Kyrgyzstan : Yurt – A Shelter & An Icon

By 3:39 PM , ,




Kyrgyzstan bangga akan tradisi nomaden yang menjadi identitas mereka sejak masa silam, walaupun gaya hidup ini sempat hilang selama pemerintahan Soviet namun Anda masih akan melihat banyak keluarga berkemah di dalam yurt selama musim panas di pegunungan dan sekitaran danau . 

Seperti hal nya tenda yang digunakan sebagai tempat berlindung dan bisa dilipat dan diangkut kemanapun, yurt pun demikian adanya, namun dengan versi yang lebih besar dan tebal karena faktor cuaca dingin yang sangat ekstrem. Sampai sekarang masih banyak rakyat Kyrgyzstan yang tinggal di pedesaan atau pegunungan menggunakan sarana yurt ini sebagai rumah primer mereka.  




Membuat yurt membutuhkan ketekunan dan keahlian khusus sehingga yurt dapat berdiri dengan indah, aman dan tahan lama. Yurt adalah pusaka keluarga di Kyrgyzstan karena peristiwa penting seperti menyambut kelahiran, membesarkan anak, pernikahan dan akhirnya meninggal semua dilakukan di dalam yurt.

Untuk mengakomodasi para wisatawan yang ingin menikmati yurt sebagai tempat tinggal mereka selama di Kyrgyzstan, banyak yurt yang disewakan melalui kantor biro wisata. Lokasi yang ditawarkan adalah salah satunya di Son Kul Lake yang dikelilingi padang rumput subur dan pegunungan, ditemani kawanan domba, kuda dan unta. Anda dapat melihat atraksi pemasangan yurt yang nantinya akan Anda tempati. 
Nikmati sensasi menjadi orang lokal dengan berkuda bersama mereka, atau sekedar mengamati berbagai jenis burung yang terbang bebas sejauh mata memandang. 




Dalam tradisi Kyrgyz, para pendatang tidak disebut sebagai turis namun sebagai tamu, sehingga kesan hangat dan ramah dari sang pemilik rumah langsung terasa, secangkir teh hangat akan menemani kebersamaan, tidak masalah dengan perbedaan bahasa, selama masih ada bahasa tubuh yang bisa kita peragakan.

Pamerkan foto-foto keindahan tanah air mereka yang Anda ambil melalui kamera, mereka akan bersemangat dan antusias melihatnya bahkan meminta Anda untuk mengambil foto mereka juga.  

You Might Also Like

6 comments