Euphoria Menonton Langsung Tour de France 2015

By 11:41 PM , , ,

Jika belum ada rencana traveling maka salah satu aktifitas yang seru dilakukan adalah traveling sambil duduk di sofa, baik itu nonton film yang banyak dilakukan di destinasi tertentu atau nonton program traveling dari TV travel channel.
Nah kalau bulan Juli seperti sekarang aktifitas traveling gratis sambil duduk di sofa yang biasa saya lakukan adalah menikmati Tour de France, acara balap sepeda paling bergengsi di dunia. 



Mengapa saya suka banget nonton Tour de France sudah pernah saya tulis disini juga. 

Tahun ini turnamen Tour de France memasuki tahun ke 102, dimana dimulai pertama kali pada tahun 1903 dan saat perang dunia terjadi, Tour de France absen dari rutinitasnya.
Rute dari Tour de France setiap tahunnya berbeda-beda, mayoritas memang di Prancis tapi sering kali dimulai dari negara tetangga Prancis, dan tahun ini dipilihlah kota Utrecht  di Belanda sebagai kota pembuka etape 1 dari Tour de France tahun 2015. 


Yang membuat saya sangat semangat untuk lebih menikmati Tour de France tahun ini adalah karena pada hari ketiga yaitu etape 3, rute nya dimulai  dari kota saya tinggal, Antwerpen. 
Kebayang gak sih betapa seru nya saya menyambut hari ini, ngebayangin kalau salah satu bucket list  akan siap saya beri checked list karena misi telah dilakukan. Iya, salah satu dari bucket list itu adalah menonton Tour de France secara langsung, berada di tengah-tengah keramaian nya dan membuat foto dari kamera saya sendiri :-) 

Acara pertama setiap étape nya adalah registrasi sekalian perkenalan dari masing-masing peserta, acaranya dilakukan di depan alun-alun balai kota Antwerpen pada pukul 12:10 tepat, tapi karena saya datangnya menjelang acara dimulai sudah dipastikan area tersebut ramai dipenuhi orang. Saya hanya bisa melihat beberapa peserta dari kejauhan atau dari layar besar monitor yang dipasang. 

Acara pembukaan dan registrasi para peserta Tour de France 2015
via

Lalu saya menuju Het Steen, kastil kebanggaan Antwerpen. Di depan area kastil Het Steen inilah nantinya para peserta balap sepeda nantinya akan memulai perjalanan pertama mereka. Wah ternyata area ini pun sudah dipenuhi orang. Akhirnya saya lanjutkan lagi mencari rute asik untuk nonton, enaknya kota ini kan semua bisa dilalui jalan kaki ya, jadinya saya bisa mengira-ngira jalanan yang kosong akan penonton. 

Etape 3 akan dimulai di area kastil ini, masih sejam sebelum dimulai sudah dipenuhi para penonton

Setelah berjalan sekitar 15 menitan dari area kastil, saya melihat banyak polisi berjaga-jaga, lengkap dengan tali pembatas polisi. Wah untung jalanan ini tidak banyak penontonnya, akhirnya saya pun menunggu disitu, rejeki :) 



Tepat pukul 01:10, étape 3 dimulai dan sekitar 5-7 menit tiba-tiba jalanan yang kosong mendadak ramai dengan mobil-mobil team pendukung pesepeda, lengkap dengan pihak keamanan, emergency auto dan 219 sepeda mulai melewati satu persatu. 

Saya beneran seperti starstruck melihat para pesepeda kelas dunia itu mengayuh sepeda mereka hanya kurang dari 20 meter dari depan muka saya. Saking ramainya mereka lewat secara bersamaan bikin saya hilang fokus sambil nyari-nyari mana si Fabian Cancellara,  Alberto Contador, Christopher Froome, mana si Nairo Quintana...`OMG ternyata saking panik dan exciting nya saya malah hilang fokus, ternyata nonton balap sepeda itu cepat sekali ya mereka lewatnya, ya iyalah namanya juga balapan:p 

Euphoria Menonton Langsung Tour de France 2015

Euphoria Menonton Langsung Tour de France 2015

Euphoria Menonton Langsung Tour de France 2015 - Etape 3


Setelah mereka melewati jalan tempat saya menunggu, saya buru-buru pulang supaya bisa melihat siaran langsung kelanjutan melalui TV nasional. Sekarang menonton Tour de France melalui televisi tentunya tidak sama seperti dulu, kali ini saya benar-benar seperti berada di tengah para penonton yang menyaksikan mereka berpacu secara langsung, euphoria nya akan selalu saya kenang. 

Tour de France : Mission Accomplished !! ✔








You Might Also Like

5 comments

  1. aku blm prnh nonton begini langsung.. ngeliat dr tv jujur aja bosenin sih..mungkin krn aku jg ga gitu suka naik sepeda;p.. tp sprti kamu bilang mba, euphorianya beda kali ya nonton lgs ama ga... kyk bola aja, aku mah males bgt kalo udh diajakin suami nobar... tp pas Liverpool 2thn lalu dtg k jkt, dan kita nonton di GBK, itu bedaaa bgt rasanya ^o^.. dan aku suka ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu di Indonesia juga begitu, tapi pas nyampe disini sekali waktu nonton di TV, komentator nya ngejelasinnya seru banget, begitu juga dengan panorama yang dilewati oleh rute Tour de France yang tiap tahun beda ini, sejak itu deh aku jadi kecanduan nonton, seru banget buat idea liburan kemana karena mereka skalian promosi tourism Prancis dengan meliput area yang dilewati dengan sangat details, kastil2 nya aja dijelasin mengenai apa....:)

      Delete
  2. seru bangetttt...gw belom pernah nonton olah raga apapun secara LIVE, hahaha karena gw pemalas ga demen olah raga kecuali renang berendem2 cancik


    Just posted : Mengajukan Visa Rusia | The Traveling Cows

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak berarti gw bersepeda jg deh Var ha ha ha

      Delete
  3. aku pernah nonton finish mereka di Champs Elysees tahun lalu... walaupun mereka cuma lewat bablas gitu aja, tapi udah seneng banget bisa nonton penutupannya :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan