Pesona Wisata Kota Athena di Yunani

By 1:00 AM , , ,

There is nothing like coming to a familiar place for the second time and feel like you never left it, bener gak sih? Mungkin pernyataan ini cocok diberikan untuk Yunani, negara yang selalu menghiasi buku-buku pelajaran karena mitologi kuno nya, sampai sekarang pun televisi selalu menceritakan mengenai Yunani, apakah itu mengenai wisata nya atau masalah keuangan yang membuat mereka bangkrut. Siapapun akan langsung familiar jika mendengar kata Yunani, meskipun belum pernah mengunjunginya secara langsung. 

Ibukota Yunani ini memang bukan pertama kalinya kami datangi, walaupun  demikian Athena tidak pernah kehilangan pesona sehingga kami tidak pernah mati kebosanan berlama-lama tinggal di kota ini. 

Kali ini saya dan suami tiba di Athena dari negara Siprus, lebih dari 2.200 kilometer dengan menggunakan pesawat berdurasi hampir 2 jam. Athena yang adalah ibukota Yunani adalah hub penting yang menghubungkan pulau-pulau di Yunani lainnya, entah itu menggunakan pesawat atau kapal feri. 


Meski bukan pertama kalinya tiba di Athena, playing tourist tetap dong ya harus banget dilakukan. Saya membeli tiket masuk Acropolis seharga €12 untuk 6 situs, sebenarnya tiket ini multi tiket yang bisa dipakai terusan selama 4 hari di 6 situs tersebut ( museum tidak termasuk ). Pokoknya jangan kuatir bakal bangkrut masuk ke situs-situ kuno di Athena karena pada dasarnya harga tiket nya sangat murah dibandingkan dengan apa yang akan kita lihat dan pelajari melalui situs-situs tersebut.


ACROPOLIS & PARTHENON
Banyak yang masih bingung perbedaan Acropolis dan Parthenon, sesungguhnya Acropolis adalah nama bukit dimana terdapat kuil Parthenon. 
Arti Acropolis adalah bukit tertinggi.
Arti Pethanon adalah perawan/virgin, kuil yang didedikasikan untuk dewi Athena, pelindung kota Athena pada abad ke 5 SM. 

Parthenon di Acropolis ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani


Menurut sejarah pada sekitar abad ke 6, Parthenon sempat digunakan sebagai gereja, dewi Athena yang dipuji-puji tergantikan oleh hadirnya Perawan Maria. Lalu lagi-lagi fungsi Parthenon berubah ketika pasukan Ottoman Turki menduduki Yunani, Parthenon pun berubah menjadi mesjid.

Parthenon saat saya kunjungi masih terus berbenah diri, tiang penyanggah terlihat dimana-mana, dimaklumi karena usia nya yang tua perlu perawatan selalu.

Pemandangan kota Athena dari atas bukit Parthenon terlihat seperti kotak kubus berwarna putih yang seragam, cantik walaupun kenyataannya tidak demikian jika kita berjalan di antara gang-gang rumah-rumah itu. 

Nampak kota Athena dari atas Acropolis ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani



THEATRE OF DIONYSUS 
Cikal bakal dunia teater yang terletak di bukit Acropolis ini sesuai namanya didedikasikan untuk dewa Dionysus yang dalam metologi Yunani kuno adalah dewa kesuburan dan minuman anggur.

Sayang sekali karena saat saya berada disana amphitheatre ini sedang melakukan rehearsal pergelaran suatu acara lengkap dengan orkestra nya sehingga saya hanya bisa melihat dari ketinggian tanpa bisa masuk ke dalamnya, tapi tak mengapa karena walaupun demikian saya telah mampu membawa pikiran saya terbang menembus kembali ke peradaban sambil membayangkan musik indah dari musik harpa yang dimainkan demi menyenangkan hati raja.

Amphitheater ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani


TEMPLE OF OLYMPIAN ZEUS
Temple of Olympian Zeus dikenal sebagai kuil terbesar di Yunani dimana diperlukan hampir 7 abad untuk menyelesaikannya, dimulai pada abad 515 SM atas perintah Peisistratos dan di bawah kepemimpinan Kaisar Hardian pada abad 132 SM, kuil itu akhirnya selesai dan didedikasikan untuk Zeus Olympios. Dalam metologi Yunani, dewa Zeus adalah dewa yang paling terkenal dan diagungkan diantara dewa dewi lainnya.

Kuil Penyembahan untuk dewa Zeus ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani

 Pesona Wisata Kota Athena di Yunani

Kuil Penyembahan untuk dewa Zeus ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani



Kuil yang dapat kita lihat sekarang ini hanya sebagian saja dari aslinya, atau hanya 15 kolom pilar dari total 104 yang pernah ada.

Temple of Olympian Zeus ini adalah situs di Athena yang paling sepi pengunjung, letaknya memang di pinggir jalan dan hanya dibatasi pagar yang bisa dilihat dari luar sehingga banyak pengunjung yang segan untuk membeli tiket masuk ke dalam. 


ANCIENT AGORA
Ancient Agora dulunya adalah pasar dan pusat sipil, tempat berkumpulnya orang-orang berbicara tentang politik, bisnis, kejadian terkini, cuaca, filosofi dan lain-lain. Agora sendiri berarti tempat yang terbuka/open space, as the name suggests, most of it is a large open public space, with scattered austere ruins and it forms a pleasant stroll if the weather isn’t too hot.

Jika tertarik dengan demokrasi kuno Yunani sebenarnya dapat ditelusuri dari tempat ini karena dari sinilah demokrasi itu berasal mula. Demokrasi yang berasal dari kata Demokratia ( Demos = Rakyat & Kratos = kekuatan ) berarti 'kekuasaan rakyat'.




TEMPLE OF HEPHAESTOS
Dari Ancient Agora, jika kita pandangkan arah pandang ke atas bukit, maka akan terlihat Temple of Hephaistos yang megah, sepintas mirip Parthenon hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Kuil ini memiliki 34 Doric kolom yang menyanggah atap. 
Temple of Hephaistos disebut sebagai kuil terbaik yang masih terlihat seperti aslinya. 
Pada abad ke 7, kuil ini sempat digunakan sebagai tempat beribadah gereja.

Kuil Hephaistos ⎟ Pesona Wisata Kota Athena di Yunani





You Might Also Like

2 comments

  1. kmrn itu aku beli novel ttg Roma.. tp di dalamnya juga banyak berhubungan dgn yunani... baca sejarahnya lgs pgn ngebayangin gmn org2 dulu kehidupannya... dr novel sih, org2 jaman dulu di sana keras, amat sangat suka bersaing, dan kalo udh bunuh2an, sadisnya ngalahin jack the ripper :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama lah kek jaman sekarang Fann, power-money-politic !

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan