Pesona Pantai Merah Santorini dan Tebing Lava

By 1:13 AM , , ,


Related post:

Postingan ketiga mengenai Santorini dan masih belum ada tanda-tanda saya bakalan majang foto kubah gereja biru itu, kenapa? Karena sesungguhnya Santorini bukan hanya kubah biru seperti yang sering kita lihat di poster, wallpaper di laptop, google image dan foto-foto Instagram nya cicik Syahrini baru-baru ini:))

Seperti pada postingan kali ini, saya mau cerita mengenai Red Beach di Santorini. Saya ingat sekali komen pertama ketika saya upload foto red beach di Instagram saya adalah : 'Ohhh ada ya pantai seperti ini di Santorini?'




Jangan berharap pasir putih yang halus di Santorini karena sejarah vulkanik nya, namun Santorini punya pantai dengan nama 'pantai merah' lengkap dengan tebing berbatuan lava yang juga merah. 
Red beach di Santorini ini terletak dekat Akrotiri dan untuk sampai ke bawah pantai nya membutuhkan usaha lebih karena tebing yang masih dibiarkan alami, demikian juga trail nya, jangan kaget kalau banyaknya kerikil-kerikil merah kecil membuat langkah menjadi lebih rawan terpeleset, taruhan deh Syahrini gak mungkin nyampe kemari, seperti saat itu ketika saya sampai di atas tebing paling atasnya, tempat pemberhentian terakhir dengan landasan yang aman dan datar dipenuhi oleh turis Taiwan, ada kali 50 an orang disana, tapi tidak ada satupun yang berani turun karena ya itu tadi landainya kontur tanah menuju bawah pantai. 







Syukurlah karena kondisi nya yang demikian pantai pun menjadi sepi, hanya 3 pasang (mungkin) kekasih yang asyik menikmati sinar matahari, bermain ombak, mengumpulkan pasir merah di botol kecil untuk koleksi, pokoknya fun sekali apalagi saya tiba disitu jam 10 pagi an sehingga masih bisa bebas memilih bagian pantai mana yang akan saya tempati seharian, mulai jam 12 siang ke atas barulah pantai ramai seperti pasar kaget.


pasar kaget, ramai banget kalau di atas jam 11 siang itu, ditambah lagi pantai nya gak gak luas-luas amat juga kan.

trail yang seadanya dipenuhi turis naik dan turun dari tebing ke bawah pantai, datang sebelum jam 11 siang supaya belum ramai seperti ini


Tebing merah yang terbentuk dari lava mengitari sekitar pantai memang unik punya, walaupun cukup berbahaya karena bisa kapan saja landai, dan sayangnya pemerintah lokal tidak menutup tebing dengan jejaringan untuk sedikit mengantisipasi jika musibah landai terjadi. 







If you want to act like a snobs, bisa ikutan tour catamaran yang bakalan hopping on off di beberapa pantai, dimulai dari red beach lalu white beach (white beach ini gak bisa dilewati dengan berjalan kaki, pilihan hanya bisa dengan kapal saja), dan juga berhenti di hot spring.  
Di setiap pemberhentian bisa snorkelling dan berenang-berenang cantik. Tour seperti ini berakhir dengan menyusuri caldera di area Oia, scenic sekali.

Rate untuk catamaran day time cruise ini sekitar €100 an sudah termasuk insurance, bbq lunch, wines dan snack. Sebenarnya sih harganya reasonable karena tour ini berlangsung selama 5 jam an.

Catamaran day tour atau jika ingin lebih adrenalin, ada kayak tour juga

Kapal umum ini bisa mengantar para turis yang ingin mengunjungi white beach dan black beach dari red beach ini,  hanya dengan 5 euro.



Travel tips :

Bagaimana cara mudah menuju Red Beach ? Untuk kamu yang mengandalkan jasa bus umum selama di Santorini, naiklah bus dari terminal bus di Fira dengan tujuan Akrotiri lalu berhenti di pemberhentian terakhir atau di Akrotiri Archeological Site, dari sini menuju Red Beach bisa berjalan kaki sekitar 10 menit jalan santai. 
Harga tiket bus ini adalah €1.40 dan dibayarkan melalui kondektur bus tersebut, iya bus-bus di Santorini ada kenek nya lho :-)







You Might Also Like

9 comments

  1. Kerennyaaaa. Suka deh ngikutin blog ini. Hihihihi.
    Btw kenapa malah rame siang-siang ya? Di sana gak sepanas Indonesiakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kamuuu kemana aja baru suka masaaaa...aku tersinggung ha ha ha ha

      xixixi ga tahu kenapa baru pada nongol siang2 gitu, pada mau nge sunset juga kali, kalau summer sunset nya jam 9 an soalnya :) panas juga, maksimal 30 deh kalau di Santorini, Athena yg parah kalau summer..

      Delete
  2. Aaakkkkk, aku gak sempat ke Red Beach!
    Mbak berapa hari di Santorini?

    hihihi... Hampir aku jadi snob di Milos, karena tadinya mau tour catamaran.. tapi batal jadi snob, karena angin terlalu kencang waktu itu, jadi tournya gak jalan..
    padahal pengen tau naik catamaran tuh gimana rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. auwww sayang banget ya Vir, tp kamu mah kemana-mana juga ya sebulan itu, puas pastinya :)

      catamaran's snob ha ha ha

      Delete
  3. waahhh panasnya udh kebayang :D... aku g bgitu suka pantai sbnrnya... krn panasnya itu sih mba ;p... tp kalo sekedar liat foto2nya kayak punya mba gni, seneng bgt... ngebayangin cakepnya gmn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh gak bisa ke Yunani dong kalau gak suka pantai xixixix

      Delete
  4. Sementara aku nge-post pink beach, Kak Feb nge post Red Beach. Gileee keren gitu pasirnya! Aaaak SANTORINI!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. o iya aampunn aku baru ngeh.....Pink Beach di Komodo tapinya gak kalah lho kak, asli suwer :)

      Delete
  5. Pasirnya bikin sakit kaki ga sih? *pertanyaan apa ini* hihi.. Penasaran aja.. Cantik banget yah merahnya..

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan