 4:00 PM , ,





Selesai menghabiskan 2 hari penuh di sekitaran Taj Mahal, selanjutnya saya dan suami kembali konsisten dengan itinerary yang telah kami sepakati sebelumnya, yaitu menuju kota Jaipur atau Pink City. Dalam perjalanan antara Agra – Jaipur, kurang lebih 39 km dari kota Agra, maka Anda akan menemukan lagi salah satu World Heritage UNESCO bernama Fatehpur Sikri.




Dibangun pada tahun 1571 oleh Raja Akbar (kakek dari Shah Jahan), nama Fatehpur Sikri diambil dari kata Fateh dalam bahasa Arab yg artinya "victory" untuk mengenang kemenangan Akbar merebut kota Gujarat.
Sedangkan Sikri diambil dari nama tempat tinggal ahli suffi Salim Chisthi yg meramal Akbar akan kembali memiliki anak laki2 lagi setelah kematian anak kembarnya . Ternyata anaknya bener laki laki dan dinamakan Salim yg kemudian terkenal sebagai Jahangir (ayah dari Shah Jahan pendiri Taj Mahal) .
Melangkah ke dalam kompleks terlihat beberapa bangunan penting seperti : Diwan i Khas (hall of private audience) tempat raja berdiskusi private soal agama dan negara . Di dalamnya ada pilar-pilar yg masih kokoh berdiri, dipahat dengan detail. Lantainya lantai tanah , tak ada penerangan , seluruh bangunan terbuat dari batu dan kayu.




Terdapat juga Tomb of Salim Chishti yang merupakan makam dari Salim Chishti, yang dulunya adalah seorang sufi terkenal. Makam itu ditutup dengan tembok marmer dengan ventilasi bolong-bolong. Katanya kalau kita mengikat tali yang diperoleh kalau kita membeli kain tadi, cinta kita dengan pasangan bakal awet. Harum wangi dupa yang terlalu berlebihan membuat saya segan untuk masuk ke dalamnya karena kepala rasanya sudah berat duluan.



Pemerintah India memang patut diacungi jempol dalam hal merawat peninggalan bersejarah yang mereka punya. Kebun yang terawat rapi mengelilingi bangunan-bangunan bersejarah tersebut, bahkan nyaris tak terlihat rumput liar, tiket yang kami bayarkan di setiap pintu masuk rasanya juga tak berlebihan jumlahnya, terlebih dengan apa yang kelak dinikmati.




You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan