The Moroccan Argan Oil

By 1:53 PM , , , ,

Sejak 2 tahun yang lalu saya sering bgt dengar argan oil hanya saja gak pernah cari tau lebih mengenai minyak yang disebut minyak emas ini. Eh pas lagi traveling ke Marrakech kemarin ini dan mampir ke kota Essaouira, supir tour saya bolak balik ngejelasin mengenai Argan. Saya tahu Argan Oil karena ada produk terbarunya The Body Shop yang mengambil bahan dasar Argan Oil ini.

Argan ini lagi ngetop2nya belakangan karena beberapa celeb (Kim Kardashian & Eva Mendez) yang memberitahukan rahasia kecantikkan mereka adalah dengan menggunakan minyak ini secara teratur di wajah, kulit badan dan rambut, pokoknya all-round beauty superhero deh. 
Nah, kota Essaouira ini adalah kota yang paling terkenal dengan produksi Argan Oil ini, sepanjang jalan memang dipenuhi oleh ladang tanaman Argan, showroom mereka & koperasi nya. Tanaman Argan ini memiliki biji2an dimana biji2an inilah yang menjadi sumber dari minyak Argan itu.

Ini Penampakkan Pohon Argan nya, orang lokal suka iseng nyari uang tambahan dengan meletakkan domba dan kambing mereka di dahan2nya, atraksi untuk para turis yang lewat

Biji2an itu lalu ditumbuk dengan batu oleh wanita lokal, alatnya semua masih tradisional lah ya, tumbukkan nya more or less seperti cobek sambal nya Indonesia. Saya ngebandingin sama ibu2 jaman dulu yang sering duduk di lantai numbuk kemiri untuk dioleskan ke rambut anak mereka supaya hitam lebat :-) 

Wanita-wanita itu juga duduk di lantai sambil numbuk, dan 1 liter minyak argan itu bisa didapat jika mereka melakukannya selama 3 hari. Apah? 3 Hari dapat 1 liter? Iya!!! Kebayang gak sih capeknya gimana, makanya jgn kaget kalau sebotol kecil minyak Argan dijual lumayan mahal, karena kalau murah justru harus curiga, bisa jadi karena telah dicampur olive oil. 
Argan Oil yang sudah masuk ke dunia kosmetik selain The Body Shop & Kiehl's ada juga Josie Maran. Review positif mengenai produk nya Josie Maran ini 5 stars banget karena produk yang dijual benar-benar asli minyak nya, ada juga sih yang sudah di mixed dengan cream or lotion gitu, semua tergantung kebutuhan tentunya. 

So, tertarik nyobain Argan Oil kah? Jangan lupa beli jika jalan-jalan ke Essaouira ya :-)

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan