About Vilnius and What To Do

By 7:32 PM , , ,

Jauh dari sibuknya rute wisata Eropa, Lithuania menawarkan sesuatu yang berbeda dan menyenangkan. Negara pecahan Uni Soviet ini semakin banyak dikunjungi wisatawan asal Eropa, seakan hot spot atau playground baru mereka.

Bendera Lithuania berwarna kuning, hijau, merah itu memaknai jati diri bangsa ini. Kuning sebagai simbol ladang & pertanian, hijau sebagai simbol dari hutan dan merah yang adalah patriotis. Lithuania memang dikelilingi hutan dan ladang, sejauh mata memandang itulah yang akan kita lihat, no wonder ya kalau dari kentang saja mereka memiliki ribuan resep.

Vilnius yang adalah ibukota dari Lithuania dipenuhi bangunan tua bergaya baroque dan merupakan kota tua dengan ukuran terbesar di dataran Eropa, tidak heran dengan fakta ini karena pada masanya, yaitu di tahun 1400-an Lithuania merupakan salah satu negara terluas di benua Eropa.

Selama disana saya menyempatkan diri bergabung dengan walking tour beserta pemandunya, saya ingin tahu lebih banyak mengenai kota ini dari kacamata orang lokal. Teori yang mengatakan bahwa Vilnius mulai dilirik dunia pariwisata sepertinya benar, sekitar 50 an orang yang gabung di walking tour ini, kebanyakkan dari mereka berasal dari Spanyol, Amerika, Jerman bahkan India.

Kami berkumpul jam 12 siang di depan balai kota yang terletak sangat ideal di pusat kota tua Vilnius dan tidak jauh dari hotel yang saya inapi.


City Hall Vilnius (Rotuse)
Balai Kota Vilnius adalah salah satu lembaga yang mewakili kehidupan politik, sosial, dan pusat budaya.
Menurut sejarawan gedung Balai Kota berdiri sejak abad 15, pada masanya city hall ini dilengkapi dengan ruang pengadilan, arsip, gudang senjata, dan penjara di bawah tanah.

City Hall Vilnius (Rotuse)


Pada Desember 2002, Presiden Amerika Serikat, George Bush berdiri disini dan mengucapkan selamat untuk Lithuania yang akhirnya bergabung dengan NATO. Tentunya moment yang sangat bersejarah setelah bertahun-tahun Lithuania mengalami perbudakan dan represi di bawah rezim Soviet.
Istana Kepresidenan
Saya kagum dengan istana Presiden Lithuania yang nampak bersahaja dan terbuka, tidak nampak pagar tinggi di sekelilingnya, pun tidak nampak tentara bersenjata.

Katedral Vilnius
Di antara 65 banyaknya gereja di kota Vilnius, yang menjadi favorit saya adalah Katedral Vilnius, sesuai namanya bisa dibanyangkan betapa megah dan luas nya gereja katedral ini. Katedral Vilnius bagaikan jantung kehidupan spiritual kota ini.

Cathedral Vilnius


Museum Genosida / KGB Museum
Mengenal lebih jauh mengenai sejarah bangsa ini semasa bergabung dalam Uni Soviet, jangan lewatkan untuk mengunjungi museum Genosida yang terletak di gedung bekas KGB. Kunjungan saya ke museum ini meninggalkan emosi kesedihan yang mendalam, akan saya ceritakan di postingan terpisah.

Such a nightmare museum


District Uzupis
Lithuania sepertinya memang senang akan hal-hal yang lucu, di tengah kota tua nya terdapat republik tandingan, jangan kuatir republik tandingan hanya guyonan semata. Jadi Uzopis ini area khusus para pencinta seni, ya semacam Montmartre lah kalau di Paris.

Memasuki area Uzopis akan terlihat papan selamat datang di negara Uzopis, syarat untuk memasuki 'negara' ini adalah para pengunjung diwajibkan untuk tersenyum berbahagia dan memilki jiwa seni yang tinggi.

Welcome Board - Uzupis Republic

Namanya juga negara kan ya, di Republik Uzopis pun terdapat stempel paspor dan konstitusi.

Isi konstitusi nya sangat menarik, beberapa yang saya ingat :
Everyone has the right to love
A dog has the right to be a dog
Everyone has the right to be happy
Everyone has the right to be unique
Everyone is capable of independence.
Everyone is responsible for his freedom.

ah indah ya isi konstitusi nya, beberapa piagam dari isi konstitusi ini di translate ke beberapa bahasa, sayang saya tidak menemukan yang dalam bahasa Indonesia.

Konstitusi dalam berbagai bahasa




You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan