The Comic Walls in Antwerp

By 5:10 PM , , ,


Setiap kali saya traveling ke suatu destinasi seru yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi, di saat itulah saya mikir enak banget kali ya jadi penduduk lokal yang tinggal di daerah itu. Bangun tidur, buka pintu dan yang dilihat turis dengan kamera nya, karena berarti kota yang mereka tinggali itu cantik adanya.

Bayangan saya ingin tinggal di kota semacam itu sebenarnya telah menjadi kenyataan, bersyukur tidak habisnya karena kota indah Antwerpen ini sekarang untuk sementara menjadi rumah tinggal saya.

Minggu lalu bersama #VisitAntwerp saya mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi kota berlian dunia ini, keluar masuk museum, dengar cerita masa lalu dan sejarahnya, jalan kaki melalui rute graffiti komik. Seru banget lah pokoknya playing tourist di kota sendiri.

I know that seems I don't give enough credit for this wonderful city, kadang kalau jalan-jalan disini saja saya suka ngak ngeh dengan graffiti di dinding yang ternyata bagus-bagus banget, khususnya comic wall (strip muren) nya.
Belgia tuh memang gila dengan komik, serius deh bukan hanya Tintin dan The Smurfs saja yang ngetop kalau disini, ada juga Jommeke, Suske & Wiske, The Adventure of Nero dan masih banyak lagi.

Kalau saya perhatiin sih rata-rata tema komik asal Belgia itu seputaran petualangan, keluarga, dan binatang peliharaan. Ini tidak jauh beda dengan personality orang lokal sini yang kebanyakkan dari mereka memang suka sekali traveling.


#1 JOMMEKE
Artist: Jef Nys
Lokasi: Frans Halsplein

Lokasi nya pas banget deh yaitu di dekat sekolah dan taman yang sering dipenuhi anak-anak sekolah. Jommeke ini ngetop banget di Belgia sejak tahun 1955, dan merupakan serial komik yang paling laku selain Tintin dan Suske en Wiske.
Jommeke bercerita mengenai anak laki kecil yang memiliki peliharaan burung beo bernama Flip dan teman nya Filiberke, mereka melakukan petualangan keliling dunia.



#2 KIEKEBO
Artist : Merho
Lokasi : Paradijsstraat

Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, lokasi nya itu berarti jalan surga, paradijs sama seperti paradise dalam bahasa Inggris.
Seperti dilihat dari gambarnya Kiekebo adalah serial komik tentang keluarga, terlihat kan ada ayah, ibu dan si Fanny yang sedang naik sepeda seperti mau ke sekolah. Lokasi comic wall Kiekebo ini memang berada di area Universitas Antwerpen.
Fanny dan keluarganya sering melakukan petualangan juga dan penuh humor .
Cetakkan pertama Kiekebo dijual sejak tahun 1977 dan masih lanjut cetak sampai sekarang.



#3 CORDELIA
Artist : Illah
Lokasi : Keizerstraat
Cordelia ini dilukis di dinding milik kampus Universitas Antwerpen, kelihatan banget kan ceritanya mengenai perempuan muda dengan karakternya.



#4 HENRIK CONSCIENCE
Artist : Jan Bosschaert
Lokasi : Wolstraat

Ini salah satu comic wall dengan tema yang lumayan berbeda dengan yang lainnya, kalau comic wall yang ini menceritakan mengenai seorang Hendrik Conscience, di tahun 1800an beliau adalah pioneer penulis literatur berbahasa Belanda di flanders.



#5 SUSKE en WISKE
Artist: Willy Vandersteen |
Lokasi : Korte Riddersstraat
Nah ini dia..Suske en Wiske ! Salah satu komik kesukaan saya dan suami, pertama kali saya melihat figur Suske en Wiske ini justru dari sketch suami saya yang dibuat saat dia berusia 10 tahun. Dasar ya orang Belgia keknya tangan nya sudah terlatih untuk sketching komik dari masih kecil juga.

Suske en Wiske ini selalu jadi saingannya Tintin, yang artinya ngetop banget di negara ini. Cetakkan pertama Suske en Wiske adalah pada tahun 1945. Hmm..kalau dilihat dari tahun nya berarti pas banget setelah Perang Dunia II selesai yah.
Komik Suske en Wiske bercerita mengenai fantasi, humor dan fiksi dari petualangan kedua bocah bernama Suske dan Wiske.
Comic wall Suske en Wiske ini diadaptasi dari sampul komik pertama yang terbit di tahun 1945 itu.



# 6 KLEURRIJKE STOET
Artist: Brecht Evens
Lokasi : De Oever
Comic wall yang satu ini dibuat oleh kartunis dan ilustrator Belgia, Brecht Evens, artis termuda yang mewakili generasinya dalam membuat koleksi comic wall di Antwerpen.
Brecht Evens ini lumayan terkenal karena prestasi nya bukan saja di negara Belgia tapi juga di dunia.
Lumayan susah untuk foto comic wall ini karena terhalang pohon-pohon besar dan kendaraan yang parkir di depan bangunan ini.



Masih ada lagi 4 koleksi comic wall lainnya yang ada di Antwerpen, nanti saya posting lagi di bagian ke 2 ya.
Oh ya kalau kamu kebetulan seorang pencinta komik dan berencana akan mengunjungi rute ini, bisa download peta di bawah ini untuk memudahkan pencarian.

Related Post : Graffiti Street Art in Lisbon, Portugal ---) Click Here

 via

                                 Let's get social: Twitter Instagram | Google+ 

You Might Also Like

4 comments

  1. Duh bagus-bagus banget, mereka buatnya totalitas banget yah kak. Besar >,<
    Aku belum pernah liat langsung wall art macam ini hksss, suka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh ini baru khusus mengenai comic wall nya, graffiti lainnya buanyakkk banget Put :-)

      Delete
  2. Haahhh, aku baru baca blog post ini! Ya ampun, menyenangkan sekaliiiii Antwerp!! Bisa pengsaaan gue kayaknya kalo jalan2 di sana saking gemesnya sama komik2 di dinding ituuuu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kamu pasti menggila deh hunting comic walls disini, ini aja baru di kota Antwerp ya, blm di Brussels yg jg banyak bgt comic walls nya :)

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan