Toko Buku Atlantis di Santorini, Salah Satu Toko Buku Tercantik Dunia

By 3:10 PM , , , , ,



Deretan daftar berjudul "toko buku dengan desain interior terbaik", "toko buku terindah di dunia", "toko buku yang bakal mengubah kehidupan", "bookstores too beautiful for words", apapun judul fenomenal nya pastilah ada nama toko buku Atlantis di dalam daftar tersebut. 

Sewaktu di Santorini sebenarnya saya lupa untuk memasukkan toko buku ini ke daftar kunjung saya di Oia, sampai akhirnya justru tidak sengaja melewati bangunan seperti goa kecil yang di cat warna kuning mustard. Facade nya sangat eye catching tentunya langsung mengalihkan pandangan. 


Membawa pulang buku kami #MenghirupDunia ke Santorini, di salah satu bab di Menghirup Dunia ada cerita dengan latar belakang kota romantis ini. Have you got this book ? :-)



Pintu kecil yang mengarahkan ke beberapa anak tangga ke bawah, disanalah letak toko buku  yang difavoriti banyak orang di dunia khususnya mereka yang mengaku kutu buku. Atlantis bookshop has a rustic look, the proper feeling of Santorini! I love the paintings and personal handwritten notes on the wall,  it looks like it was meant to be a place for people to enjoy and discover. I have a problem struggling on my reading goal, I know, but who doesnt love visiting a good charming bookstore when traveling hah?

Atlantis Book Shop Santorini


Hanya seorang pria berkacamata sedang sibuk mengetik di atas keyboard laptopnya. Gak ada kata selamat siang, kalí̱ méra atau hallo, dia benar-benar sibuk sendiri, ah tak mengapa, mungkin toko buku ini sudah ramai dibicarakan orang, service of excellence? who cares! Tapi sungguh, bukan ucapan welcome yang saya pusingkan, toko buku ini memang hidden gem, gimana gak kalau disitu saya nemu buku Winnie the Pooh yang ditanda tangani langsung oleh penulis nya AA Milne di tahun 1929, buku yang pastinya dicari banyak kolektor ini dijual seharga €2000 atau setara dengan 30 juta rupiah. Dan ribuan buku lainnya (kebanyakkan fiksi) yang memanggil-manggil untuk dibeli.

Atlantis Book Shop Santorini


Toko buku Atlantis yang berdiri sejak tahun 2004, merupakan usaha meraih impian beberapa anak muda beda negara, membuka toko buku yang belum pernah ada sebelumnya di Oia. Singkat cerita toko buku ini lambat laun menjadi sangat terkenal. 

Saya serahkan beberapa buku yang saya beli disana kepada si pria tadi, 'oh maaf, dari tadi saya tidak sempat menegur Anda, how are you?' tanyanya.
Benar saja, pria asal Mississippi  USA yang ternyata adalah Craig Walzer,  salah satu pemilik toko buku Atlantis ini menyampaikan kegundahan nya karena toko yang disewa selama 10 tahun ini memiliki masalah besar yaitu sang pemilik bangunan berencana akan menjual bangunan rumah itu kepada pembeli yang baru, tidak tanggung-tanggung mereka at least perlu 1 juta Euro mengimbangi supaya tidak jadi jatuh ke tangan orang lain dan dana itu diperlukan dalam jangka waktu 5 bulan atau Toko buku Atlantis yang dicintai itu harus pindah dari sana.



Drama yang menyedihkan ini tentunya bukan sekedar fiksi, saat menulis ini saya belum tahu lagi perkembangannya, saya mengintip di website nya,  mereka sepertinya sibuk dengan Caldera Art dan Literature Festival di awal bulan September 2015 mendatang. Apakah ini salah satu upaya mereka mengumpulkan dana, entahlah. 

Untuk kalian yang ingin support Toko buku Atlantis supaya tetap bertahan, jika kebetulan berada di Oia Santorini, silahkan mampir , siapa tahu ada buku yang disuka untuk dibeli.

Toko Buku Atlantis
702
Kyklades
Greece

Telephone
+30 22860 72346

Email
hello@atlantisbooks.org

 
our stamps collection during our journey
one of the book I bought, souvenir from Atlantis Book Shop Santorini


You Might Also Like

20 comments

  1. Aduhhh sayang banget kalo sampe tutup yah :( mahal juga itu buku poohnya sampe 30jt :o

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku nya ditandatangani sama pengarang nya langsung Van, tahu sendiri udah tua banget buku Winnie the Pooh itu :)

      iya sayang ya kalau sampai tutup atau pindah tempat, secara lokasi yang sekarang juara banget

      Delete
  2. Sayaa suka toko atau pasar buku baru/bekas. Cita-citanya kalau berkunjung kemana aja musti mampir, semoga toko ini ga kejual keorang lain dan tetap bertahan sebagai toko buku ya *benar2berharap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ru, semoga ya !
      Emang deh toko buku atau pasar buku walaupun loak itu punya nyawa banget, ambiance nya luar biasa !

      Delete
  3. sedih ya kalo toko buku sekeren ini sampe tutup :(
    pengen terbang ke Oia langsung deh rasanya *minjem jet pribadinya Syahrini*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha terbang buru2 ke Oia mau ngapain Dit ? :))

      Delete
  4. Keren banget tokonya ya. Semoga bisa ditahan dan tetep ada sampe aku ke Santorini. Hehe. Mimpi aja dulu.
    Mustinya Kak Feb tinggalin buku Menghirup Dunia pake ttd penulisnya disini. Siapa tau laku beberapa puluh juta juga:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sapa tahu ya kak??? iya ahh nanti ke Santorini bawa buku ku ha ha ha

      Delete
  5. alamak 30 juta? dan buku dari 1929 masih ada??? giling nih koleksinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. see? keren yah...kalau collector pasti langsung dibeli :)

      Delete
  6. TOKO BUKU!!! SANTORINIIII!!!! Oh wah Kak, impianku sekali ituuuuu. Such a beautiful photos! Wish I can be there, soon :)

    ReplyDelete
  7. Ini yang dinamakan traveling sesungguhnya. Mengunjungi tempat-tempat di luar lokasi wisata yang dikerubuti turis dari berbagai belahan dunia, menyelami, serta melebur menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat.

    Salah satu hal yang membuatku ingin traveling ke luar negeri adalah mengunjungi toko buku uniknya. Unik yang saya maksud adalah bangunan toko buku tersebut memiliki unsur art di dalamnya. Kamu pasti paham apa yang aku maksud. Heheh. Satu contohnya, ya, Toko Buku Atlantis ini.

    Dan tentunya nggak sekadar berkunjung. Pastilah agenda berikutnya setelah mengitari seantero bangunan toko buku adalah membeli kenangan berwujud buku.

    Kapan-kapan, kalau kita ada waktu bertemu, aku pengin lihat dan baca Winnie the Pooh-mu, ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ratri untuk komen nya, semoga bisa mampir ke Toko buku Atlantis ya :)

      Delete
  8. Aaaa.. Belum beli.. Maafkann.. akhir bulan pasti dimasukkan ke list :D

    ReplyDelete
  9. sayang banget kalo toko ini sampe tutup, tunggu saya kesanaaa dong hihihihi kelamaan yak :P
    btw Menghirup Dunia ini dr kmrn melambai manja dibenak saya, hmmm baiklaaaah....segera meluncur ke toko buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun belum punya? ih kebangetan ah ahhahaha

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan