Kota 1000 Jendela Bernama "Berat" di Albania

By 3:10 PM , , ,




"Tinggalkan buku panduan wisata di rumah dan get yourself lost" pernyataan yang sering saya baca dan dengar di social media jika ingin disebut sebagai traveler sejati. Sesungguhnya persetan dengan pernyataan tersebut, entah mau disebut apa, tapi saya dan suami selalu menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum keberangkatan kami ke suatu negara baru yang sama sekali kami tidak tahu ada apa disana. 

Jika kami mengikuti pernyataan tersebut, apakah kami tahu apa-apa saja yang harus dilihat dan dikunjungi di Albania? Hmmm saya pesimis sih. Namun karena dari buku panduan lah, saya mengetahui ada kota bernama Berat di selatan ibukota Albania, Tirana. 

Berat adalah kota yang pada tahun 2008 dianugerahi UNESCO World Heritage Site karena Berat merupakan contoh langka sebuah kota peninggalan Ottoman yang terawat baik dan masih tetap indah. Disebut juga sebagai "Kota 1000 Jendela"

Maka berangkatlah kami ke kota bernama lucu itu, dari Tirana dengan menggunakan bis umum dari terminal bis yang sepertinya nyaris bisa disebut terminal saking berantakannya. 
Jarak dari Tirana ke Berat sebenarnya hanya 126 km saja, bisa dengan mudah ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam kalau saya berada di kota Eropa Barat, tapi tidak di Albania, apalagi dengan bis umum reot. 
Hampir 4 jam saya baru tiba di kota Berat.


Kota tua Berat disebut "Kota 1000 jendela" memang tanpa alasan, arsitektur bangunan di Berat yang mengutamakan jendela dengan model yang sama dan cat dinding berwarna putih yang juga seragam. Yang membuat menarik adalah karena letak rumah-rumah tersebut adalah menanjak mengikuti kontur dataran.







Untuk akomodasi, pilihan hotel mewah susah didapat karena memang tidak ada, namun guest house di Berat bisa menjadi pilihan, saya memilih guest house yang memang terletak di tengah-tengah kota tua, dengan kamar seharga €30 semalam kami mendapatkan kamar yang luas lengkap dengan penghangat, dan shower room di dalam kamar. 

-to be continued-


You Might Also Like

7 comments

  1. Jendela sama dengan warna putih sama semua, terlihat bersih dan nyaman tp aku lebh suka yg warna-warni kayak di kartu pos yg dikau kirimkan waktu itu :-)

    ReplyDelete
  2. Wah, Berat ga mau kalah dgn Semarang yg punya pintu 1000 alias lawang sewu :-P

    Btw, pasti ini Miss Aggy suka banget dengan jendela2 ... Krn dia itu Miss Window banget!! :-)

    ReplyDelete
  3. suka..suka...sukaaaakkk liat rumah2nya ^o^ Kapan ya bisa beneran kesana....

    ReplyDelete
  4. Aku terpukau sama pemandangan gunung dibelakang hotel itu kak :)

    ReplyDelete
  5. namanya epic, jendelanya unik - unik ^^ aku suka kota seperti iniiii XD

    ReplyDelete
  6. ahhhh cakeppp bangeeett kotanyaaa, and agree with you, aku juga orang yang hampir selalu membuat itinerary didepan, tapi kalo pas di tempat tujuan tiba-tiba berubah sih lain lagi yah ceritany ahahahahaha, at least saya tau beberapa lokasi dan bagaimana menuju kesananya :)

    and yess, kota Berat ini bener-bener kota 1000 jendela :D

    ReplyDelete
  7. cerita sambungannya di mana, mbak? :D

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan