Tips Menghindari Copet di Eropa

By 2:19 PM ,




Pic from here




Pickpockets are traveler's nightmare.

Sebagai pendatang berlabel wisatawan, dimanapun dan kapanpun hendaklah kita memperhatikan benar barang bawaan kita terutama barang berharga dan dokumen perjalanan, memang menyedihkan mengetahui bahwa banyak kota-kota besar di Eropa yang rawan si tangan panjang.
Menurut Trip Advisor, berikut kota-kota di Eropa yang paling banyak terdapat copet:

  1. Barcelona, Spanyol
  2. Roma, Italia
  3. Praha, Czech Republic
  4. Madrid, Spain
  5. Paris, France
  6. Florence, Italia
  7. Amsterdam, Netherlands
  8. Athena, Yunani

Contoh trik pencopet di Barcelona misalnya sebagai berikut:

1. Di pusat keramaian seperti Las Ramblas,Barcelona dan Stasiun kereta, modusnya biasanya sama yaitu jika Anda berada di Las Ramblas dan tiba-tiba didatangi dua orang yang mengatakan bahwa di pakaian atau jaket Anda terkena kotoran burung, jangan terburu-buru untuk langsung melepaskan jaket Anda atau terlihat panik, karena ada orang lain dari komplotan yang sama berusaha mencari celah untuk mengambil barang berharga Anda.

2.Perhatikan juga kadang anak kecil dan wanita berumur di dalam kereta/metro yang berusaha mengkecoh ketika Anda hendak keluar pintu kereta/metro yang memang sering kali ramai. Jangan terpacu dengan kelucuan anak kecil tersebut, bisa jadi ada komplotan di sekelilingnya yang siap mencopet Anda.



Tips Menghindari Pencopet:
  1. Manfaatkan safe deposit box (SDB) yang ada di kamar hotel Anda, kunci SDB tersebut dengan angka rahasia yang hanya Anda ketahui.
    Di dalam SDB tersebut, Anda bisa simpan uang cash, kartu2 ATM/Credit Card, Gadget yang tak diperlukan jika Anda melakukan excursion.

  2. Fotocopy Paspor Anda dan Visa negara yang masih berlaku, lalu bawa kopian tersebut kemanapun Anda pergi. Paspor Asli simpan dengan baik di Safe Deposit Box.

  3. Ketika Anda berada di jalan, jangan tampilkan wajah Anda yang kebingungan, apalagi sambil main smartphone. 
    Gunakan dengan bijak smartphone Anda, sebaiknya tidak menggunakannya di stasiun kereta atau metro bawah tanah, terlebih pada malam hari.

  4. Simpan selalu no telp Kedutaan Besar RI di kota dimana Anda sedang berada. Jika ada hal-hal penting dan mendesak , Anda bisa sigap menghubungi staf KBRI tersebut untuk meminta bantuan.

You Might Also Like

3 comments

  1. Temen gw hampir kena di paris, pencopet nya ce2 segerombolan. Tangan nya dah masuk ke tas, padahal itu tas di slempang ke depan. Langsung temen gw teriak "HEI" eh kabur tuch ce2

    ReplyDelete
  2. mereka jago2 banget emang, trik nya buanyakk pisan :(

    ReplyDelete
  3. Lagi ngebayangin bule nyopet pasti lucu yaa hahaha

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan