Noratus Cemetery - Makam Unik Orang Armenia

By 11:36 AM , , , ,





Paris bisa jadi punya makam terkenal Pere Lachaise yang tidak dilewatkan wisatawan untuk dikunjungi, dimana di makam tersebut orang-orang terkenal  seperti Frederic Chopic, Jim Morrison, dan Edit Piaf disemayamkan. Namun Armenia punya makam yang tidak kalah uniknya, sehingga mengunjungi makam saat berada di Armenia adalah wajib hukumnya.

Seperti saat itu di agenda perjalanan kami di Armenia terselip 'Noratus Cemetery' . Noratus terletak di wilayah Gegharqunik, dekat kota Gavar, dimana Noratus terkenal akan koleksi Khachkars (cross-batu) yang tertua, diukir antara abad IX-XVII.
Ada mitos seru mengenai makam dan khachkars ini, jadi pada saat Ottoman Turki mencoba menginvasi wilayah ini, penduduk lokal tidak punya tentara yang kuat untuk melawat Ottoman yang terkenal akan kekuatan berperang. Pangeran Gegham yang berkuasa kala itu memutar otak bagaimana caranya supaya mereka bisa menipu Ottoman tanpa harus adu kekuatan. 
Gegham memerintahkan rakyatnya untuk memakaikan Khachkars-Khachkars itu dengan pakaian seperti orang, lengkap dengan topi. Tipuan itu ternyata berhasil membuat tentara Ottoman takut karena jika terlihat dari jauh, ratusan Khachkars itu nampak seperti tentara bertubuh besar.



Yang menarik dari makam tua Armenia ini adalah ukiran batu nisan di setiap makamnya, beberapa batu nisan menampilkan highlights dari kehidupan orang yang mati itu atau cerita mitos Armenia seperti yang digambarkan dalam ukiran. Dan ada 1 batu nisan yang menurut saya menarik, dalam ukiran tersebut ada visual pengantin, kuda, wine, darah, pedang. Pemandu wisata saya menamai nisan ini “a sad wedding party”, karena si pengantin wanita diculik oleh tentara Genghis Khan saat pesta berlangsung, para tamu yang ada dalam pesta tersebut tidak tinggal diam melainkan berusaha untuk merebut si pengantin kembali, pesta pernikahan yang mestinya romantis dan meriah berubah menjadi pesta peperangan, semua tamu dan pengantin mati tragis. Dan disitulah pasangan pengantin tersebut dimakamkan.




Pada pemerintahan Soviet, ritual nisan dari batu berukir dilarang keberadaannya, sebagai gantinya mereka hanya boleh membuat nisan dengan foto wajah si orang yang meninggal, namun tetap dengan highlight mengenai si pemilik kubur. Seperti foto di bawah ini, ada mobil yang keluar dari alur jalan, ada foto keluarga, disimpulkan bahwa 1 keluarga ini tewas masuk ke jurang saat berkendara. 


You Might Also Like

8 comments

  1. Suka serem kalo ke makam yg naro gambar muka ato foto gitu..haha.. Dasar nya penakut sih emang :p

    Keren juga yah bisa dapat hikmat ut makein baju ke khachkars dan berhasil menipu lawan..

    ReplyDelete
  2. aagghhhh malah lbh serem kalo ada potonya gitu ;p Gila aja, makin males aku mw ziarah ke makam :D

    ReplyDelete
  3. tombstonenya unikkk bangett ini areal pemakamannya gede banget yah kak?
    btw bener kata kak Fanny, yg ada fotonya malah tambah bikin serem yahh heheheh

    ReplyDelete
  4. @Happy Stevany : Iya py aku pun ngeri apalagi kalau meninggalnya tragis, pake diceritain pula kenapa meninggal hiksss

    ReplyDelete
  5. @Fanny : kalau rame2 gapapa lah Fan :))

    ReplyDelete
  6. @Meidiana : Luas banget Mei, dan ini bukan yang terbesar malah :-)

    ReplyDelete
  7. kak feb..sejarah di baliknya menarik sekali. :)
    ini bisa jadi artefak jejak sejarah Armenia di masa lalu..

    ReplyDelete
  8. Efenerr : Bener bangeth, banyak bangunan yang dibiarkan sama seperti asli nya, jadi mudah untuk pendatang untuk membayangkan. Armenia is so special !

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan