Tips : Traveling Ketika Musim Dingin

By 12:48 AM , ,




{Winter in Lermoos , Austria}



Apapun cuacanya, seharusnya traveling tetap bisa dilakukan senyaman mungkin asalkan kita memperhatikan do and dont sebelum keberangkatan. 

Saya teringat akan ucapan teman yang berkata "Dont let the weather harm you, rule the weather instead"

Berikut saya sampaikan tips-tips traveling saat musim dingin/winter. 

Semoga berguna.



1. Destinasi

Kenali destinasi tujuan kamu dan pelajari prakiraan cuaca melalui internet. Musim dingin di Scandinavia tentunya berbeda dengan musim dingin di Hongkong yang cenderung lebih mild. Biasanya prakiraan cuaca tersebut bisa diakses sampai 2 minggu ke depan, perhatikan kencangnya angin juga karena walaupun tertulis 15 derajat celsius misalnya, namun jika angin yang bertiup kencang, sudah pasti udara yang terasa pun lebih dingin dari 15 derajat celsius.

2. Tubuhmu dan Kenalilah

Kadar imunitas tubuh antar manusia tentunya berbeda, banyak orang yang alergi akan udara dingin sehingga sering mengalami mimisan, biduran di kulit, gatal2 dsb. Ditambah lagi karena perjalanan panjang yang melelahkan, perbedaan waktu yang siknifikan, biasanya tubuh pun kadang lemah, gak ada salahnya untuk mengecek kesehatanmu dengan dokter sebelum berangkat.

Untuk para traveler wanita, perawatan kulit sangat penting selama musim dingin, extra pelembab wont harm you, malah sebaiknya, kulitpun akan terhidrasi dengan baik.


3. Fleksibel dengan itinerary

Sebenarnya saat musim dingin, tipe traveling yang paling nyaman adalah slow traveling alias gak terburu2 kepengen ngeliat sebanyak mungkin dalam waktu yang sangat terbatas, hal yang mesti kamu tahu bahwa saat musim dingin tiba, matahari terbenam di sekitar jam 4 sore dan semakin ke utara malah lebih awal lagi, artinya gelap nya lebih awal dibanding musim-musim lainnya. 
Bukan itu saja, banyak juga spot wisata seperti museum yang tutup nya lebih awal. 
Aktifitas bisa juga tertunda atau bahkan batal karena sarana transportasi yang tidak beroperasi karena kendala cuaca.

Jadi fleksibel lah dengan itinerary sebelum keberangkatan.


4. Pakaian

Just because it s cold out doesnt mean your clothes need to be boring and unflattering. 
Beneran deh, musim dingin itu musim dimana orang-orang terlihat lebih modis, tanpa terlihat mereka kedinginan.


Lapisan, Lapisan, Lapisan!!

Ini penting banget, bukan selalu jaket super tebal yang kamu perlukan saat musim dingin, melainkan jenis lapisan pakaian yang dipakai.
Long John membantu banget sebagai lapisan dasar di tubuh, bahan nya yang berbulu halus, lembut tapi hangat, membuat kita nyaman memakainya.

Di tempat bertemperatur rendah, seringkali dibutuhkan beberapa lapis pakaian, setelah memakai long john biasanya saya memakai baju biasa seperti kemeja, dress lalu luarannya memakai sweater atau pullover yang adalah baju hangat lengan panjang umumnya terbuat dari wol. 
Jaket biasanya digunakan saat ke luar ruangan.

Bawahan


Untuk bawahan, saya biasanya menghindari denim di daerah dingin, karena denim/jeans tidak memiliki efek hangat, malah parah kalau terkena salju karena susah kering dan berat. Pakailah celana yang terbuat dari kain tebal, wol, colduroi.


Aksesoris

Mulai dari penutup kuping, topi, sarung tangan, syal, dipakai bukan saja membuat pemakainya terlihat lebih modis tapi juga memiliki fungsi. Asal kamu tahu, efek dingin paling cepat yang rentan menyerang tubuh adalah melalui telinga, kepala, tangan dan kaki. 
Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah bagian tersebut sehangat mungkin.
Kaus kaki pun ada yang terbuat dari bahan tebal dengan model jahitan khusus yang membuat kaki terasa hangat dan nyaman, contohnya kaus kaki untuk tracking.



Sepatu

Saat musim dingin, sudah saat koleksi boot dikeluarkan, kapan lagi kan dipake kalau bukan saat winter. Lupakan deh yang namanya sepatu terbuka sebelum terkena frostbite.

Perhatikan alas sepatu yang dipakai, biasanya sepatu musim dingin alasnya agak bergerigi , memakai sepatu jenis ini aman di jalanan yang bersalju karena anti slip, kamu tidak mau kan liburan jadi kacau gara-gara kepleset di salju/jalanan licin dan cedera.


Keep warm and may you have a beautiful dreamy winter holiday☺



{Winter in Budapest, Prague, Dinant, Sofia}


{Winter in Brugge & Malta}

You Might Also Like

20 comments

  1. Kak, jadi mentor fashion-ku, pleaseeee :p
    Aku casual banget soalnya malah cenderung tomboy, hihihi

    ReplyDelete
  2. Contoh fotonya yang buat cowok juga donk kak..kali aja ntar bisa ke tempat yang ada musim dinginnya juga..hehe

    ReplyDelete
  3. @Debbie : Masa sih Deb, kamu keliatan girly kok pas ketemu :-)

    ReplyDelete
  4. @BackpackerBorneo : Yaahhh kan yg punya blog nya, cewekkk kakkk :-)

    ReplyDelete
  5. @Dustysneakers Haahh thanks guys :-)
    lagi inget2 lagi nih, ada yg kurang apa yah, ada masukkan ? :)

    ReplyDelete
  6. @Mila Just like I said, just because it s cold , doesn't mean you have to wear something boring :))

    ReplyDelete
  7. Tiap kali aku liburan saat winter, yang selalu salah aku pake cuma SEPATU..Buset deh ni kaki... Kayaknya emg bermasalah mulu.. Udh pake yg model macem2, tetep aja sakit dipake jalan.. Duuhhh efeknya lgs ke cara jalan kalo udah mulai sakit..

    ReplyDelete
  8. Hi Fe, itu leging warna warni materialnya apa ya? tahan dingin buat body asia dan buat winter seberapa ganas? Malesnya traveling winter time...bawaan jadi berat. Boots putihnya mba suka tuh..

    ReplyDelete
  9. @Fanny : Fan, kan skarang byk boot dari wool yang hangat , alas teplek, enak bgt buat dipake jalan kl liburan pas winter :)

    ReplyDelete
  10. Mbak Fe : Bener banget mbak, bawaan berat dan boro2 ada dispensasi luggage allowance dari airlines yah, sebel.

    Yg warna warni ada yg thermal, ada juga yg bahan biasa, tp biasanya saya selalu pake thermal dalamannya jg sih kl lg city trips pas winter dan bakalan harus di luar dalam waktu lama, mild winter aja mbak kuatnya, sekitar di atas 5 derajat masih ok :)

    btw, itu boots hasil sale mbak, murah bangeth heheh

    ReplyDelete
  11. sayang saya belum pernah ke Negara yang ada Winternya...ajakinnnn dunk...ayo yang khusus cowok ukuran M difoto yach,,,,by the way tetep berguna sharenya...Iri ama mbaknya yang menjelajahi berbagai Negara

    ReplyDelete
  12. @caderabdulpacker heheh iri gakpapa, asal jgn dengki :-)

    ReplyDelete
  13. Betulll.. Justru pas winter itu keknya orang bener2 keliatan modis :D Apalagi pake sepatu2 boot yang kece2 berat ituhh... pengenn :D

    ReplyDelete
  14. Btw tips pakaiannya kok cewek semua sih
    cowok jg dong, ya meraba raba lah :D

    ReplyDelete
  15. @Aipy keren sih keren py, tp sengsara, beneran deh mendingan musim panas kemana2 :)

    ReplyDelete
  16. @Sandi : Ok, ur wish is my command, nanti aku bikinin versi cowo nya ya :-)

    ReplyDelete
  17. Jangan sampai salah kostum yak :hammer: bikin bete kalau gak siap menghadapi dingin :| *pengalaman pas di jepang kemaren :D

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan