Kyrgyzstan : Osh - Kota Kedua Terbesar

By 4:18 PM , , ,



Osh yang merupakan kota kedua terbesar di Kyrgyzstan bisa jadi yang paling sering muncul namanya di media pada tahun 2010, bukan karena prestasi namun karena perang ethnik Kyrgyz dengan Uzbek, Osh adalah kota yang berbatasan langsung dengan Uzbekistan. 
Peristiwa kekerasan itu merupakan puncak dari sejumlah ketidakpuasan menyusul kenaikan harga dan dugaan korupsi di Kyrgyzstan, tragedi yang menghabiskan nyawa ratusan orang dan ribuan luka-luka, toko dan rumah makan juga dihabisi. 

Berada disana pada pertengahan tahun 2014 saya menyakini bahwa tragedi berdarah tersebut terjadi karena ulah provokator semata, orang lokal di Osh sangat ramah dan bersahaja ketika saya temui, hanya rasa aman yang saya rasakan. 
Saya sengaja menghabiskan beberapa hari di kota ini, menghilangkan rasa lelah setelah hampir 2 bulan menghabiskan waktu menyusuri rute jalan sutra mulai dari negeri Georgia, Armenia, Turki dan akhirnya tiba di kota Osh yang juga ancient roots rute jalan sutra ini. 



Menjelajahi kota Osh bisa dimulai dengan mengunjungi Situs Warisan Dunia UNESCO yang diterima pertama kalinya oleh Kyrgyzstan, adalah Sulaiman Too atau gunung Sulaiman/Salomo yang dipuja sebagai gunung suci, dipercaya bahwasannya Nabi Muhammad pernah berdoa disini.  Sulaiman Too ramai didatangi para peziarah dan para wanita yang ingin cepat hamil. Di Sulaiman-Too Anda dapat mengunjungi tujuh gua suci dan melihat banyak petroglyphs kuno. Terdapat museum yang dibangun saat era Soviet yang memamerkan karya seni, lukisan, patung , grafis, arkeologi dan etnografi.





Nampak berdiri mesjid yang dibangun pada 1497 oleh Babur, raja  Ferghana Valley yang berusia 14 tahun. Raja Babur juga lah yang akhirnya mendirikan dinasti Mogul di India.
Dari depan pelataran mesjid ini akan terlihat pemandangan kota Osh dari ketinggian, meskipun sangat datar dan tidak ada gedung-gedung tinggi.

You Might Also Like

6 comments