MAS Antwerp, Not To Be Missed

By 2:11 PM , ,

View from 10th floor MAS Antwerp


Beberapa waktu lalu kami mendapatkan kesempatan dari Visit Antwerp untuk mengelilingi kota Antwerp selama 3 hari. Rasanya seperti jadi turis di kota tinggal sendiri karena masih ada saja pelosok kota yang belum pernah kami lewati atau museum-museum yang belum pernah kami masuki. Kadang pikirnya kan ah museum-museum itu kan gak bakal pindah kemana-mana, jadinya kayak take it for granted deh.

Dalam jangka waktu 3 hari itu, saya kepengen banget konsen ke rute wall art bergambar komik dan juga mempelajari kota Antwerp melalui museum-museum yang ada di kota ini.
Menurut website Visit Antwerp, Antwerp adalah rumah bagi 19 museum, nah lho gimana baginya waktu 3 hari itu coba kan? :-) Saya pun menargeti akan mengunjungi 8 museum dan benar-benar akan menikmatinya dengan tidak terburu-buru.

MUSEUM AAN DE STROOM (MAS)
MAS ini sebenarnya telah saya kunjungi saat museum ini baru saja buka untuk umum pertama kali beberapa tahun yang lalu, saking terpesonanya akan isi yang dipamerkan di museum ini, maka kesempatan kali ini pun saya masih menempatkan di daftar no 1 sebagai museum yang wajib dikunjungi lagi. Kalau ditanya apa gak bosen balik lagi ke museum yang sama? Eitss jangan salah, MAS ini selalu ada special exhibition dengan tema yang berbeda setiap saatnya.
Seperti kunjungan saya kali ini, MAS memamerkan koleksi sejarah peta yang pernah dibuat manusia dengan judul The World in A Mirror.


Selama berabad-abad, manusia telah mencoba membuat ukuran besar planet Bumi dalam format yang lebih kecil, yaitu peta dunia.
Peta dunia adalah refleksi dari semangat zaman mengikuti masa nya, pada masa abad pertengahan, peta dunia itu diisi dengan gambar monster ataupun tokoh-tokoh dongeng, ngeliat peta seperti buku komik yang penuh dengan ilustrasi.





Eksplorasi pun kian memperluas cakrawala sampai akhirnya globe pun diciptakan. Sekarang, berkat peta satelit Google, sepertinya kita tahu hampir semua tentang dunia. Saya melihat banyak pengunjung yang membawa anak-anak kecil mereka yang dengan seksama memperhatikan peta-peta kuno sampai ke peta satelit, inilah fungsi museum yang sebenarnya, tampilannya yang dibuat menarik dengan setting yang sempurna membuat pengunjung betah berlama-lama disini, anak-anak sekalipun.

The World in A Mirror - Exhibition in MAS Antwerp

MAS memiliki 9 lantai (plus rooftop) dengan tema berbeda di setiap lantainya. MAS ini bisa dibilang lebih dari hanya sekedar museum, di lantai paling atas para pengunjung bisa menikmati restoran berbintang Michelin dan juga panorama kota Antwerp dari ketinggian. Belum lagi bangunan museum ini bukan saja sekedar bangunan tapi merupakan monumen kebanggaan, terlihat seperti batu bata yang disusun ke atas, very eye catching. Design interior ini terinspirasi dari bangunan gudang pada abad ke 16.
Lalu di sekeliling bangunan MAS tersedia alun-alun, tempat orang bertemu dan duduk santai saat cuaca hangat.

The unique building of MAS, as well now a famous monument in Antwerp




You Might Also Like

1 comments

  1. Wihh pasti lah yah kalo museum kece gini bakalan bikin betah :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan