Paphos, Tempat Lahir Dewi Cinta Aphrodite

By 6:21 PM , , ,



Paphos, Tempat Lahir Dewi Cinta Aphrodite




Berada di Siprus dan Yunani mesti menyiapkan telinga dan otak benar-benar karena banyak sekali cerita mitologi Yunani kuno yang kerap menjadi bagian sejarahnya, legenda para dewa dewi dan berbagai bentuk raksasa merupakan agama bagi bangsa Yunani kuno. 

Paphos menjadi sangat unik dan sayang jika dilewatkan jika Anda berada di Siprus karena Paphos adalah ibukota Siprus sewaktu dikuasai bangsa Romawi dan menjadi tempat kedudukan prokonsul, serta mendapat kepercayaan untuk mencetak koin tembaga. Kota ini juga hancur oleh gempa bumi yang terjadi tahun 15 SM. 
Dan dari sisi cerita legenda, Paphos dipercaya merupakan tempat lahir dan rumah bagi dewi Aphrodite si dewi cinta, kecantikkan, dan sensualitas.

Aphrodite dideskripsikan sebagai wanita cantik dan memiliki banyak kekasih. Legenda bagaimana Aphrodite lahir ada berbagai versi, versi pertama disebutkan bahwa Aphrodite adalah anak dari Zeus, raja dari segala dewa yang juga menguasai langit dan petir, jika versi ini dipercaya maka Aphrodite berarti saudara perempuan dari Hercules, sayangnya versi ini kalah tenar dengan versi lainnya yang menyebutkan bahwa Aphrodite dilahirkan dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh Titan Kronos dan dilemparkan ke laut. Alat kelamin itu ditutupi oleh buih laut ( aphros ) dan dari buih-buih itulah Aphrodite dalam wujud wanita dewasa muncul.


Jangan tanya saya mengapa Aphrodite disebut sebagai dewi cinta, mestinya kalau dibaca legenda mengenai dirinya, yang paling tepat bisa dibilang Aphrodite ini dewi selingkuh, pacarnya banyak sampai Zeus khawatir mengetahui fakta bahwa banyak dewa-dewa yang saling merebutkan Aphrodite. Zeus pun menikahkan Aphrodite dengan Hefaistos, dewa pandai besi, namun Aphrodite tetap bernafsu berselingkuh dengan Ares si dewa perang. Walaupun demikian sampai sekarang dewi Aphrodite banyak dijadikan simbol kelanggengan pernikahan dan rumah tangga bagi para pemujanya.

Fragmen saat Aphrodite  berselingkuh dengan Ares lalu dijebak oleh Hefaistos
via

Kalau ceritanya dilanjutkan lagi jadi mirip-mirip seperti sinetron beneran, perselingkuhan tersebut diketahui oleh Helios Dewa Matahari yang akhirnya membeberkan kepada suami Aphrodite. Tuh kan mirip drama sinetron ya :-) 

Balik lagi ke cerita semula mengenai lokasi dimana Aphrodite hadir melalui buih-buih laut, dengan bantuan cangkang kerang menibakan Aphrodite di darat pada wilayah selatan Paphos - Petra tou Romiou. Area ini menjadi salah satu spot paling favorit para wisatawan yang berada di Paphos entah Anda mempercayai legenda atau tidak, bagaimanapun Aphrodite adalah dewi bangsa Siprus yang diagung-agungkan. 

Hari itu ketika kami berada di atas tebing untuk melihat Aphrodite's rock, kami dianugerahi udara pagi yang menyenangkan, angin yang sejuk, matahari yang benderang, kontras dengan warna laut yang terlihat seperti memiliki 50 shades of blue, reflek saya mengabadikan panorama di depan muka ini, entah berapa kali tombol shutter saya tekan. 





Petra tou Romiou memang memukau, tak perduli sejarah perselingkuhan yang dilakukan Aphrodite, rasanya siapapun yang berada disana akan mendadak merasa jatuh cinta, ditambah lagi pemandu wisata yang menemani saya terus-terusan menyakinkan para tamu nya jika di bawah bulan purnama kami berenang mengelilingi karang Aphrodite itu, kelak kami akan menjadi awet muda :)

Aphrodite yang menjadi simbol ikonik dan primadona bangsa Siprus dapat terlihat di halaman paspor nasional Siprus, pro dan kontra akan keputusan ini karena ditakutkan akan menyinggung beberapa negara. 




You Might Also Like

11 comments

  1. ini sih cerita sinetron banget XD kalau cerita dewa dewi sukanya cerita herkules sih aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh karena Hercules sering muncul2 di film2 yah :-)

      Delete
  2. Suka banget ceritanya, baru tahu juga fakta kalo aphrodite situkang selingkuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah doyan selingkuh, ke gap pula ha ha ha

      Delete
  3. ga jago nih si aphrodit ;p.. blm pro jd playgirl nya :D... suka bgt mba kalo dgr cerita2 legenda gini... apalagi kalo udh dtgin tempatnya lgs ya... wiih, aku lgs berasa pgn baca lg legenda2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ngasih tahu dewa matahari pula, lah iya lah ya dia pasti bisa ngelihat kemana aja kan :))

      Delete
  4. I love Aphrodite, selingkuh tapi dijadiin simbol abadinya cinta kasih hahaha

    ReplyDelete
  5. Dewi selingkuh aja jadi lambang cinta ya kak,
    gimana istri yg solehah kayak aku #perez ehehehehee :p

    ReplyDelete
  6. (((Dewi Selingkuh)))
    hahaha iya juga ya, lebih tepat julukan itu
    tapi aku paling suka dengan film-film mitologi yunani semacan wrath of the titans, serial hercules, xena, dll. menarik! beruntungnya bisa lihat langsung tempat2 bersejarah di yunani & cyprus kak

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan