Tips Cerdas Memanfaatkan Waktu Transit

By 2:58 PM ,


Waktu menunggu yang lama saat transit kadang membuat rasa kesal karena rasanya sudah tidak sabar tiba di tempat tujuan atau karena rasa lelah yang menyerang. 
Namun tahukah Anda bahwa justru saat transit lama itulah ada kesempatan Anda untuk mengekplor destinasi baru tanpa harus merogoh koceh untuk membeli tiket ekstra.



Trik ini menjadi salah satu rahasia bagaimana Jalan2Liburan bisa traveling ke beberapa destinasi sekaligus tanpa merogoh banyak uang untuk membeli tiket yang adalah salah satu budget terbesar saat traveling.



1 Gunakan Kesempatan Transit.

Ok mudahnya seperti ini, beberapa tahun lalu dari Indonesia menuju ke Belgia, saya membeli tiket pesawat maskapai Turkey Airlines karena saya tahu biasanya maskapai ini selalu transit di home base mereka di Istanbul, nah mumpung waktu itu belum pernah ke Istanbul, ya saya manfaatkan saja jatah menunggu saya di bandara Istanbul dengan keliling kota nya.

Tentunya waktu transit kalau bisa dipilih dengan cermat, ya gak mungkin aja kan kalau transit nya subuh atau tengah malam, mana enak keliling kota di waktu-waktu seperti itu.

Selain itu, perhatikan juga apakah destinasi tersebut mewajibkan visa untuk pemegang paspor RI?

Dan salah satu tips yang paling penting lagi adalah, perhatikan benar waktu, jangan gara-gara keasikkan explore kota tersebut malah membuat Anda ketinggalan pesawat ke destinasi utama.

Bukan ke Istanbul saja, saya pun pernah menikmati negara Jordania selama 3 hari karena memperpanjang/extend waktu transit saya. Kebetulan waktu itu saya menggunakan maskapai Royal Jordania dari Bangkok menuju Brussels dan karena homebase Royal Jordania adalah di Amman, dan kebetulan saya belum pernah mengunjungi kota Amman, ya kenapa juga saya gak minta inquiry untuk memperpanjang waktu transit saya. 

Selamat Datang di kota Warsaw di Polandia , berkat waktu transit yang lumayan panjang saat traveling ke Armenia dan Georgia dengan menggukan LOT Polish Airlines


Untuk proses ini ada charge nya, tapi tidak besar seperti harus membeli 1 tiket pulang pergi ke Amman. Good bargain banget karena akhirnya sayapun bisa melihat salah satu dari keajaiban dunia : Petra !

Masih mau contoh lainnya? Ok saya beri contoh lain lagi yah, kali ini dengan maskapai penerbangan Etihad Airlines, rute saya saat itu adalah Brussels menuju Jakarta, dimana pesawat akan transit di Abu Dhabi, lagi-lagi saya sengaja memilih jam transit yang agak lama sehingga saya bisa menikmati kota Dubai selama 12 jam.


Transportasi dari bandara Abu Dhabi menuju pusat kota Dubai dan kembali lagi ke bandara Abu Dhabi, semuanya GRATIS lho ! 
Karena Etihad Airlines memberikan servis bus shuttle kepada para penumpangnya. Saya hanya perlu mendaftarkan diri melalui website mereka.

Shuttle bus from Etihad Airlines from its passengers to and from Abu Dhabi Airport - Dubai City


See? Gara-gara memanfaatkan waktu transit, saya pun bisa berdiri di atas gedung tertinggi di dunia Burj Al Khalifa, tanpa harus membeli tiket ekstra ke Dubai.





2. ) Cek Transit Program dari Maskapai Penerbangan

Seperti saya yang saya sebut di point No 1 bahwa saya pernah menikmati kota Istanbul selama saya transit di bandaranya. Dan saya menikmati kota itu secara gratis ! Iya GRATIS !

Semua pengeluaran saya seperti shuttle bus dari bandara ke pusat kota, tour guide, makan pagi dan siang, tiket masuk tempat wisata, semuanya itu dibayarkan oleh Turkish Airlines. Asyik banget kan?

Makanya rajin-rajin lah browsing mengenai website maskapai penerbangan, karena banyak sekali penawaran yang memanjakan penumpang mereka.



You Might Also Like

1 comments

  1. Akupun begitu kak..hihi..lumayan bisa jalan-jalan waktu transit di Beijing dan Singapura :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan