Philadelphia - Disinilah Kemerdekaan Rakyat Amerika Bermula

By 1:06 AM , ,



Malam ini saatnya TV Serial John Adams diputar lagi kelanjutannya, semakin lama semakin saya menyukai serial yang satu ini. John Adams adalah Bapak Bangsa ( founding father ) nya Amerika Serikat, ya kalau di Indonesia semacam Bung Karno lah.  John Adams menjadi salah satu pemimpin gerakan kemerdekaan untuk membebaskan Amerika dari Inggris dan beliaupun ikut menandatangani Proklamasi Kemerdekaan Amerika yang diumumkan pada 4 Juli 1776. 

Yang menarik dari TV Serial ini adalah hadirnya kota Philadelphia yang menjadi latar belakang lokasi dari serial yang dibintangi oleh Paul Giamatti ini. 




Musim panas di tahun 2011 lalu, saya berkesempatan mengunjungi kota Philadelphia ini yang menjadi hub penghubung penerbangan saya dari Brussel menuju Los Angeles. Karena belum pernah mengunjungi State of Pennsylvania sebelumnya dan kebetulan maskapai penerbangan yang saya tumpangi mengijinkan extended stay untuk para penumpang yang transit, jadilah saya menggunakan kesempatan ini untuk menginjakkan kaki di Philadelphia. 



What to see in Philadelphia : 


1. Liberty Bell &  Independence Hall

Perjalanan ke Philadephia tidak akan lengkap tanpa mengunjungi landmark Amerika. 
Di bagian atas daftar tempat yang perlu Anda kunjungi di sini adalah Taman Sejarah Kemerdekaan Nasional dimana deklarasi kemerdekaan terjadi, desain bendera Amerika diciptakan, dan Konstitusi Amerika Serikat disusun. 

Di taman inipun ada Liberty Bell, bagi siapapun penggemar sejarah, pasti akan merasa sangat bangga dapat berdiri di hadapannya.









2. Betsy Rose House

Betsy Rose adalah wanita yang menjahit bendera Stripes & Stars pertama kalinya. Rumah beliau diubah fungsi menjadi museum saking bersejarahnya. 





4. First Bank of United States

Saat berada di New York, yang saya cari tentu saja Headquarter Bank of New York Mellon dimana saya pernah tercatat sebagai karyawan pada cabang mereka di Brussels.
 Dan pada saat berada di Philadelphia saya pun mencari gedung yang merupakan Bank USA pertama kali dibangun bernama Bank of United States . 





5. LOVE Park

Love Park atau JFK Plaza ini dibangun pada tahun 1965 terletak tepat di pusat jalan utama Philadelphia. Pahatan patung bertuliskan LOVE terletak manis di antara air mancur dan taman kota. Banyak anak muda yang hang out di taman ini sambil bermain skate board atau hanya sekedar duduk2 di bawah pohon rindang.






6. Chinatown

Pada abad ke 19, banyak imigran dari dataran Cina yang mencoba keberuntungan hidup di Philadelphia, mereka membuka restoran & laundry, begitulah awal mula adanya 'kota cina' di Philadelphia. 
The Chinatown Friendship Gate, located at 10th and Arch Street, is an internationally known landmark and a symbol of cultural exchange and friendship between Philadelphia and its sister city, Tianjin, China 



7. From Park to Park & Having Fun with the Historical Lullaby 

'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya' kata Bung Karno.

 Seandainya saja aktifitas menghidupkan sejarah bangsa bisa dijumpai dengan mudah di tanah air. 
Di Philadelphia, bahkan di taman-taman pun ada pojok dongeng dengan nama "Once Upon A Nation", dimana siapa saja bisa berkumpul di pojokkan taman dan ada pendongeng yang menceritakan mengenai sejarah bangsanya. Segala usia nampak antusias mendengarkan cerita, sangat menghangatkan hati melihatnya.








You Might Also Like

2 comments

  1. Kotanya kayak laid back gitu ya ? Keliatannya ga terlalu crowded. Aku suka ada banyak bangunan kuno :)

    ReplyDelete
  2. @Debb : Laid back bener...hanya kriminalitasnya pun jg tinggi. Si ibu Indonesia pemilik warung indo pun sangat wanti2 ke kita ...but i had a good time though..:)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan