Mari Membuat Sendiri Makanan Maroko

By 3:00 AM , , ,

Pengalaman traveling di Marrakech, Maroko yang cukup singkat namun menyenangkan membawa sejuta kenangan setelah perjalanan itu usai.
Sudah seminggu ini saya ingin sekali menikmati kuliner Maroko, tapi pengennya memasaknya sendiri di rumah, sambil mengingat-ingat kembali rasa dari menu makanan yang beberapa kali saya nikmati selama liburan di Marrakech.

Memasak menu makanan Maroko yang paling mudah adalah couscous dengan tagine daging domba. 
Couscous itu ibarat nasi kalau di Maroko dan negara Afrika Utara lainnya seperti Aljazair, Tunisia dan Libya.
Couscous itu sendiri seperti buliran halus yang terbuat dari semolina.
Sedangkan tagine seperti daging rebus dengan bumbu dan sayuran. Berbahan dasar daging ayam, kambing atau daging sapi. Tanpa daging pun bisa sih, ragam sayuran bisa menggantikannya.

Nah sore tadi untuk makan malam kami, saya mencoba membuat couscous dan tagine untuk pertama kalinya, sayangnya saya tidak memiliki alat memasak tagine yangterbuat dari keramik dan berbuntuk kerucut itu, namun dimasak di atas wajan biasa pun masih ok kok.

Piring bawaan dari Marrakech biar matching dengan menu nya :-))


Cara membuat couscous itu mudah sekali ternyata.

Untuk takarannya :
1 gelas air panas untuk 1 gelas couscous atau 2 gelas air panas untuk 2 gelas couscous.
Isi air panas tadi di wadah, lalu diikuti dengan couscous nya.
Aduk sampai couscous menyerap air panas itu.
Sebagai rasa tambahan air tersebut bisa diberi garam atau air nya diganti air kaldu.
Couscous siap dihidangkan.

sedangkan berikut cara membuat tagine daging domba khas Maroko.

Bahan membuat tagine daging :
1/2 kilo daging domba/kambing/sapi/ayam dipotong dadu sesuai selera
Aneka sayuran : paprika hijau, terung ungu, zucchini, daun ketumbar, daun mint, olive, kismis.
Minyak olive untuk menumis
Paprika merah : haluskan di food processor, bisa juga pakai pure tomat

Bumbu :
Bawang Putih 4 siung
Bawang bombay 2 siung ukuran sedang
Ketumbar halus 2 sendok teh
Paprika bubuk
Garam – Merica secukupnya
Saffron bubuk / jika tidak ada saffron bisa diganti dengan kunyit bubuk
1 ruas jahe

Cara Membuat :
Haluskan semua bumbu dan tumis di minyak olive yang panas
Masukkan daging pilihan ke dalam minyak tadi
Tunggu sampai daging sedikit berubah warna
Masukkan pure tomat atau paprika merah yang telah dibuat menjadi paste dengan food processor
Beri air secukupnya
Jika kira-kira daging sudah setengah matang, masukkan sayuran yang telah disiapkan.
Masak sampai matang.

Hidangkan couscous di piring lalu tuang tagine di atas couscous tersebut, beri daun mint segar di atasnya. Selamat mencoba :-) 

Mari Membuat Sendiri Makanan Maroko

Couscous dan Tagine Daging Domba

You Might Also Like

18 comments

  1. Kak ... kamu bisa masak ???? #penasaran #laludisambit

    ReplyDelete
    Replies
    1. u named it deh mau makanan apa, gw bikinin buat lu :))

      Delete
  2. Replies
    1. pernah lihat kalau di Jakarta couscous ada dijual di foodhall Senci :)

      Delete
  3. aku bingung, couscous itu rasanya kayak apa sik kak Feb? dari foto bentuknya serupa nasi yah, sekarang sering banget denger couscous dipake semenjak acara Masterchef hehehe,
    btw ituu platenya canttiikkk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat light kayak antara gandum dan nasi, kalau nasi kan berat ya efek nya, kl couscous lebih ringan...enak deh pokoknya :)

      Delete
  4. aku bingung, couscous itu rasanya kayak apa sik kak Feb? dari foto bentuknya serupa nasi yah, sekarang sering banget denger couscous dipake semenjak acara Masterchef hehehe,
    btw ituu platenya canttiikkk :3

    ReplyDelete
  5. Mau cobain dong :9 Kayak apa rasanya masakan maroko yang ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suruh madame mu bikin dong Mi, tuh udah resep nya :-)

      Delete
  6. makasih resepnya kak .. di coba yahh .. yakin bakal enak ga ya? #mikirkeras :D

    ReplyDelete
  7. aku slalu percaya, piring yg cantik dan sesuai ama makanannya, slalu bisa naikin napsu makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Fann, mata juga perlu selera ya :-)

      Delete
  8. Enak banget kalau ditambah chickpeas biar ada tekstur crunchy-nya :3

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan