Tips : Berpergian ke Luar Negeri Pertama Kali?

By 3:00 PM , ,






Postingan ini dibuat didasari atas pengalaman saya yang sering mendapat pertanyaan mengenai seluk beluk dan printilan apa aja yang harus diperhatikan sebelum berpergian ke luar negeri untuk pertama kalinya. 

Berikut saya jabarkan tips2 jika Anda mau ke luar negeri. 





 Siapkan Dokumen Jauh2 Hari!

Apa saja yang termasuk di dalam pengertian dokumen untuk traveling? Salah satunya adala PASPOR.
Belum punya paspor? Bikin !!
Apa sih paspor itu? Paspor adalah buku dokumen yang dikeluarkan oleh negara sebagai dokumen resmi yang memuat identitas kita sebagai warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kalau mengaku bahwa kamu adalah pejalan yang bertanggung jawab, maka mulailah mengurus paspor sendiri, jangan suruh calo! Jangan kasih kesempatan untuk calo-calo ini memanfaatkan situasi, wong bikin paspor itu gampang banget, datang ke Imigrasi dimana kamu berdomisili.

Bawa apa aja ? Langsung klik link ini deh , lengkap banget syarat2 pembuatan paspor  : 

http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan


Sudah punya paspor?? Cek sampai tanggal berapa paspor ini berlaku.

Jika masih 6 bulan lagi menjelang tanggal paspor berakhir, maka paspor ini TIDAK BISA dipakai lagi ya, maka perpanjanglah dulu paspor tersebut.

Kalau nekat juga berangkat dengan paspor yang hampir abis itu, maka biasanya di bandara keberangkatan kamu tidak diperkenankan untuk berangkat, atau biasanya kamu digiring ke kantor imigrasi yang ada di bandara untuk mengisi formulir pernyataan bahwa kamu akan kembali ke Indonesia sebelum paspor tersebut benar-benar habis masa berlakunya.
So, daripada pusing sebelum berangkat, kan ya mending perpanjang dulu di kantor imigrasi.


V I S A

Cek apakah negara destinasi kamu memerlukan visa ? Hari gini please ya jangan nanya lagi visa itu apa, visa itu kek tanda ijin supaya kamu bisa masuk ke negara tersebut. 
Ada 3 jenis visa yang berlaku di dunia :

1. Bebas Visa
Yang adalah namanya bebas, oleh karena itu maka tinggal langsung berangkat saja tanpa pusing ngurus visa.

Negara2 yang mengijinkan paspor Indonesia untuk masuk ke negaranya tanpa visa adalah negara2 ASEAN : Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina. 



Khusus untuk Myanmar, walaupun adalah negara ASEAN, visa tetap diperlukan dan harus diurus sebelum keberangkatan di kedutaan besar Myanmar di Jakarta. ( perihal pengurusan visa Myanmar ini , sila baca no 3 )

Negara non ASEAN lainnya yang memperkenankan paspor Indonesia tanpa visa adalah : 

Hongkong - Maroko - Sychelles - Kosovo - Kepulauan Cook - Mikronesia - Samoa - Bermuda - St Vincent & Grenadines - Cili - Kolombia - Peru - Ekuador - Haiti - Maldives



2. VOA / Visa on Arrival
Jenis visa ini adalah visa yang bisa diurus saat kita sampai di terminal kedatangan negara tersebut, artinya dari Indonesia kita gak usah ngurus visa nya, sesampainya di terminal kendatangan lalu tinggal bayar sesuai jumlah yang telah ditetapkan di loket resmi yang telah ditentukan dan selesai urusan.

Negara2 yang memperbolehkan paspor Indonesia untuk menggunakan Visa On Arrival adalah:

Jordania - Turki - India - Iran - Nepal - Oman - Srilanka - Timor Leste - Fiji - Papua New Guinea - Cape Verde - Comoros - Ethiopia - Kenya - Madagascar - Mozambique - Tanzania - Zimbabwe - Zambia 






3. VISA yang harus diurus di kedutaan besar/konsulat sebelum keberangkatan.
Nah, visa ini bisa dibilang visa yang paling ribet ngurusnya, sebenernya sih gak ribet2 amat, asal kita membaca betul persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kedutaan.
Berikut saya sampaikan link-link bermanfaat dari teman traveler lainnya mengenai pengalaman mereka mengurus visa. 











My Visa Collections





Tiket Penerbangan

Banyak website di internet yang membantu banget kamu untuk mencari penerbangan sesuai destinasi yang diinginkan. Yang menjadi andalan saya selama ini adalah www.kayak.com   

Cara penggunaannya mudah banget, tinggal masukkin nama kota destinasi yang ingin kamu datangi, masukkan tanggal keberangkatan dan kembalinya, lalu dalam sekejab (sekejab atau gak, ini tergantung koneksi kamu lho ya xixixi) , website tersebut akan memberikan berbagai pilihan maskapai yang melayani rute tersebut berikut harga tiket nya. 
Tinggal klik dan beli deh tiket yang kamu mau.






Hotel/Penginapan

Visa sudah di tangan, tiket sudah dibeli, next step adalah: Cari penginapan selama kamu traveling , coba deh inget2 lagi punya temen gak yang bisa diinapi, ya kan lumayan untuk mengamankan budget kamu dimana budget penginapan biasanya lumayan merogoh kantong, kalau bisa disiasati dengan menginap di rumah kenalan, then why not:)

Untuk yang gak mau ribet numpang2 di rumah orang, pilihan hostel dan hotel tentunya yang akan menjadi sasaran terakhir. Bagaimana mencari hotel yang sesuai dengan kantong atau tingkat kenyamanan yang kamu mau?
sedangkan untuk membaca review para tamu yang sebelumnya pernah tinggal di akomodasi tersebut, saya biasanya sekali-kali membacanya di www.tripadvisor.com




Cari Informasi Mengenai Destinasi Tersebut

Kalau kata orang-orang sih 'get your self lost and ask local people' , well, essensi traveling memang begitu adanya, tapi kalau sama sekali blur alias gak ngeh sama sekali dimana kita berada, then buy a guide book, paling gak kamu tau ada apa aja di kota itu, apa yang gak bisa dilewatkan, gimana musim disana supaya gak salah bawa kostum, bagaimana budaya di destinasi tersebut, gimana kamu tau itu semua kalau kamu tidak membekali diri dengan membaca ? 

Setibanya di kota tersebut, baru lah explore lebih dalam lagi, berbaur dengan penduduk lokal, bertanya kepada mereka dimana rumah makan atau kedai kopi yang terkenal enak di lidah mereka.



Bon Voyage ☼




Sumber: Pengalaman Pribadi & Wikipedia

You Might Also Like

21 comments

  1. Wah posting yg amat bermanfaat...thanks Kak. Itu banyak amat visanya *iri hehe..

    ReplyDelete
  2. wow.... saya jadi malu, sudah lama mimpi pengen keliling eropa, tapi Visa aja belum punya.

    ReplyDelete
  3. wow, tips yang berguna. Pejalan perdana harus baca ini supaya makin berani.

    ReplyDelete
  4. terima kasih sudah memasukan link tulisan saya ttg VISA MYANMAR.

    semoga berguna.
    salam.

    fira abdurachman

    ReplyDelete
  5. Kak @Tesya : Kak, thanks ya udah ikutan berkontribusi untuk visa Aussie, semoga bermanfaat bagi yg lain :-)


    @agustinriosteris : ah ga perlu malu, mimpi yang terus diimpikan , semoga bisa jadi kenyataan :-)

    kak @fira : I thank you kak, sangat berguna :-)

    ReplyDelete
  6. kak @backpackidea Terima kasih kak for stopping by, iya bener banget, semoga bisa menginspirasi , a journey of a thousand miles starts with one step kan ? :-)

    ReplyDelete
  7. Dulu aku bikin paspor tp sampai 2 tahun kagak ke pake tuch paspor :) tapi sekarang penting banget punya paspor biar siap kapan aja cabut kalo ada yg ngajakin hehehe.

    Info nya bermanfaat kakak, jadi pingin urus visa myanmar nich. Pingin ke bagan ...

    ReplyDelete
  8. bener bangeth, paspor ama KTP sama pentingnya, kartu ATM yg ada isinya jg penting banget tuh hahah

    ReplyDelete
  9. KTP kalo aku sering kelupaan, yg pasti selalu ke bawa malah SIM A + Sim C. Secara yaa KTP ngak bisa buat jaminan di warteg hahaha.

    ReplyDelete
  10. nice post, thanks penting banget neh biar liburan jadi lebih menyenangkan ;)

    ReplyDelete
  11. visa sama passport penting dibawa tuh, kalo enggak bisa kena deportasi nantinya :p *btw stempel visa nya udah banyak banget deh :D*

    ReplyDelete
  12. Save dulu deh...baru mau bikin passport..:-D

    ReplyDelete
  13. untuk pemula, negara2 di asean cocok bgt tuh

    ReplyDelete
  14. ka q mo tanya, klo mo ke skotlandia ngajuin visa nya di mana, di kedubes inggris apa skotlandia, masalah nya skotland negara bgian dr kerajaan inggris..

    ReplyDelete
  15. klo mo bikin visa skotland, di kdubes mana inggris apa skotland
    tolong info nya.
    Epivinix@gmail.com
    twitter: @epivinix
    fb; Epi vinix

    ReplyDelete
  16. @EpiVinix : Visa UK bisa dipakai di Skotlandia, jadi urusnya di PT. VFS Services Indonesia , yg adalah agent resmi pengurusan visa UK untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  17. @Ruslan : Bener banget, kl ga mau ribet2 urus Visa, halaman paspor bisa diisi dengan stempel imigrasi negara2 ASEAN dulu :)

    ReplyDelete
  18. @TurisCantik Iya mbak, sharing untuk temen2 yang lain yg masih bingung mau ke luar negeri pertama kali :)

    ReplyDelete
  19. @Fahmi : hahaaaa mumpung visa kertas masih berlaku Mi, sekalian koleksi :)

    ReplyDelete
  20. @backpackborneo : Bikin paspor dan hanimun ke luar negeri mas :)

    ReplyDelete
  21. info ke sg pertama kali
    cocok buat backpacker nih
    thanks infonya

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan