Kota Lille, Salah Satu Kota Terbesar Prancis

By 11:54 PM , , ,

Berapa banyak wisatawan Indonesia yang jika ditanya ingin kemana selama di Prancis yang akan menjawab Lille selain Paris ? Mendengar namanya saja mungkin tidak pernah. Bisa dimengerti karena kebanyakkan dari mereka memiliki waktu yang terbatas untuk mengeksplor suatu negara secara detil. 

Lille merupakan salah satu kota terbesar di Prancis, dengan ukuran negara Prancis itu sendiri yang memang sudah besar, terletak di bagian utara dan bertetanggaan langsung dengan Belgia. Berkat adanya kereta cepat Eurostar & TGV yang menghubungkan London dalam waktu 1 jam 25 menit saja menuju Lille. 


Prefecture de Lille at the Place de la Republique


Seperti kota tujuan wisata lainnya di Eropa, maka alun alun kota atau Grand Palace menjadi spot utama dikunjungi. Kota Lille yang awalnya tidak terlalu menarik perhatian saya berubah menjadi kejutan menyenangkan, puluhan bangunan cantik berinterior flanders mengingatkan akan kota-kota di Belgia. Sejarah memang menyebutkan bahwa kota Lille pernah berada di bawah kekuasaan flanderen (bagian negara Belgia yang berbahasa Belanda/vlaams)




Train Station in Lille : Gare de Lille Flandres


Saya beruntung dengan udara yang cukup bersahabat di akhir pekan itu, walaupun sudah memasuki bulan Desember tapi udara cukup hangat dan langit pun biru, warna yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya pada permulaan musim dingin seperti ini.

Ternyata bukan warna biru saja yang menemani perjalanan ini, namun semesta pun cukup berbaik hati dengan memeriahkan kunjungan saya ke kota Lille yang bertepatan dengan hari pertama dibukanya Christmas Market, pasar natal yang menjadi ikon Eropa. 

Christmas Market in Grand Palace Lille, France

Christmas Market in Lille, France


Saking ramainya saya harus jalan berdesakkan, melihat puluhan food stall dari berbagai negara memamerkan ciri khas negara tersebut. Ada yang menjual churros dari Spanyol, Matryoshka dari Russia, Cheese fondue dari Swiss dan masih banyak lagi. 

Lille memang bukan Paris, tapi tanpa Eiffel dan Sungai Seine saya rasa Lille pantas disejajarkan dengan Paris.


Cheese French


La Vieille Bourse is the old stock exchange built in 1653.  Around its courtyard  you will find a handful of second-hand booksellers. 



You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan