Pilihan Kuliner Halal di Singapura

By 1:00 AM , , , ,


Hallo pembaca Jalan2Liburan, dengan Debbie disini, saya pemilik blog www.debbzie.com yang kali ini akan sharing mengenai referensi makanan-makanan halal di Singapura. Siap-siap tahan perut yah :)

***

“Apa sih makanan yang enak tapi halal di Singapura?” Paling sering dapat pertanyaan kayak gini dari teman atau kerabat yang mau pelesir ke Singapura.

“Uhmm….apa yah? Susah, nih jawabnya.” Sambil garuk-garuk kepala dan berpikir keras.

“Ohhh! Susah, ya, cari makanan enak dan halal di sana?”

“Bukannnn. Maksudku saking banyaknya makanan enak, jadi bingung mau sebutin yang mana duluan. Hehehe.”


Seriusan! Kadang aku beneran bingung kalau ditanya tentang rekomendasi kuliner enak di Singapura. Karena biarpun negara ini ukurannya mungil, namun bisa dibilang untuk kulinernya kaya rasa dan warna budaya. Hal ini merupakan dampak dari penduduknya yang berasal dari beragam etnis seperti Melayu, China, Arab hingga India.

Nah, saking banyaknya buat dijelasin satu per satu dan nggak mungkin muat dalam satu blog post aja…kali ini aku mau share tentang makanan favorit aku setiap kali berkunjung ke Singapura. Beberapa kuliner yang dilabeli oleh penduduk lokal Singapura sebagai ‘die die must try lah’.


Hainanese Chicken Rice

Salah satu Singapore’s national dishes yang bisa ditemukan hampir di semua hawker centre di seluruh penjuru negeri. Cara menemukannya gampang banget. Deretan ayam rebus yang putih nan montok ini digantung di balik display kaca untuk menarik perhatian pengunjung. Disajikan dengan kuah kaldu dan nasi mengepul panas yang dimasak dengan kaldu ayam, sedikit parutan jahe dan daun pandan. Nggak perlu diragukan lagi sedapnya aroma yang menggelitik hidung dan membuat perut merengek minta diisi. Daging ayamnya empuk dan juicy saat dipotong, namun tidak lembek. Rasanya yang gurih berpadu sempurna dengan saus sambal yang tajam. Aseli! Saking enaknya mengunyah jadi nggak sadar udah habisin nasi sebakul #lebay



Roast Duck

Marilah sejenak kita lupakan kadar kolesterol. Masa iya nggak ngiler waktu lihat bebek panggang dengan kulit cokelat mengkilap yang eksotis ini? Kriteria bebek idamanku (uhmm, sounds wrong tapi ya sudahlah) adalah dagingnya empuk dan bumbunya meresap mulai kulit, daging hingga ke tulang. Selain itu kulit tipis renyah dan nggak terlalu banyak lemak juga penting. Racikan bumbu dari star anise atau pekak, kayu manis dan cengkeh ini bikin aroma bebek harum dan manis. Di hawker centre biasanya ditawarkan paket bebek beserta nasi, sayur, kuah kaldu, sambal dan acar cabe hijau. Siraman saus pekat yang agak kental di atas daging bebek juga bikin citarasanya lebih mantap.



BBQ Chicken Wings

Ini, nih, makanan yang paling sering aku pesan kalau lagi di food court atau hawker centre. Sayap ayam yang sudah direndam bumbu hingga berjam-jam dipanggang perlahan di atas arang api hingga berwarna cokelat keemasan. Kulitnya garing, gurih dan smoky. Saat digigit dagingnya terasa empuk dan kaldu gurihnya langsung meleleh di lidah. Oh la laaaa! Rasa umaminya bener-bener nagih. Bisa dinikmati sebagai snack atau dimakan bersama nasi putih hangat dengan cocolan sambal dan kucuran jeruk limau #RIPDiet



Assorted Satay

Pasti sudah familiar banget, kan, kalo sama makanan yang bernama sate ini. Secara di Indonesia juga hampir setiap daerah punya menu sate yang khas. Bedanya di Singapura, sate bisa dipesan per tusuk dan dalam satu porsi bisa dicampur beberapa macam daging seperti ayam, sapi dan kambing. Untuk penyajian juga hampir sama, sih. Ditemani bumbu kacang, ketupat dan irisan mentimun. Menurutku rasa bumbu kacangnya lebih cenderung ke asin gurih, nggak seperti bumbu sate Indonesia yang lebih manis karena dicampur dengan banyak kecap manis.



Chilli Crab

Buat penggemar seafood rasanya dosa besar, lho, jika melewatkan menu yang satu ini. Yakin bisa tahan godaan saat seekor mud crab berukuran jumbo bersimbah saus merah duduk manis di depan kamu? Daging kepiting tebal nan manis berbaur sempurna dengan kombinasi gurih pedas segar dari saus yang terbuat dari tomat, sambal dan telur kocok untuk mengentalkan. Jangan lupa memesan mantau atau roti sepan goreng buat menemani hidangan kepiting ini. Tekstur roti yang lembut dengan rasa sedikit manis menyatu sempurna saat dicocol dalam saus kental yang gurih. Oh! So finger licking good!



Hokkien Prawn Mee

Perpaduan mie kuning dan bee hoon tebal dimasak dalam kaldu udang dan ditambahkan telur, potongan cumi-cumi serta udang segar. Kebayang kan gurihnya? Suka banget dengan tekstur mie serta bee hoon-nya yang dimasak al dente alias masih kenyal. Disajikan di atas daun Opei atau kulit pohon palem lunak agar hidangan lebih wangi. Sambal dan sedikit perasan ait jeruk limau juga nggak boleh ketinggalan, lho; biar lebih nendang kalau kata orang Indonesia.



Uncle Ice Cream

Biarpun sudah ada kenaikan harga dari S$ 1 ke S$ 1.50 tapi tetap aja termasuk street food yang murah meriah. Uncle ice cream ini paling cocok dinikmati siang pas lagi panas banget setelah capek jalan-jalan. Pilihan rasa ice creamnya beragam mulai dari yang standart kayak vanila, cokelat, strawberry sampai rasa durian, peppermint dan jagung. Setelah pilih rasa ice cream kemudian tinggal pilih mau roti tawar atau potongan waffer tipis buat menjepit ice cream potongnya. Setahu aku ada 2 brand yaitu Wall’s dan Magnolia. Kalau aku, sih, lebih cocok rasa ice cream yang Magnolia.



Rojak

So shiok! Yah, kira-kira begitu komentar yang keluar dari mulutku waktu pertama mencicipi rojak Singapura. Berbeda dari rujak manis yang biasa aku makan di Indonesia, selain berisi buah-buahan segar seperti nanas, jambu, mangga muda, bengkoang dan apel; terselip juga potongan youtiao atau cakwe dan tahu yang digoreng kering. Selain itu ditambahkan sayuran seperti kangkung, mentimun dan taoge. Untuk sausnya, bahan dasar yang tidak boleh ketinggalan adalah irisan kecombrang yang diaduk bersama dengan gula merah cair, petis udang, air jeruk nipis, asam dan sambal. Setelah dicampur rata dengan potongan buah, baru ditambahkan taburan kacang tanah. Bila suka, kamu bisa tambahkan juhi kering juga. Saking enaknya, bisa dibilang makanan ini yang bikin aku selalu ingin balik ke Singapura.



Nah, ini hanya beberapa dari banyak makanan Singapura yang aku suka. Meski setiap trip ke sana hanya stay paling lama seminggu, tapi dijamin jarum timbangan makin condong ke kanan gara-gara terlalu rajin makan. 

Well, kalau kamu apa makanan favorit di Singapura? Share juga, yuk!


Oh ya! Kalau tertarik membaca pengalaman travelling dan kulinerku di negara-negara lain, boleh lho mampir ke blog aku di www.debbzie.com
atau follow twitter @twitdebbzie dan instagram @debbzie_leksono

See you there ! :)




You Might Also Like

26 comments

  1. Bener banget, susah nyebutin makanan enak di Singapura sana. Hihihi. Jalan-jalan deket hotel pasti ada yang jualan makanan kios dan rata-rata halal pas ditanya :D

    ReplyDelete
  2. alamaaaak itu kepiting bisa segede itu?? nggak di kasih anti kolestrolnya sekalian mbak? :D

    ReplyDelete
  3. Saya blm pernah nyobain chili crab di singapur krn memang ga suka pedes, tapii kayanya mesti banget yah nyoba itu, jd penasaran :)

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin request nggak mau terlalu pedes gitu ya. Awas ketagihan :p

      Delete
  4. Chili crabnya bikin ngiler, belum pernah nyobain klo ke Singapur soalnya khawatir mahal XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lebih mahal sih dibanding makanan lainnya. Mungkin karena ukuran kepitingnya yang beneran jumbo, ya :)

      Delete
  5. Wah lihat fotonya jadi lapar euy.. hehehehe btw, kalau ke spore cari makanan indo, datang aja ke lucky plaza ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, kadang melipir ke Ayam Penyet Ria di Lucky Plaza :D

      Delete
  6. Kenapa aku harus buka ini dalam kondisi lapar? :((((

    ReplyDelete
  7. why Roti Prata tak masuk ni? hehehe...nggak lengkap nggak makan Prata kalo ke Singapore :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum tahu nih tempat roti prata yang enak di Singapore. Share donkkkk :)

      Delete
    2. So far klo pas kesana nyarinya pasti si Prata ini, dr di Upper Bukit Timah, sekitaran Mustafa sm Spize...mnrtku yg paling enak di Spize ya :) slain buka sampe pagi buta, pelayanannya jg cepet gpl hehe

      Delete
  8. makanan-makananya bikin menggoda, siap santap

    ReplyDelete
  9. Aku mau chilli crab nya, eh laksa ngak ada yaaa ???

    ReplyDelete
  10. laksa aku juga sukaaaaa. Ini cuma segelintir dari segudang makanan Singapore yang aku suka :))

    ReplyDelete
  11. makananya membuat aku lapar -___-

    ReplyDelete
  12. Ohwggg my God, itu kok enak2 semuanya hahaha
    Salam kenal Debbie :)

    ReplyDelete
  13. Kalau Debbie yang foto sih makanan biasa aja jadi luar biasa!
    Kok enggak ada Murtabak Zam Zam di posting ini Kak Deb? Belum afdol itu...hahahaha...

    ReplyDelete
  14. bebeknya mantappp, *ngecesss 2 ember
    masuk bookmark deh, kali aja besok ke singapur, nyari makanan halal jadi gampang :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan