Yerevan, Ibukota Armenia yang Mempesona

By 2:00 AM , , , ,

Yerevan, Ibukota Armenia yang Mempesona

Nama Armenia seakan tenggelam dibalik prestasi pariwisata negara-negara tetangganya, banyak telinga yang tidak pernah mendengar nama ini dan banyak telunjuk yang bahkan tidak dapat menunjukkan di atas peta dimana Armenia itu berada.

Yerevan bisa menjadi angkah awal menyusuri Armenia yang mempesona ini, Yerevan yang adalah merupakan salah satu kota tertua yang berpenghuni di dunia. Terletak di sepanjang Sungai Hrazdan, Yerevan merupakan pusat administrasi, budaya, dan industri negara.

Mungkin saya salah satu wisatawan yang menggangap remeh kota ini sebelum saya tiba, dan kemudian mata pun harus terbelalak melihat kenyataanya. Semua nampak teratur, semakin malam semakin meriah, walaupun udara yang tidak hangat benar tapi orang lokal padat memenuhi jalan dan kafe-kafe teras yang ramai dikunjungi, saya berasa sedang berada di Paris dan bukan berada di ibukota dengan nama yang nyaris tak terdengar ini.


Republic Square, Yerevan

Republic Square adalah alun alun kota terbesar di Yerevan tempat berkumpulnya segala usia, musik dengan volume kencang yang terdengar dari ujung jalan membuat saya tertarik mendatanginya, ternyata sedang ada fountain show, air mancur meliuk-liuk mengikuti irama musik yang dipasang bersamaan dengan lampu warna warni.

Siapa sangka di Republic Square ini merupakan alun-alun kebanggaan Soviet kala itu, patung Lenin pernah berdiri tegak dan kemudian dihancurkan saat Armenia memerdekakan diri. 
Republic Square yang berbentuk oval ini dikelilingi bangunan-bangunan penting pemerintahan seperti kantor Menteri Keuangan dan kantor Menteri Luar Negeri, lalu di depan air mancur nampak The National Gallery dan History Museum.

Mungkin daya tarik wisata paling mengesankan di pusat kota Yerevan adalah Cascade yang adalah tangga-tangga menuju puncak bukit dimana Victory Park berlokasi. Dibangun pada tahun 1971 dan baru diselesaikan tahun 2009.
Tersedia kursi-kursi taman di setiap tangga nya dan serangkaian pameran seni, sehingga menaikki tangga-tangga tinggi di Cascade tidak terasa akan rasa lelah.
Tiba di atas Cascade pada malam hari akan lebih terlihat menarik karena Anda dapat melihat pusat kota dari ketinggian dengan semaraknya lampu-lampu.

Meriah kan ibukota Armenia ini, manfaatkan fasilitas visa on arrival untuk Armenia bagi kita pemegang paspor Indonesia! 
Cara membuat e-visa Armenia, bisa di cek disini : 

Victory Park Yerevan, Armenia


You Might Also Like

1 comments

  1. Mau nyantai di Republic Square juga dong~~ suasananya menyenangkan sekali itu :D

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan