Panduan Lengkap Liburan ke Selandia Baru Bagi Pemula

By 12:30 AM , ,


Hai pembaca setia jalan2liburan, perkenalkan nama saya Bijo pemilik blog www.bawangijo.wordpress.com yang akan berbagi informasi tentang liburan di Selandia Baru. 

Panduan Lengkap Liburan ke Selandia Baru Bagi Pemula


Sampai saat ini saya rasanya saya nggak pernah bosan membicarakan tentang Selandia Baru. Negara yang dengan populasi 4 juta orang ini memiliki panorama alam yang mempesona. Pegunungan dengan puncak diselimuti salju, danau berwarna turquoise, padang lupin ungu, hamparan perbukitan dan rerumputan hijau, pantai dan laut biru yang membentang dengan luas serta hutan hujan, semua dapat dijumpai di Selandia Baru. 
Saking kerennya pemandangan di Selandia Baru saya berasa seperti sedang menatap lukisan atau foto wallpaper yang ada di layar komputer  di hadapan mata.  




Tiket Pesawat
Banyak yang bilang kalau liburan ke Selandia Baru itu mahal. Hmm memang benar sih, liburan ke Selandia Baru sama mahalnya dengan liburan ke Eropa. Kalau dibandingkan harga tiket pesawat fullboard airlines ke beberapa negara di Eropa jauh lebih murah daripada tiket pesawat budget airlines ke Selandia Baru. Saat ini belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Selandia Baru. 
Namun ada beberapa alternatif untuk memilih penerbangan ke Selandia Baru, yaitu dengan menggunakan fullboard airlines yang transit di negara yang menjadi basis maskapai tersebut, atau dengan menggunakan budget airlines yang biasanya transit di salah satu kota di  Australia.

Untuk meminimalisir biaya tiket pesawat, kita dapat mengakali dengan mengkombinasikan rute penerbangan dengan rute tertentu, misalnya dari Denpasar ke Christchurch atau Auckland,  namun harus transit terlebih dahulu di salah satu kota di Australia. 
Biaya tiket kombinasi ini berkisar antara 8-11 juta rupiah, ini sudah yang paling murah. Untuk transit walaupun tidak keluar dari pemeriksaan imigrasi, kita harus memiliki visa transit Australia. 
Untuk mengecek pergerakan harga tiket pesawat saya menggunakan website Kayak dan Skyscanner.



Pengurusan Visa Selandia Baru
Untuk mengajukan permohonan aplikasi visa turis Selandia Baru dapat diajukan melalui pusat aplikasi visa Selandia Baru di VFS Global New Zealand, Mall Kuningan City lantai 2. Saat mengajukan permohonan aplikasi visa pastikan kamu telah melengkapi semua persyaratan yang tertera pada website imigrasi Selandia Baru. Biaya aplikasi visa turis adalah sebesar 2 juta rupiah (Bulan Oktober  2014).

Permohonan Visa Transit Australia dapat diajukan di VFS Global Australia, Mall Kuningan City lantai 2. Loketnya bersebelahan dengan loket pusat aplikasi Selandia Baru. Biaya visa transit Australia gratis, kita hanya harus membayar biaya layanan visa oleh VFS.
Musim

Selandia Baru adalah negara 4 musim yang terletak di belahan bumi bagian selatan yang musimnya kebalikan dari belahan bumi bagian utara. Puncak musim panas di Selandia Baru berlangsung pada bulan Desember sampai Januari. Namun walaupun sedang musim panas, suhunya tetap aja dingin buat ukuran orang Indonesia. 
Saat saya tiba di Christchurch di bulan Desember 2015, saya disambut oleh udara dengan temperatur 8-11 derajat celcius, brrrrr.
Kalau bepergian saat musim panas pastikan kamu membawa sunblock atau sunscreen SPF 30+, saya nggak pake sunblock waktu ke Selandia Baru dan alhasil kulit muka saya kebakar dan ngelupas. Musim gugur di Selandia Baru berlangsung pada bulan Maret-Mei, di musim gugur ini lebih banyak hujan, sebaiknya sedia payung selalu ke mana pun kamu pergi. Sedangkan untuk musim dingin di Selandia Baru berlangsung pada bulan Juni-Agustus dan musim semi bulan September-November.  



Atraksi Wisata Gratisan versus Berbayar
Belum ke Selandia Baru kalo belum nyobain bungee jumping, kalo kamu punya nyali kamu bisa bungee jumping di Selandia Baru. Selain bungee jumping kamu juga bisa skydiving, shotover jet, ski, glacier heli hike dan atraksi berbayar lainnya. Kalo ogah rugi, banyak sekali tempat yang bisa didatangi dengan gratis. Kamu bisa hiking atau trekking, mulai dari trek yang paling mudah sampai yang medannya sulit dan membutuhkan waktu berhari-hari.




Transportasi selama di Selandia Baru
Transportasi umum antar kota di Selandia Baru terbilang cukup jarang. Keliling Selandia Baru lebih nyaman dengan mengendarai mobil sewaan supaya kita bisa bebas berhenti dan ambil foto di tempat yang keceh. 
Banyak perusahaan penyewaan mobil yang tersedia di Selandia Baru. Perhatikan dengan seksama pada saat memesan mobil sewaan secara online, jangan lupa menambah biaya asuransi yang mengcover semua biaya kerusakan apabila terjadi sesuatu yang nggak diinginkan,  supaya perjalanan road trip menjadi tenang dan tidur pun nyenyak. 
Rambu-rambu lalu lintas di Selandia Baru sangat mudah untuk dipahami, lampu lalu lintas jarang ada di pelosok, hanya ada di kota besar. 
Walaupun jalanan sepi jangan pernah coba-coba untuk melanggar batas kecepatan dan rambu-rambu lalu lintas, karena saya pernah ditilang saat sedang berkendara  di Selandia Baru.


Akomodasi di Selandia Baru
Ada banyak pilihan akomodasi yang tersedia di Selandia Baru mulai dari hotel berbintang, apartemen, motel, holiday park, lodge, hostel, atau kalau tahan dingin bisa tidur di tenda di camp site, kalo masih nggak rela bermalam di tenda bisa juga tidur di mobil dengan menggunakan sleeping bag. Bangun-bangun di pagi hari langsung disambut pemandangan alam yang keren.


Adaptor dan Koneksi Internet
Tegangan listrik di Selandia Baru menggunakan tegangan 230/240 volt. Adaptor di Selandia Baru menggunakan adaptor tipe I, colokan bercabang dengan 2 pin, sama dengan Australia. Untuk koneksi internet, ada penginapan yang memberikan fasilitas koneksi internet secara cuma-cuma dan ada pula yang membayar. Kita dapat membeli voucher paket data yang harganya bervariasi dan hanya dapat digunakan di lingkungan penginapan yang berlaku sesuai dengan harga paket yang dibeli.


Domba, domba, domba dan anjing laut
Selandia Baru dikenal sebagai negara dengan populasi domba terbanyak dibandingkan dengan populasi penduduknya. Setiap melewati peternakan di perbukitan yang ada di bayangan saya adalah, Shaun The Sheep, kali aja Shaun The Sheep ini syutingnya di Selandia Baru hehe. 

Selandia Baru bukan cuma buat pecinta pemandangan aja, Selandia Baru juga surganya pecinta binatang. Selain domba dan sapi, di Selandia Baru kita juga dapat melihat anjing laut (New Zealand Fur Seal atau Kekeno dalam bahasa Maori) yang sedang berjemur dalam jarak yang sangat dekat di beberapa wilayah, seperti di Milford Sound, Kaikoura Peninsula dan Ohau Point. Paus pun dapat dilihat di Kaikoura tapi harus menggunakan kapal atau helicopter yang biayanya tidak sedikit.





Custom dan Imigrasi di Selandia Baru
Custom Selandia Baru jauh lebih ketat daripada custom Australia, sebelum berangkat ke Selandia Baru kamu bisa ngecek informasi mengenai barang yang boleh dan tidak boleh dibawa di website http://www.customs.govt.nz/Pages/default.aspx 
Jangan lupa untuk mendeclare semua barang bawaan kamu, kalo nggak yakin sebaiknya ceklis aja dan biarkan petugas yang memeriksa dan memastikan apakah kamu akan melewati antrian khusus atau tidak.
Untuk mengetahui jenis visa yang kamu butuhkan kamu bisa mengeceknya melalui website http://www.immigration.govt.nz/



Travel Tips
Kalau hanya memiliki waktu singkat untuk mengunjungi Selandia Baru sebaiknya pilih salah satu pulau saja, tentukan terlebih dahulu ingin mengunjungi Pulau Selatan atau Pulau Utara karena keduanya sama-sama indah. 

Untuk transaksi menggunakan kartu kredit, kalau disuruh memilih ingin dikonversi ke rupiah atau dalam mata uang dolar selandia baru, sebaiknya pilih dolar selandia baru saja karena kalo langsung dikonversi ke rupiah ratenya jauh lebih mahal daripada rate kartu kredit. 
Tukarkan dolar Selandia Baru di money changer di  Indonesia, atau tarik dengan menggunakan ATM sekalian saat di sana. 

Nah kamu udah ada bayangan tentang Selandia Baru kan? 
Kalo ada yang mau ditanyakan tentang Selandia Baru bisa komen di kolom di bawah 
atau boleh banget mampir ke blog saya di 
atau di twitter @bawangijo



* * *

Tahun 2016 nanti saya berencana untuk kembali ke New Zealand, bagi teman-teman yang ingin bergabung untuk bersama-sama melakukan perjalanan kesana, yuk bisa lihat DISINI untuk keterangan lebih lanjut ! :)







You Might Also Like

6 comments

  1. Kalo lihat Selandia Baru emang luar biasa sih ya alamnya... *meskipun cuman bisa lihat lewat internet doang :D

    ReplyDelete
  2. selandia baru emang keren! tapi 8-11 juta?? #pingsan
    padahal untuk akomodasi udah ada di sana (ada temen lama) huhuhu

    ReplyDelete
  3. wah, foto-fotonya bagus banget. Selandia Baru memang wajib dikunjungi, nih! terima kasih buat informasinya yang sangat detail. :))

    ReplyDelete
  4. Tiket pesawat + visa udah lebih dari 10 juta, balm lagi yang lainya. Perlu nabung jangka panjang ini. heheh

    ReplyDelete
  5. Bawangijo, tolong tanya apakah kartu atm bca bisa dipakai u menarik uang di atm New Zealand? Saya pernah baca pin di New Zealand menggunakan 4 digit saja. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. saya maret 2017 akan ke auckland. waktu 8 hari saya bagusnya kemana saja ya mas

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan