Mengenang The Baltic Way : Rantai Manusia Terpanjang Sepanjang Sejarah

By 5:00 AM , , , ,



Setelah sukses di tahun lalu #J2LtoExSoviet menghampiri Republik Georgia, Armenia, Kyrgyzstan dan Uzbekistan yang adalah sebagian dari banyaknya negara pecahan Uni Soviet, maka tahun ini kembali kami ingin menjelajahi negara Ex Soviet lainnya.  
Dan 3 negara Baltic inilah yang akhirnya kami datangi : Lithuania, Estonia dan Latvia.

Sedikit informasi, siapa tahu ada yang belum tahu:

- ibukota Lithuania adalah Vilnius
- ibukota Latvia adalah Riga
- ibukota Estonia adalah Tallinn

Jika Anda telah berada di benua Eropa maka 3 negara ini bisa dibilang paling mudah didatangi karena termasuk negara Schengen,  mata uang Euro dengan biaya hidup yang sangat murah, transportasi darat sangat nyaman dan banyak sekali low cost airline yang menuju ibukota salah satu negara Baltic ini.

Untuk pelancong pemula yang tiba di Eropa kemungkinan besar akan mencoret negara Baltic ini dari itinerary mereka, bisa dimengerti karena nama besar Paris, Amsterdam atau Roma mungkin lebih menarik untuk dikunjungi.

* * *

Lepasnya 3 negara ini dari kekuasaan Soviet terjadi pada tanggal 11 Maret 1990 , Lithuania lah yang pertama kali memproklamasikan kemerdekaannya atas USSR lalu dijadikan inspirasi oleh bagian negara USSR lainnya untuk mengikuti jejak Lithuania ini. 
Untuk anak generasi 90an yang dulunya sering ngikutin Dunia Dalam Berita pasti deh lumayan familiar dengan kejadian bersejarah ini.

via

23 Agustus 1989 menjadi tanggal bersejarah untuk ke 3 negara Baltic ini, momen dimana berkumpulnya 2 juta manusia berdiri dan berpegangan tangan di jalan sepanjang 600 kilometer melewati area Lithuania, Latvia da Estonia. 

via

Aksi damai yang dikenal dengan sebutan “THE BALTIC WAY” ini menginginkan kemerdekaan dari USSR, hanya membayangkannya saja (banyak sekali video mengenai Baltic Way ini di Youtube) sudah membuat bergidik, pada dasarnya ke 3 negara ini tidak pernah lepas dari kesusahan, mulai menjadi korban perang dunia 1, lalu diambil alih oleh negara Soviet yang komunis. 

The Baltic Way ini merupakan rantai manusia terpanjang selama sejarah, menginginkan kemerdekaan dengan cara damai.
23 Agustus setiap tahunnya ditetapkan sebagai Black Ribbon Day, mengenang korban Stalinisme dan Nazisme. 



CARE TO SHARE THIS POST?



You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan