Mengajukan Permohonan Visa Schengen Melalui Kedutaan Belanda

By 1:35 PM , , ,


Minat pejalan asal Indonesia mengunjungi negara-negara Eropa semakin banyak dan yang menjadi destinasi impian biasanya negara-negara Eropa yang tergabung dalam Schengen Area. 

Sesuai ketentuan, pemegang paspor Republik Indonesia wajib memiliki visa Schengen sebelum keberangkatan menuju negara-negara di area tersebut. 

Lalu pertanyaan yang akan muncul adalah : 

Yang termasuk dalam Schengen apa saja ya? 
Austria, Belgium, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland

Harus apply visa Schengen di negara mana yah? 
Apply visa schengen disarankan untuk dilakukan di kedutaan di negara dimana Anda akan landing pertama kali atau di negara dimana Anda akan menghabiskan banyak hari disana. 

Setelah mengetahui itinerary akan kemana Anda selama di Eropa nanti, barulah bisa ditentukan akan apply visa nya ke kedutaan mana. 
Untuk scoop ini saya akan membahas mengenai apply visa Schengen di Kedutaan Belanda. 
NOTE : Visa Schengen untuk Belgia dan Luxemburg diurus di Kedutaan Belanda. 

via


1. Buatlah itinerary rencana perjalanan Anda
Jika Anda telah memiliki itinerary mau kemana dan ngapain saja selama di Eropa nantinya, tentunya akan memudahkan menjawab pertanyaan ketika wawancara. 

2. Pastikan paspor Anda tidak melewati 6 bulan sebelum tanggal expired.

3. Siapkan dokumen-dokumen yang diminta oleh Kedutaan Belanda. 

#Paspor
Paspor harus berlaku minimal 3 bulan pada saat Anda meninggalkan wilayah Schengen

#Foto
Foto harus sesuai dengan persyaratan untuk mengajukan permohonan paspor Belanda. Anda dapat juga membuat foto di kedutaan.

#Biaya Visa
EUR 60 untuk orang berusia di atas 12 tahun, dibayar dalam rupiah
EUR 60 untuk anak-anak antara 6 - 12 tahun, dibayar dalam rupiah
Cari tahu berapa currency rate Euro ke Rupiah melalui aplikasi www.xe.com

#Aplikasi
Isi formulir dengan benar dan ditandatangani dua kali.

#Asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan harus berlaku untuk seluruh masa di wilayah Schengen dengan cakupan minimal € 30.000, - termasuk asuransi kesehatan dan biaya pemulangan. 
Copy asuransi harus melekat pada aplikasi dan asuransi asli harus ditunjukkan ke kedutaan.


#Reservasi Penerbangan
Bawalah bukingan penerbangan pulang pergi Anda. Harus jelas mencantumkan tanggal pulang Anda ke Indonesia. 
Kedutaan Belanda menyarankan untuk tidak membayar tiket sebelum visa diberikan.

#Bawa bukti bahwa Anda telah melakukan pemesanan akomodasi di kota dimana Anda tinggal ( sesuaikan dengan itinerary yang Anda miliki ) 
Website seperti www.booking.com dapat diandalkan untuk hal ini, karena bukingan akomodasi Anda dapat dibatalkan jika Visa Schengen Anda tidak disetujui. 

#Bukti Keuangan
Jika Anda mendanai sendiri perjalanan ini maka Anda harus memiliki minimal € 34 per hari di tabungan Anda.
Jumlah tersebut di luar biaya akomodasi dan transportasi. 


Jika ada yang menjadi sponsor Anda di Belanda :

A. ) Mintalah pada sponsor Anda surat undangan yang dapat diperoleh di Gemeente (city hall) kota tempat sponsor tinggal. 
Si sponsor wajib memiliki pendapatan minimum dan berlaku selama 12 bulan di muka dari tanggal aplikasi. 

B. ) Bukti Keuangan 
Dapat ditunjukkan dari salinan bank buku rekening / bank untuk 3 bulan terakhir dan / atau slip gaji 3 bulan terakhir bersama-sama dengan surat kerja.

C. ) Bawalah juga bukti yang menghubungkan Anda dengan Sponsor. 
Seperti copy akta kelahiran atau kartu keluarga jika sponsor Anda adalah keluarga. Atau surat yang ditandatangani secara personal oleh si sponsor. 

Hal ini juga sama ketentuannya jika sponsor Anda adalah Warga Negara Belgia.



4. Cari tanggal untuk melakukan jadwal wawancara dengan pihak kedutaan. Menentukan jadwal wawancara ini hanya bisa dilakukan secara online. 

Caranya : 

#Masuk ke online link : https://jakarta.embassytools.com/en/index dimana akan muncul tampilan seperti ini dan pilihlah apakah Anda memerlukan visa Schengen untuk Individu (1 orang) atau Family (Keluarga) atau Groups (Jika berangkat bersama dan lebih dari 1 orang)



# Jika Anda memilih 'Individual' maka tampilan berikutnya yang keluar adalah online calendar. Klik di warna hijau karena di tanggal dan jam itulah jadwal yang tersedia. 


# Isilah kolom pertanyaan mengenai biodata diri Anda, jawab dengan tepat, benar dan cepat, karena waktu Anda hanya 15 menit saja untuk mengisi kolom2 tersebut.



# Setelah mengisi semua kolom yang tersedia, maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Form ini wajib untuk dicetak dan dibawa pada jadwal wawancara Anda. Kelalaian tidak membawa form tersebut, maka Anda terancam akan tidak bisa masuk ke dalam kedutaan.



5. Setelah mendapatkan konfirmasi jadwal wawancara, bawa dokumen lengkap seperti yang ditentukan. Pemohon WAJIB hadir dan TIDAK BISA diwakilkan. 







You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan