Suvenir / Oleh Oleh Saat Traveling

By 1:29 PM , ,



Our house is filled with things that remind us of our travels. We’d like to pick up cheap, everyday things when we travel overseas, jadi bawa nya juga gak pakai ribet dan budget pun gak membengkak, walaupun kepikiran sama karpet di Armenia yang gak jadi kebeli itu hu hu hu.
Bukan aja gedenya 1 koper sendiri, tp harganya pun seharga ticket kita berdua ke Armenia xixixi.

Di antara suvenir yang memang bisa dibeli, nah banyak juga kok yang bisa didapatkan dengan gratis, asal mau usaha dikit. Ini dia ritual suvenir yang dibeli Jalan2Liburan kalau lagi traveling, ada yang memang dibeli, tapi ada juga yang gratisan :-) 

1. ) Magnet
Nah ini udah paling pasti dibeli karena gampang ketemuinnya juga, kecuali waktu ke Kyrgyzstan yang dimana nyaris gak pernah nemu toko souvenir. Untung mampir ke salah satu museum besar di ibukota nya, eh ada 1 toko souvenir yang hidup ogah mati tak mau heheh kesian banget ngeliat nona muda yang kerja disitu.
Akhirnya kita borong magnet dan berlembar2 kartu pos. Bukan saja karena kasihan sama si nona, tapi lebih karena “ah kapan lagi nyampe di Kyrgyzstan” 



2. ) Shooter Glass
Gelas kecil ini biasanya dijual seharga €3 or equivalent , gampang diselipin dan lebih mudah dibawa dibandingkan snow globe, nyimpen di rumahnya juga gak perlu tempat besar.



3. ) Paper Money & Coins
Sisa mata uang lokal dalam bentuk kertas dan logal juga wajib banget disimpan, biasanya dengan nilai tukar yang paling rendah, ya iyalah ya :)
Khusus di Uzbekistan, kita simpen selembar uang kertas saja, itupun diumpetin abis, karena ketentuan negara tsb yang mewajibkan setiap orang yang meninggalkan negaranya untuk tidak membawa Uzbek Sum.





4. ) Hotel & Post Stamps
Nah ritual ini adalah terbaru, ya baru ngoleksi nya sekitar 3 tahun lalu gitu lah. Jadi karena Yvan waktu itu baru punya buku travelogue diary, di halaman buku itu ada space untuk prangko dan masih banyak lagi kertas kosong lainnya, jadilah kita berinisiatif untuk mengkoleksi stempel dari hotel yang pernah kita inapi.
Untuk dapatin stempel ini agak ribet gitu juga, gak semua staf hotel mau ngasih stempel mereka, tanpa alasan deh pokoknya, biasanya negara birokratis parah kayak Macedonia dan Serbia yang susah diminta stempelnya.



Kalau kita berada di suatu kota saat weekdays, biasanya kita nyari kantor pos lokal, mereka bukan saja punya stempel yang model nya lucu dan cukup jelas menyebutkan nama kota, tapi kita juga beli prangko lokal untuk ditempel di travelogue diary punya nya Yvan.




5. ) Little pieces of every papers
Niatnya sih bikin scrapbook, segala boarding pass, peta dan bill pembayaran hotel biasanya gw file sebagai bahan buat scrapbook, tapi sungguh niat ini gak pernah kejadian xixixi
Ya udahlah jadinya gw simpen aja di folder box jadinya :-)


Kalau kamu, ritual beli suvenir untuk diri sendiri biasanya apa yang dibeli? :-)

You Might Also Like

12 comments

  1. aslii kerenn bangett yang cap-cap hotelnyaa, ga pernah kepikiraan deh aku ;3
    btw postingan serupa kayak gini udah aku punya di draft dari 3 bulan lalu, ga aku post-post hahahaha *aku pemalas*

    btw kak, itu kalo ke kantor pos gampang minta capnya?

    aku biasanya beli printilan kecil2 kayak gantungan kunci atau magnet kulkas, tapi ritual ini jadi bertambah gara-gara si mamah jadi suka ngoleksi figure landmark atau snowball. nah kalo buat diri sendiri,selain beli tumbler starbucks (kalo ada yg edisi kota/negara tsb), aku suka ngirim postcard dari kota yg aku singgahi ke rumah, dan ditujukan buat diri sendiri juga ajhahahahhaha

    *ga pernah habis yah kalo ngomongin oleh2P

    ReplyDelete
  2. I like to collect shot/shooter glasses as well. They come in handy & I use them all the time. Plus, they're small when you are traveling. :] // ▲ itsCarmen.com ▲

    ReplyDelete
  3. travelogue diary-nya lucuuuu. Di Indo kok ga ada jual begituan ya?
    Souvenir itu my middle name, hahaha. Karena tiap travelling pasti heboh tiap liat toko souvenir. Maunya borong apa aja yang keliatan lucu. Mulai magnet, gantungan kunci, T-shirt, shot glass, dll. Akhirnya suka buat giveaway :D

    ReplyDelete
  4. traveloguenya Yvan boleh ditiru yaaa..
    aki suka beli tas atau kain yng murce2 aja sih hi..hi.., dan sudah tentu kartu pos
    kl tiket masuk museum yg biasanya cantik2 pake foto lukisan aku lamintaing dan dibuat pembatas buku

    ReplyDelete
  5. Gue suka ide stempel hotelnya. Lucuk!

    ReplyDelete
  6. Meidiana : Selama ini sih kantor pos nya gapapa, mungkin karena mereka udah liat juga contoh2 stempel lainnya di buku.
    lagian kantor pos sudah terbiasa berhubungan dengan kolektor :)

    ReplyDelete
  7. Carmen : Ya right ! Cheap and easy to bring, that s enough for me :)

    ReplyDelete
  8. Debby : kalau kamu ke luar negeri pasti banyak kok toko2 khusus traveling yang jual from A to Z mengenai pernak pernik traveling, coba deh cari :)

    ReplyDelete
  9. Monda : Tas dan barang2 perempuan sih suka juga beli, tp gak untuk koleksi juga sih :)

    ReplyDelete
  10. Lucu juga yaaa minta stempel hotel atau kantor pos, baru kepikiran hahaha. aku ngak perna beli souvenir, cukup foto2 narsis aja di cetak trus di pajang di kamar hahaha

    ReplyDelete
  11. aku paling suka emblem bendera! tapi bingung mau ditempel/dijahitkan di mana..soalnya kalo di ransel, kok rada kayak backpacker ABG gitu ya.. hahaha.. jadi masih tersimpan berantakan di laci-laci rumah..
    Kalo dioleh2in, aku paling suka pensil kayu! yang gratisan dari hotel2nya pun gak masalah.. malah lebih unik kalo ada nama hotel dan kotanya.. Malah ada temen yang bawain pensil kayu IKEA yang buat nulis barang belanjaan di tokonya gitu..hahaha
    tapi selalu ada tempat sih buat magnet di pintu kulkasku.
    Trus kalo beliin oleh2, aku paling senang kalo tau kesukaannya teman2 yg spesifik. Paling gampang beliin kopi buat temen2 penggila kopi, aplg kalo jalan2nya di Indonesia. Gitu deh kira2.. :D

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan