Domus Maria - When Monastery turned into a Hotel in Lithuania

By 12:21 PM , , ,

Domus Maria - When Monastery turned into a Hotel in Lithuania 


Selain kuliner, salah satu hal yang juga tidak kalah pentingnya saat merencanakan perjalanan adalah pencarian hotel. Semakin unik hotel itu tentunya akan makin menarik untuk menginap disana atas nama 'one life time experience'.  Sebut saja hotel bekas penjara di Helsinki, tampilan eksterior seperti penjara tidak diubah sama sekali, namun tetap dengan sentuhan luxurious ala hotel. 

Saat di Vilnius, Lithuania, dari internet saya lumayan surprise menemukan hotel Domus Maria yang letaknya juara yaitu di tengah-tengah kota tua, dan yang lebih menariknya lagi adalah hotel ini dulunya adalah biara. And what I like the most about Europe adalah mereka tidak pernah menyembunyikan sejarah, mau itu bangunan bekas penjara yang horror kek, bekas biara yang misterius kek, mereka justru menampilkan sejarah sebagai daya jualnya, bahkan di website nya mereka dengan terang-terangan menuliskan sejarah nya secara lengkap. 



Gedung biara yang ditempati hotel Domus Maria ini dibangun sejak tahun 1621 oleh mayor kota Vilnius. Di lantai dasarnya terdapat ruang utama yang terdiri atas ruang makan, sel-sel para biarawan, gudang, tempat pembakaran roti, dapur, dan sisa lantainnya hanya terdiri akan sel tempat tidur para biarawan.
Monastery ini menderita hebat saat perang di pertengahan abad 17 sampai ke awal abad 18, mereka pun sempat tutup dan akhirnya bangunan nya dijadikan sekolah khusus anak perempuan pada tahun 1861 - 1915. 
Sejarah bangunan ini terus berganti-ganti fungsi, dari biara, lalu sekolah khusus anak perempuan, hostel untuk wanita, dan kemudian berubah lagi menjadi craft workshop yang didukung oleh Lithuania Charity Society. 



Tahun 2003 Domus Maria Hotel pun hadir dan tetap beroperasi sampai sekarang. Kita tiba di hotel Domus Maria sekitar jam 8 malam, taksi yang telah saya pesan dari hotel sebelumnya menyampaikan kami sekitar 30 menit dari bandara. 
Lokasi juara yang saya baca di review hotel di Trip Advisor memang juara sekali, pas di tengah jantung kota tua, selemparan batu dari Gates of Dawn, salah satu spot penting di Vilnius. 

The surrounding of Domus Maria Hotel - exactly side by side with Gate of  The Dawn


Proses check in berjalan sangat mulus, kamar yang diberikan sangat spacious dengan jendela yang langsung menghadap ke kubah gereja dan loncengnya. Jadi ya kalau mau buat dosa, mesti banget itu jendela ditutup gorden ;-)
Demi menjaga esensi sejarah bangunan ini, di beberapa dinding kamar dibiarkan tidak disemen dan di cat, dinding tua itu sebagai tanda mengenang sejarah awal mula bangunan ini ada.

Bagaimana dengan kamu? Suka tertarik dengan bangunan hotel yang bersejarah dan tua seperti ini gak ? :-)



Window view

captured from our bed




DOMUS MARIA HOTEL - VILNIUS, Lithuania



You Might Also Like

7 comments

  1. lagi-lagi eropa-eropaannya biki ngiri. lithuania.. :")
    dosa apa kah yang mau dibuat sampai harus tutup gorden? :)

    ReplyDelete
  2. Entah karena bacaan sejarahnya atau karena emang fotonya kok berasanya dramatis banget ya ini hotel? Trus baca komen di atas. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ceritanya kali ya, tp serius deh nyaman banget tempat nya :)

      Delete
  3. hahahaha... si jev sok polos amat ;p.

    mba2, kamu prnh nginep di hotel yg bekas tempat pembunuhan ato pembantaian gitu ga sih? ato prnh ngalamin yg ga enak alias mistis pas nginep di hotel :)?

    ReplyDelete
  4. wow langitnya indah sekali, bikin mata fresh nih, hehehe

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan