Menikmati Kuliner Finlandia di Restoran Penjara

By 3:00 AM , , , ,

Di postingan sebelumnya saya sempat membahas hotel selama kita berada diHelsinki yang adalah bekas penjara dari tahun 1837. Nah HOTEL KATAJANOKKA yang adalah hotel berbintang 4 ini juga punya restoran yang mesti banget didatangi walaupun bukan tamu hotel sekalipun. Nama restoran ini Jailbird dan berada di lantai dasar bangunan hotel.

Hebatnya HOTEL KATAJANOKKA ini mereka tuh gak mau ngumpet-ngumpetin sejarah dan latar belakang dasar hotelnya yang adalah penjara ini, tahu sendiri kan penjara itu kesannya angker menakutkan, namun justru latar belakang inilah yang diangkat sebagai tema.


Salah satu sel yang dibiarkan seperti original nya

Restoran Jailbird ini dulunya adalah bagian dari workshop para tawanan dan di lantai ini ada juga beberapa sel yang dibiarkan seperti aslinya supaya pengunjung bisa melihat dan membayangkan.
Ada 2 sel yang masih terlihat asli, yaitu sel grup dari tahun 1837 lalu sel pribadi yang dibangun belakangan. Sel grup nya lumayan serem sih, berukuran sekitar 3x3 meter dan lantai nya batu kasar, kaca kecil di atas, kebayang gak sih ukuran segitu diisi oleh sekitar 30an orang, ya tidur disitu, ngapa2in disitu, punggung-punggung pasti rasanya mau patah kali ya duduk di lantai berbatu gitu. Nah itu memang sel di jaman tahun-tahun gak beradab, kalau sel penjara jaman sekarang kan kalau di Eropa lebih manusiawi.

Snacking nya disajikan di piring dan gelas aluminium macam di penjara gitu, lucu bangeth ! Love this idea a lot!


Balik lagi mengenai restoran Jailbird, mereka menawarkan menu makanan khas Finlandia, seperti steak daging rusa, soup ikan, olahan salmon dan sea food lainnya.
Si pelayan bertumbuh tambun yang ramah itu menginformasikan mengenai signature dish mereka yaitu : Ryti's Beef with Garlic and Parmesan Potatoes, Brandy and Green Pepper Sauce, Rysti diambil dari nama presiden ke 5 Finlandia, Risto Heikki Ryti, yang pernah menjadi salah satu tawanan di penjara ini.

Asli deh saya sih penasarannya sama steak daging rusa gimana ya rasanya, ternyata steak yang disajikan medium ini terasa empuk, seperti daging sapi di bagian yang terbaik lah kalau menurut saya, makannya ditemani dengan Garlic Potatoes Spiced with Thyme.
Dan karena lagi musim asparagus, sebagai side dish saya memesan asparagus dengan saus white wine, asparagus hijau memang favorit saya dibandingkan asparagus putih, dan saus nya luar biasa enakkkk, sampai rumah saya langsung belanja asparagus hijau juga yang dimasak dengan garlic butter & lemon sauce :-)

Malam itu suami saya memilih Pulled Pork on House Bread, Madeira Sauce & Roasted onion, ditemani dengan crispy green salad with Dijon Mustard Dressing.






Untuk makanan penutup saya biarkan pelayan untuk memilihkannya untuk saya, dia datang dengan Crème Brûlée flavoured with Cloudberries, wow saya surprise banget akhirnya bisa makan buah cloudberries lagi, terakhir saya ngerasain buah ini di Norwegia, buah ini memang spesialisasi negara dingin macam Skandinavia dan Finlandia. Saya sempat beli juga selai nya waktu pulang dari Norwegia.




Duh, bikin postingan makanan saat diet mayo itu sungguh menyiksa yah ha ha ha :-D

JAILBIRD RESTAURANT
HOTEL KATAJANOKKA
MERIKASARMINKATU 1A, 00160 HELSINKI

We were guests of Jailbird Restaurant and received a complimentary dinner, however, all opinions expressed here are entirely our own and based on our personal experience. I would only ever recommend something that I actually enjoyed and support!

You Might Also Like

0 comments

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan