Sintra - Kota Seribu Istana

By 9:33 PM , , ,







( Penampakkan Istana Pena / Pena Palace )




Berada di Lisbon tanpa mengunjungi Sintra rasanya belum sempurna. Sintra yang terletak di luar kota Lisbon, dapat ditempuh sekitar 40 menit dengan kereta api dengan modal €4.10 saja untuk pulang pergi dari stasiun Rossio di Lisbon dan berakhir di stasiun akhir yaitu stasiun kota Sintra.
Sebagai penyuka stasiun kereta di Eropa, stasiun Sintra berbentuk kecil saja layaknya rumah sederhana, siapa sangka jika di kota inilah puluhan kastil, istana dan hektaran taman indah milik petinggi Portugis berada. 

 ( Kereta Api dari Lisbon menuju Sintra )




Sintra termasuk dalam salah satu keajaiban Portugal dan terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO dan yang paling menjadi top highlight adalah Pena Palace. 
Istana ini disebut sebut sebagai istana tertua yang terinspirasi oleh Romantisisme Eropa, berdiri di salah satu puncak tinggi di kota Sintra, sehingga katanya jika cuaca cukup cerah, istana ini dapat dilihat dari kota Lisbon. 

Walaupun letaknya di atas puncak tinggi, para wisatawan yang ingin berkunjung dapat dengan mudah menuju kesana, paling tidak ada 3 shuttle bus dengan rute berbeda yang siap menibakan pengunjung ke anjungan yang diingini. 
Untuk Istana Pena sendiri, seusai menggunakan bis, tetap harus dilanjutkan dengan kereta kecil menuju ke puncaknya, dimana sepanjang jalan mata akan dimanjakan dengan hijaunya warna tanaman yang tumbuh subur disertai berwarna warni bunga Hydrangea yang kebetulan adalah bunga favorit saya.


(Sebagian facade dari Istana Pena)


Istana Pena dibangun pada abad ke-15, namun kejadian gempa bumi yang sangat dahsyat melanda tanah Portugal pada tahun 1755 meluluhlantahkan sebagian besar wajah istana ini. 83 tahun kemudian yaitu pada masa kepemimpinan Pangeran Ferdinand, beliau memerintahkan untuk kembali menata ulang istana Pena.

Sampai dengan tahun 1910, setelah Revolusi Partai Republik terjadi, istana Pena diklasifikasikan sebagai monumen nasional dan kemudian berubah menjadi museum, istana Pena kemudian ditahbiskan sebagai monumen di Portugal dengan jumlah pengunjung paling banyak.



Sintra bukan melulu mengenai istana Pena, jika waktu dan energi yang Anda miliki cukup banyak, maka masih banyak istana lain yang tersedia untuk dapat Anda ekplor. 

Sayang hari itu waktu yang saya miliki tidak banyak, dan menurut nasihat pemilik kedai roti tempat dimana saya sarapan setibanya saya di Sintra, sebaiknya saya tidak melewatkan Quinta da Regaleira. 
Disebut juga sebagai “istana milik Monteiro - si jutawan” , Quinta da Regaleira terdiri atas istana bergaya Gothic kental, kapel, dan taman cantik ber pigura kan danau, air mancur dan sumur. 
Istana yang sangat kental akan nuansa air yang segar.  


( Istana Milik Monteiro - Si Jutawan )



Related Posts About Portugal, Click Here

You Might Also Like

6 comments

  1. Seru bisa berkunjung ke istara2 cantik, serasa di lempar ke ratusan tahun silam :)

    ReplyDelete
  2. eksotisss ya bo untuk mata kita yg asia bangeth , kastil2 gini emang jadi juara:)

    ReplyDelete
  3. kereeeeen....tone fotonya udah gw banget nih hehehe

    ReplyDelete
  4. wow!! kotanya keren banget. kayaknya musti saya masukin ke list jalan2 taun depan

    ReplyDelete
  5. Ogiii : Hahahaa booo ini mah iPhone aja :)

    ReplyDelete
  6. @Nuning : Kota yang penuh istana, harus dong masukkin ke list :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan