Pesona Benteng Amber di kota Jaipur

By 8:10 PM , , , ,



Amer Fort atau Amber Fort yang terletak 11 km dari pusat kota Jaipur adalah salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi. Amer Fort ini dibangun thn 1592 oleh Raja Mirja Jai Singh dilanjuti Raja Sawal Jai Singh, bangunan benteng ini terbuat dari pasir & batu merah , marmer berhias batu permata.




Dari jalan utama terlihat benteng ini berdiri kokoh dan megah dikelilingi Danau Maota dimana di tengah danau tersebut nampak taman mungil.





Untuk menuju benteng utama yang letaknya menanjak, pastikan Anda menggunakan sepatu sport yang nyaman dan tertutup, karena sepanjang jalan terlihat banyaknya kotoran binatang gajah. 





Puluhan gajah memang tersedia untuk siap dinaikki jika Anda malas untuk berjalan kaki, kecuali kesehatan Anda tak memungkinkan untuk menanjak dengan jalan kaki, sebaiknya hindarilah menggunakan jasa gajah tersebut, saya tak tega hati melihat gajah tersebut harus dalam sekali waktu harus mengangkut 2-5 orang di atas punduknya, belum lagi sang kusir terus-terusan menghardik badannya dengan pecutan tajam agar si gajah mau berjalan.


Sepanjang badan gajah, diberi warna warni seperti lukisan, memang nampak artistik jika terlihat sepintas, namun saya tak punya hati untuk melihatnya.













Dengan berjalan kaki secara perlahan dari titik pusat masuk Amber Fort, kurang lebih 30 menit maka saya tiba di Ganesh Pol yang merupakan alun-alun dan terdapat beberapa bangunan lain seperti Public Audience Hall / Diwam i Am, Sila Devi Temple, kemudian ada juga tempat kediaman pribadi raja dan keluarganya serta pembantu-pembantu raja.





Ada suatu ruangan bernama Mirror Palace atau istana kaca karena seluruh dinding dan atap nya berhias kaca terukir, nampak cantik dimana pantulan cahaya adalah interior alami nya.



Related post yang berhubungan dengan journal kami di India, silahkan klik disini 

You Might Also Like

2 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan