{Cerita dari Yunani} : Rumah Tempat Dilahirkannya Atatürk di Thessaloniki

By 11:06 PM , , , ,


courtesy: google



Ketika saya membaca deretan daftar 'things to see in Thessaloniki", nampak disana disarankan untuk mengunjungi rumah dimana Ataturk lahir dan dibesarkan. Tentu saja kesempatan untuk mengunjungi rumah bersejarah tersebut tidak dapat saya lewatkan begitu saja. Dilahirkan dengan nama Mustafa Kemal, disebut sebagai bapak bangsa Turki karena beliau lah yang adalah pendiri dan presiden pertama Turki. 
Mustafa Kemal memperkenalkan serangkaian pembaruan yang luas yang berusaha menciptakan sebuah negara modern yang sekuler dan demokratis, salah satunya adalah menjajarkan posisi wanita dengan pria. Beliau juga berusaha untuk memodernisasi dan mendemokratiskan sebuah Republik Turki yang baru dari sisa-sisa Kekaisaran Ottoman, tentu saja aksi nya ini mendapatkan reaksi pro dan kontra dari sesama petinggi Turki lainnya.
Museum Ataturk bertempat di gedung dimana Kemal Ataturk kecil lahir, bangunan tersebut terletak di belakang Konsulat Turki di Thessaloniki. Hubungan antara Yunani dan Turki yang sempat tidak harmonis bahkan sempat menyulut adanya perang, membuat area konsulat Turki di Thessaloniki ini dijaga ketat, di setiap sudutnya nampak tentara tinggi besar lengkap dengan senjata apinya.
Demikian juga dengan museum Ataturk ini, tertutup rapat oleh pagar yang hanya bisa dibuka jika ada instruksi dari dalam, saya diharuskan memencet bel dan mengatakan maksud dan tujuan saya ingin masuk ke dalam. Situasi yang ketat tersebut ternyata hanya terlihat dari luar saja, ketika saya masuk di dalam, para penjaga dan pemandu wisata terlihat ramah menyambut saya dan suami.
Pada tahun 1935 rumah itu diberikan oleh dewan kota dari Thessaloniki ke negara Turki dan menjadi museum. Pada tahun 1981 bangunan itu dicat kembali ke warna pink seperti aslinya .
Pembangunan Museum Ataturk memiliki tiga lantai dan sebuah halaman. Sebagian besar mebel adalah otentik . Setiap barang yang hilang diganti dengan furniture dari makam Kemal dan dari Top Kapi di Istanbul. Nampak foto-foto pada semua dinding yang menceritakan Kemal pada berbagai periode hidupnya.

Ada empat kamar di lantai dasar , di lantai 1 Museum Ataturk adalah ruang tamu dengan sofa Eropa , dan dapur yang dilengkapi dengan peralatan masak kontemporer. Yang paling mengesankan kamar di lantai 2 adalah di mana Kemal lahir , sebuah ruangan besar dilengkapi dengan bangku & meja.


Di halaman muka nampak sebuah pohon delima yang ditanam oleh ayah Kemal dan masih tumbuh sampai sekarang.










You Might Also Like

3 comments

  1. Patung lilin di gambar pertama kupikir orang beneran yang duduk mengawasi museum hehehe...
    Senang banget lihat museum yang menonjolkan tokoh penting bangsanya apalagi presiden pertama di negara tersebut ^^

    ReplyDelete
  2. @JejakBocakHilang : Samaaa Halim, aku jg pas liat sempet shock hahah asli deh mirip banget patung lilin ini dengan wajah asli nya kl aku liat di foto2 :)

    ReplyDelete
  3. aku jadi penasaran sama museum ini gr2 atmosfer pengaruh Ataturk masih kerasa banget pas Januari lalu aku ke Istanbul, mb. Bahkan anak2 mudanya pun masih sering ngomongin.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan