Legenda Mesjid Bibi Khanum di Uzbekistan

By 2:00 AM , , , ,

Di postingan sebelumnya saya sempat membahas mengenai makam adikuasa Tamerlane, maka kali ini saya akan menceritakan legenda mengenai istri favorit Tamerlane yang kerap menjadi bahan pembicaraan banyak orang ketika berada di Samarkand.

Bibi-Khanum yang sangat cantik berasal dari negeri Cina, beliau adalah istri favorit dari Tamerlane yang memiliki 8 istri. Pada saat Tamerlane sedang berada di India, Bibi-Khanum merencakanan membangun bangunan mesjid yang sangat megah dan besar, rencananya mesjid ini sebagai kejutan ketika suaminya kembali ke Samarkand. 

Pilar dan keramik khas Uzbekistan dan Asia Tengah yang mendominasi mesjid Bibi Khanum di Samarkand
Pembangunan mesjid ini dibantu oleh arsitek dari Persia yang ditugasi membangun sebuah mesjid yang paling megah di Samarkand. Konon menurut legenda yang beredar, si arsitek terpukau dengan kecantikkan Bibi-Khanym dan menunda penyelesaian pekerjaan dengan cara apapun. 
Bibi Khanum sangat marah dengan keterlambatan karena suaminya akan kembali ke Samarkand sedangkan bangunan mesjid masih tidak siap. Ketika ratu meminta arsitek untuk bergegas dengan pembangunan masjid, arsitek memberi persyaratan bahwa bangunan akan siap tepat waktu, jika dia dapat mencium Bibi-Khanym.

* * *

Tamerlane yang saat itu kembali ke Samarkand sangat bahagia melihat bangunan mesjid yang besar dan mewah, namun di lain pihak ia pun tidak bodoh melihat dan mendengar gosip-gosip yang beredar mengenai arsitek yang kurang ajar itu. 
Akhir cerita menyebutkan bahwa arsitek itu tewas di tangan Tamerlane dan dikubur di bawah bangunan yang berfungsi sebagai perpustakaan. Sejak saat itu Tamerlane juga memerintahkan agar semua wanita menggunakan cadar.

Pada masanya kubah mesjid Bibi-Khanum merupakan kubah terbesar di dunia Islam, namun mesjid ini sempat mengalami kehancuran pasca gempa bumi 1897 dan baru direnovasi tahun 1970. Saat inipun banyak facade mesjid Bibi-Khanym yang memerlukan perbaikkan.

Mesjid Bibi Khanum di Samarkand, Uzbekistan

You Might Also Like

8 comments

  1. Setiap baca postingan kak Feb, aku ngerasa kembali ke peradaban yang lalu, seru banget jadi belajar sejarah laagi :)

    ReplyDelete
  2. sumpah..!! asia tengah itu keren-keren banget ya
    next destination sepertinya..jadi mupeng pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget...selalu ada cerita di setiap belokkan jalan kalau disana tuh, rasanya pengen explore more and more :)

      Delete
  3. Takjub liat pilarnya yang dihiasi sama keramik. Amazing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. details dan warnanya menawan bener kak, kayak balik ke masa jalan sutra :)

      Delete
  4. Idihhh.. Lagian si artsitek nepsongan bgt sih jd orang.. *lah napa esmosi yak* :D

    Megahh bener ya mesjid nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nekat emang, udah tauk lakinya penguasa, lah tau sendiri penguasa jaman dulu artinya pemenang kl perang :))

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan