City Palace - Jaipur

By 1:47 PM , , ,



Sebagai ibukota propinsi Rajasthan yang merupakan propinsi terbesar di India, keberadaan kota Jaipur patut diperhitungkan dalam bidang industri dan perekonomian.
Demikian juga dengan tujuan wisata yang tersedia untuk siap dieksplore oleh setiap wisatawan, bangunan peninggalan Maharaja dan benteng-benteng yang merupakan saksi masa keemasan Rajasthan - dimanfaatkan sedemikan rupa demi menarik perhatian para pendatang. Dan City Palace adalah salah satu nya.






Istana dengan tembok berwarna merah jambon ini dibangun antara tahun 1729 sampai dengan tahun 1732 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II, dinasty yang sama yang juga membangun Amer Fort dengan arsitektur bergaya Hindu India , Mughal & Europe karena bangsa Inggris sudah mulai datang kala itu untuk menjajah India .







Pintu masuk ke dalam istana terdiri atas 4 pintu, dimana masing-masing pintu tersebut memiliki warna dan tema “4 seasons” yang berbeda, Peacock Gate mencerminkan musim gugur, Lotus Gate untuk musim panas, Green Gate untuk musim semi dan Rose Gate sebagai pencerminan musim dingin.



Di dalam istana sendiri ada beberpa bangunan terpisah yaitu: Chandra Mahal, Mubarak Mahal, Diwan I Khas , Diwan I Aam , Govind Dev Ji Temple .

Chandra Mahal merupakan aula tempat jamuan makan dimana terlihat singgasana raja.
Warna asli bangunan ini adalah warna putih dan coklat, namun demi menghormati kedatangan King Edward VII dari Inggris akhirnya keseluruhan ruangan dicat ulang dengan gradasi warna merah muda. Sejak saat itulah, kota Jaipur disebut sebagai Pink City.

Di dalam Mubarak Mahal sekarang berubah fungsi sebagai museum tempat menyimpan koleksi pakaian yang dipakai Maharaja. 




You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan