Panduan Singkat Mengunjungi Museum Angkut di Kota Batu

By 2:00 AM , , , ,


Hallo pembaca Jalan2Liburan, dengan Meidiana Kusuma disini, saya pemilik travel blog www.geretkoper.com yang akan mengambil alih blog Jalan2Liburan kali ini. Saya ingin bercerita mengenai Museum yang sedang hits sekali di Indonesia saat ini yaitu Museum Angkut di Kota Batu, Jawa Timur. 



Jika biasanya beberapa museum lain dinilai membosankan dan sepi pengunjung, beda cerita dengan museum satu ini. Sewaktu saya tahu harga tiket masuk di Museum Angkut yang sampai 75 ribu untuk akhir pekan saja saya terkejut bukan main, karena seingat saya harga paling mahal masuk beberapa museum di Jakarta atau kota-kota besar lain yang paling tinggi hanya belasan ribu rupiah. 
Memang apa sih yang ditawarkan museum ini? kok bisa pengunjungnya banyak banget dan bisa menjual harga semahal itu?

Karena rasa penasaran tersebut, akhirnya saya merencanakan berkunjung ke Malang beberapa bulan yang lalu. Ditemani dua blogger lain Ci Debbie dan Ko Halim, kami berkendara menuju kota Batu. Wisata di daerah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan di Kota Malang loh. Selain ada museum ini, ada juga taman bermain Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular dan yang terbaru adalah Museum Tubuh. 

Memasuki daerah museum, saya sudah disambut dengan sebuah badan pesawat yang belum sempurna dirakit dan replika pesawat ulang alik. Pintu masuk utama museum sengaja dibuat menyerupai pintu masuk menuju Boarding Room bandara, seru yah. 

Ruang pertama yang dijumpai pengunjung nampak seperti sebuah hanggar besar yang penuh dengan bermacam-macam alat transportasi, dari motor-motor vintage, mobil-mobil tua kece, replika pesawat tempur yang digantung di langit-langit, hingga kereta kuda koleksi kesultanan Jogja. Saat sedang memperhatikan beberapa koleksi sepeda tua di Museum ini, saya dikejutkan dengan merk salah satu sepeda, disitu tertulis "Harley Davidson" ternyata sebelum terkenal sebagai produsen motor gede terkenal saat ini, Harley Davidson juga pernah memproduksi sepeda loh. Hal lain yang menarik, diruangan ini juga terdapat helikopter kepresidenan pertama milik Indonesia.




Beranjak menuju tingkat atas, pengunjung dapat berjalan menuju balkon luar untuk dapat berfoto dengan replika pesawat ulang alik sekaligus melihat pemandangan kota Batu dari atas. Di ruangan berikutnya terdapat alat transportasi tradisional seperti bermacam-macam becak dari penjuru negri, replika kapal laut kayu seperti kapal Phinisi dan Borobudur, eh ada replika kapal Titanic juga. Udah selesai sampai di situ aja? NO, perjalanan di museum ini justru baru dimulai, setelah ruangan ini justru banyak ruangan / display menarik yang dibuat secara khusus agar pengunjung dapat benar-benar merasakan sedang berada di tempat tersebut.

Jack, Rose, Where are you?

Di mulai dari diorama Kota Tua jaman dahulu, lengkap dengan dekorasi pintu masuk stasiun Jakarta kota tempo dulu, suasana pelabuhan sunda kelapa hingga toko-toko di daerah pecinan (Chinatown). Ruangan berikutnya akan membuat pengunjung nampak seperti berada di daerah barat tempat para gangster dan teater Broadway. Seru banget foto-foto di sini, sewaktu saya unggah ke media sosial beberapa teman sempat tidak percaya kalo itu masih di Indonesia. Selanjutnya pengunjung akan diajak berkeliling Italia, Perancis, Jerman, Inggris dan kota-kota di Amerika Serikat dari Las Vegas hingga Hollywood. Tampak luar area bernuansa negara Inggris ini sengaja dibuat menyerupai istana Buckingham dan di dalamnya ada juga patung lilin Ratu Elizabeth II. Pada area terakhir yang dibuat menyerupai Hollywood terdapat patung raksasa Hulk yang badannya terbuat dari besi-besi sekilas jadi terlihat seperti Hulk ala transformer.






Ternyata 4 jam menjelajah museum tersebut benar-benar tidak terasa dan sepertinya ini menjadi rekor kunjungan terlama saya di museum. Luas museum yang begitu besar ditambah ruang-ruangan yang seru dan koleksi yang menarik membuat saya paham mengapa tempat ini bisa memiliki harga tiket masuk semahal itu. Saya sendiri tidak henti untuk selalu merekomendasikan tempat ini kepada teman-teman yang akan berkunjung ke Batu. Gimana? masih ga percaya kan kalo di Indonesia ada museum sekece ini?


Tips Selama Berada di Museum Angkut - Kota Batu

1. ) Fasilitas toilet di museum ini ada banyak dan informasi toilet di lokasi selanjutnya selalu ada di toilet sebelumnya.

2. ) Museum ini juga cocok untuk orang-orang yang menggunakan kursi roda, dari lantai bawah ke atas menggunakan elevator, sedangkan jalanan selanjutnya sama sekali tidak ada tangga.

3.) Apakah Museum Angkut itu kids friendly ? 
Pastinya, di beberapa areal terdapat aktifitas untuk anak-anak, misalnya permainan tebak suara, permainan kereta di ruang istana Buckingham hingga aktifitas mewarnai di sebelah double decker bus.

4. )  Di dalam museum terdapat restoran cepat saji namun jika ingin makan makanan lain, saran saya makan terlebih dahulu di Pasar Apung Nusantara, sebuah "food court" di areal depan Museum Angkut yang menyediakan bermacam menu nusantara.

5. ) Hindari mengunjungi museum ini di akhir pekan karena jumlah pengunjung akan sangat padat

6. ) Ada biaya tambahan jika membawa poket kamera / DSLR, untuk menghemat gunakan saja kamera HP.


Museum Angkut
Jl. Terusan Sultan Agus Atas No.2
Kota Wisata Batu - East Java

Yang ingin menanyakan lebih lanjut mengenai Museum Angkut di Batu ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komen atau menghubungi Meidi di
www.geretkoper.com
Twitter : @geretkoper
 Instagram  : https://instagram.com/meidianakusuma/
G+  +Meidiana Kusuma 

You Might Also Like

6 comments

  1. Kids friendly...iyaaah pake banget, cocok nih buat liburan edukasi anak2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh jangankan anak-anak, aku aja sukaa banget heheheheh

      Delete
  2. Duhh sayang bgt tadi cek harga kreta yg murmer tgl 24 sept ke malang abis, padahal dah mupeng bgt nih pen explore museum dan tempat lain yg keknya lagi heits.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo-ayo cari tiket promo kak, ada museum tubuh juga yang lagi tenar

      Delete
  3. Aku belom kesinii~~ jadi pengen pulkam terus melipir ke malang deh~

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan