Kyrgyzstan : The Trip from Bishkek to Osh

By 3:25 PM , , ,

Mendengar banyak cerita indah mengenai rute perjalanan dari Bishkek ke Osh dari mulut pejalan yang lain, saya pun mantap ingin melakukannya. Rute sejauh 620 kilometer ini bisa menggunakan transportasi berupa shared taxi dari terminal Bishkek jika ingin berhemat, namun saya memilih merogoh kantong ekstra untuk dapat menyewa kendaraan dengan supir nya, saya ingin menikmati perjalanan secara maksimal dengan berhenti di spot yang menurut saya indah dan menyenangkan. 

Keputusan tersebut ternyata tepat karena saya harus mengaminkan pernyataan dari para pejalan lainnya bahwa rute Bishkek – Osh seperti tidak nyata, apa yang saya lihat sangat menakjubkan. 




Rasanya saya tidak bisa berhenti mengucap kata wow dengan mata berbinar. Bagaimana tidak jika saya dapat menikmati 4 musim dalam sehari, kelokkan jalan seperti ular, puncak gunung yang masih ditutupi salju, lalu beberapa menit berkendara nampak hamparan bunga poppy merah yang sedang bersemi, berselang kemudian hektaran ladang kapas, padang rumput hijau lalu sesekali kendaraan harus terpaksa menepi karena kawanan kambing, kuda dan domba yang dikawal oleh gembala yang menaikki kuda andalannya harus melewati jalan, berbagi dengan kendaraan modern yang juga ingin lewat.  




Satu-satunya jalan utama yang menghubungkan Rusia dengan bagian selatan Asia Tengah ini memang memaksa saya untuk menahan napas, sepanjang jalan nampak puluhan yurt dengan para penghuni nya, mereka melambaikan tangan ke arah mobil saya penuh kegembiraan, mata mereka semakin terlihat mengecil, lucu.

You Might Also Like

5 comments