Kuliner Yunani Wajib Dicoba

By 2:00 AM , , ,



No doubt kalau kuliner Yunani itu salah satu kuliner favorit saya di Eropa, kalau boleh milih antara kuliner Prancis, Italia atau Spanyol , biasanya saya akan memilih Yunani dan baru setelah itu Spanyol. Kebetulan di Antwerpen banyak sekali restoran Yunani yang rasanya super enak, restoran langganan kita namanya Mandraki, pemilik dan semua staff nya orang Yunani asli, pokoknya berasa di Yunani kalau ke Mandraki ini. 

Jelas selama di Yunani kami pun sangat menikmati kuliner lokal nya, kami selalu mencari taverne yang isinya orang lokal, biasanya sih memang agak-agak masuk gang gitu yah, karena kalau yang di area turis biasanya tourist trap walaupun mereka menjual suasana. Tapi tidak ketika di Yunani, we want to have a good food, suasana urusan kedua. 

Saat di Athena kami beruntung sekali menemukan taverne yang kita sudah bayangkan sebelumnya, kebetulan letaknya tidak jauh dari AirBnb yang kita inapi dan tidak jauh juga dari Arcropolis Museum. Restorannya sederhana sekali tapi dipenuhi bapak-bapak tua lokal yang sedang asyik ngopi, lalu beberapa ibu yang asyik ngobrol. Di depannya ada papan hitam bertulis menu of the day yang mereka siapkan. Padahal sebenarnya saat itu kita tidak terlalu lapar, tapi ngebayangin Greek salad, garlic potatoes, dan baked lamb, duh pertahanan rasanya runtuh juga. 

Kuliner Yunani kaya akan beragam bahan makanan, sinar matahari yang menyinari negara ini sepanjang tahun membuat bahan pangan memberikan kualitas nya yang terbaik.

#Greek Salad
Salad khas Yunani itu memang tidak ada yang ngalahin deh, potongan tomat, ketimun, olive, irisan bawang bombay lalu keju feta. Terdengar sederhana ya, tapi kualitas bahan salad yang sederhana itulah yang menjadikan Greek Salad ini menjadi sangat special. 
Tidak perlu topping macam-macam, lupakan mayonaise, karena cukup perasan lemon segar dan minyak olive saja topping dari Greek Salad ini. 

Greek Salad  ⎟ Kuliner Yunani Wajib Dicoba
                        

#Mousakka
Tahu lasagna kan? Mousakka itu anggap saja deh lasagna nya orang Yunani, namun dengan variasi yang lebih menarik, selain pasta yang dipanggang, ada juga lapisan terong dan kentang yang dipotong tipis, daging cincang, saus tomat dan taburan keju. 

#Souvlakki
Souvlakki itu sebenarnya sate, dijual nya juga sebagai fast food dan dapat dibeli di pinggir jalan. Harganya murah namun rasanya enak sekali. Souvlakki biasa ditemani dengan kentang goreng, salad atau dimasukkan di dalam roti. 
Souvlakki itu ada yang dari daging domba, ikan, babi dan ayam. 

#Grilled Sea Food 
Ikan hasil pancingan hari ini, kepiting, udang, cumi cumi yang semuanya sebelum dibakar terlebih dahulu di marinated dengan bahan yang sangat sederhana  yaitu minyak olive, sea salt dan perasan lemon. 

Grilled Sea Food  ⎟ Kuliner Yunani Wajib Dicoba



#Tzatziki
Salad berwarna putih seperti saus ini sepintas mirip dengan tartar sauce. Tzatziki adalah yoghurt Yunani yang dicampur dengan irisan ketimun, bawang bombay, olive oil, oregano dan perasan jeruk lemon. Rasanya segar sekali seperti acar kalau di Indonesia.

# Gyros
Sama seperti Souvlakki, Gyros itu bisa dibeli dimana saja dan murah sekali. Kurang dari €2 biasanya harga Gyros ini untuk porsi besar yang ngenyangin. 
Gyros itu mirip dengan doner kebab, irisan daging panggang yang dimasukkan ke dalam roti, lalu diberi saus sesuai pilihan, biasanya garlic sauce. Lalu salad segar dan potongan bawang bombay. Komplet lah. 

Gyros € 1,75 saja dan bikin kenyang  ⎟ Kuliner Yunani Wajib Dicoba








Restoran di area Monastiraki yang menyajikan Gyros, Souvlaki, Kebab dalam satu sajian.
Porsi besar seharga €14 lengkap dengan roti dan salad. Bisa dinikmati berdua jika mau. ⎟ Kuliner Yunani Wajib Dicoba




You Might Also Like

10 comments

  1. Ngiler ngebayangin saladnyaaa. Literally ngiler. :-9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius Dan segar dan enak banget, sehat pula ya :-)

      Delete
  2. Lasagna tapi pake terong ???? #LagiNgebayangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali ke restoran Yunani mas, di Bali ada Mykonos tuh enyakk..

      Delete
  3. budgetnya berapa ya untuk 4-5 hari gitu ke Yunani. sy jg baru belajar bikin situs referensi jalan2 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung lifestyle nya gimana mas, kalau di situs kedutaan ditulis minimal 34 euro/hari di luar akomodasi dan transportasi..balik lg ke gaya hidup nya :)

      Delete
  4. Ngiler sm makanannya :9 tp kayanya ga bkln prnh bsa ksana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kenapa? kan nama kamu traveling nekad, mestinya optimis dong :)

      Delete
  5. Duh tengah malam baca postingan ini, bikin perut merinding ,,, lapar mata dan lapar perut :-D

    Btw, tampaknya masakan Yunani ini sehat-sehat ya?

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan