Sarajevo - (Surprisingly) Alive & Kicking

By 12:46 AM , , ,


Sarajevo tak melulu bercerita mengenai kesedihan seperti yang saya ceritakan disini, ada sisi lain kota tua yang cantik dan menawan, menunggu untuk dinikmati.

Adalah Stari Grad yang merupakan titik pertemuan antara budaya Asia dan Eropa, adanya sisi budaya Asia karena pada abad ke 16 Kerajaan Ottoman pernah menguasai dataran Bosnia-Herzegovina selama 4 abad lebih lamanya, dan kemudian dilanjutkan dikuasai oleh kerajaan Austro-Hungarian.

Banyak bangunan mesjid yang merupakan peninggalan Ottoman terlihat penampakkannya di pusat kota Baščaršija, salah satu yang terkenal adalah Gazi Husrev Bey’s Mosque. Mesjid ini terbuka untuk turis, kecuali pada waktu shalat. Di halaman masjid yang luas terdapat tempat berwudu yang indah, berbentuk gazebo, bagian bawah terbuat dari pualam putih berhiaskan ukiran-ukiran dan memiliki 10 buah pancuran. 


Tampak terlihat di pelatarannya beberapa muda mudi sedang berbincang2 yang kadang diselipi dengan riuh tawa, pemandangan yang menyenangkan.



Generasi muda Sarajevo memang berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih terlihat tertutup, berduka dan bersungkawa, generasi muda mereka lebih menikmati hidup. Puluhan kedai kopi, restoran, dan tempat-tempat kongkow dipenuhi anak muda atau mereka yang memiliki jiwa muda, semakin malam semakin meriah, terlebih ketika musim semi dan panas karena segala aktivitas bisa dilakukan di luar ruangan, teras-teraspun disulap menjadi tempat nongkrong yang mengasyikkan. 

Masing-masing tempat usaha tersebut menawarkan suasana yang berbeda demi menarik perhatian pengunjung, berbagai genre musik pun terdengar bersautan. Terus terang, hati saya sedikit terhibur dengan kondisi keadaan yang demikian, hidup memang harus berjalan maju, tanpa melupakan kepahitan di masa lalu. 

Ahh, i really left my hear in Sarajevo.. 




           

             




You Might Also Like

3 comments

  1. wahhh aku suka banget pemandangan kota tua kayak gini. Ntah dari dulu kurang suka traveling ke kota modern, hihihi

    ReplyDelete
  2. nyeseeellll knpa ga sempet mampir k sini pas aku ke Belgrade :( Di sana malah ga ada museum2 sejarah sprti ini...Yg ada jg mrka mamerin musium senjatanya saat perang ...

    ReplyDelete
  3. iya ya sayang bangeth, karena dari Belgrade kl naik bis hanya 6 jam kurang lebih, tergantung pemeriksaan di border nya :-)
    Next time..

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan