Road Trip to Northern France

By 6:13 PM , , ,


Road Trip to Northern France and Tips


Mungkin ini yang namanya the perk of having France on our backyard, serius deh negara ini tidak ada habisnya untuk dieksplor, jadi kadang kalau ada long weekend kita biasanya langsung buka-buka peta Prancis dan last minute plan untuk road trip ke Prancis. 
Untuk saya yang bisa dibilang orang baru di Eropa kebiasaan road trip ini saya rasa sangat menyenangkan, jalanan yang lancar tanpa macet dan panorama yang ditawarkan di sepanjang jalan rasanya ingin berhenti setiap saat kalau tidak ingat permasalahan waktu yang sering kali terbatas. 


Penginapan Ketika Road Trip
Untuk penginapan kita seringkali go show, di pinggiran jalan tol di Prancis banyak sekali rantai hotel dari Accor yang tersedia, mulai dari Formula 1 yang harga nya sangat ramah di kantong sampai kelasnya Ibis, Mercure dan Sovitel.
Selain Accor Group, ada juga chain hotel dengan nama Bed and Breakfast dan Premiere Classe, kedua chain hotel ini bisa dibilang semacam fast food nya hotel, ada sih resepsionis nya tapi tidak 24 jam seperti hotel biasa. Terus bagaimana proses check ini nya dong, apalagi kan belum punya reservasi? Nah di halaman depan lobi biasanya ada mesin otomatis untuk melakukan check ini, belum punya reservasi ya jangan sedih, kita bisa juga melakukan reservasi melalui mesin tersebut, setelah melakukan pembayaran maka munculah kertas yang berisi nomor kamar kita dan pin code untuk masuk ke ruangan tersebut.

Pilihan untuk langsung go show mencari penginapan saat kita road trip semata karena lebih fleksibel, kadang kita tidak tahu di kilometer ke berapa kita merasa lelah, lets say kita sudah punya reservasi di kota A yang jaraknya masih 100 kilometer lagi tapi ternyata kita sudah lelah dan ingin istirahat, kalau sudah punya reservasi mau tidak mau dipaksakan harus tiba di hotel sesuai reservasi kita itu kan. 
Memang sih kan ada GPS yang bisa membantu kita membut itinerary sesuai rute nya, but I m telling you, you will find many surprises on the road. 

Penunjuk jalan tiap kota di Prancis itu lucu-lucu dan menarik, biasanya mereka menampilkan apa yang menjadi keistimewaan kota itu. Apakah di kota itu ada kastil, ada biara kuno, perkebunan anggur, dan lain lain. 


Stop Wherever You'd Like
Ini dia salah satu asyiknya berlibur dengan berkendara sendiri, fleksibel kata utamanya. Bisa berhenti dimana saja kita mau asal tempat tersebut aman tentunya dan memang boleh berhenti. 
Seperti saat road trip terakhir kita ke Prancis Utara kemarin ini, tadinya kita berencana berhenti di kota Dieppe (Cerita mengenai pesona kota Dieppe akan saya tulis terpisah setelah postingan ini. ), namun saat kita melewati kota ini ternyata kota ini kok keknya seru banget deh, banyak sekali kita lihat turis dengan kamera di dada, wah sepertinya kota ini nampak menjanjikan, lalu tanpa pikir dua kali kita parkir di parkir umum yang tersedia. 

Road Trip to Northern France ⎟ Berhenti tanpa rencana di kota Dieppe yang cantik


Ingat ya parkir umum biasanya harus kita bayarkan terlebih di dahulu di mesin parkir otomatis yang tersedia di area parkiran. Kita pilih berapa jam kita akan parkir di tempat itu dan bayar, lalu mesin akan mengeluarkan kertas sesuai data yang tersedia, kertas itu wajib kita letakkan di atas dashboard mobil supaya staf yang sesekali memeriksa kendaraan di parkiran bisa mengeceknya. Terus gimana kalau kita tidak bayar? Ya palingan saat kamu balik ke mobil, sudah gak ada tuh mobil karena diderek sama petugas :) 
Sedangkan hari Minggu biasanya parkiran di beberapa kota di Eropa adalah gratis.



Biaya Tol dan Bensin 
Untuk menghitung berapa pengeluaran yang diperlukan ada situs yang bisa membantu seperti contohnya google maps. Tinggal kita isi rute awal dan rute akhir yang kita rencanakan lalu Google Maps akan memberikan estimasi berapa biaya bensin dari perjalanan tersebut. 

Yang membuat road trip di Prancis mahal adalah karena negara ini menetapkan biaya jalan tol, berbeda dengan jalan tol di negara Eropa Barat lainnya yang gratis, atau seperti di Swiss yang menggunakan sistem bilyet yang lebih efisien, nah di Prancis lumayan juga biaya tol nya. 

Road Trip to Northern France ⎟  Pesona Pedesaan Prancis


Perhatikan Peraturan Yang Berlaku
Update selalu dengan peraturan lalu lintas yang berlaku di negara ini. Kecepatan berkendara yang berlaku di Prancis lumayan ketat, tidak seperti di Jerman dimana di jalan tol di Jerman kita bisa menyetir dengan tidak ada batasan kecepatan, di Prancis justru lebih ketat dan tidak tanggung-tanggung lho kadang kalau lagi sial suka ada polisi yang mengecek dan jika ketahuan kita menyetir di luar batas maka di saat itu juga kita harus membayar denda nya. 
Lagi-lagi jaman sekarang kita dimanja dengan teknologi ya, di beberapa sistem GPS biasanya ada alert jika kita berkendara di luar batas maksimum. 

Perlu diketahui bahwa speed camera dilarang untuk dipergunakan, jika ketahuan akan dikenakan denda €1500. 

Menggunakan telepon seluler tentunya dilarang keras, demikian juga penggunaan handsfree, sejak tahun 2011 penggunakan handsfree dilarang, denda sebesar € 135 dan dibayar on the spot jika tertangkap menggunakan handsfree.

Normandy Bridge, sebelum melewati jembatan baru ini kita dibayarkan bayar tol


Yang Wajib Ada di Dalam Kendaraan
Pemerintah Prancis menetapkan peraturan untuk para pengendara agar menyimpan selalu High Vis Coat, itu tuh jaket pengaman berwarna kuning terang. Jaket ini wajib ada 2 buah di dalam kendaraan kamu. 
Hazard warning triangle juga wajib disimpan di dalam kendaraan. 


Soundtrack of Your Road Trip & Enjoy The Ride
Sometime a good music could ease the travel stress and make the trip just a little bit easier, why don't you update your iTunes collection before your road trip started ? :-)  


 


You Might Also Like

15 comments

  1. bahas kota dieppenya dong mbaa hahah, baguss yah, baru denger namanya.

    VONNYDU

    ReplyDelete
  2. Utara Prancis, seketika lgsg keinget film komedi Prancis fenomal itu. Ceritanya si tokoh utama dimutasi ke utara Prancis krn ketauan nakal di perusahaan tmp ia bekerja. Dgr2 mnrt org sana, kalo dimutasi ke utara itu apes banget deh hihihi CMIIW.
    Dimutasi ke Bergues, eeeh tryta pas ngeliat di google map, cmn berjarak 2 jaman ya dgn kota Dieppe ini....kosakota (bukan kosakata yak hehe) baru lagi niih.
    Tfs kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bergues itu kota kaya sejarah banget, dari jaman invasi Prancis thn 1300an sampe perang dunia 1, nih kota gak jauh2 amat dari perbatasan Belgia sih dan skarang lagi penuh ama refugees dari Syria dan Iraq, kemarin ngelewatin banyak tenda2 darurat...

      mungkin apes karena dari Paris yg kota terus pindah ke pedesaan, but in fact utara nya Prancis ini justru ramai sama Parisians kalau summer holiday, karena laut terdekat sama mereka ya utara ini :)

      Delete
    2. Wah ilmu baru lagi niiih...baru tau. Iya ya pdhl kalo ke utara lbh dkt ngeliat lauuut :)

      Delete
  3. Memang Perancis itu bagus banget ya turismenya. Setiap masuk regio, ada papan dengan atraksi wisata (kastil dan tempat wisata lainnya) dan kuliner. Perancis utara memang ok, lain feelnya dari Perancis tengah dan selatan.

    Bener Fe, chain hotel seperti Bed & Breakfast itu gampang banget ya check in & check outnya terus tempat parkirnya didepan kamar. Harganya murah pula. Mana selalu deket daerah industri/perkantoran yang artinya ada supermarket besar. Aku biasanya kalo hanya tidur aja semalam di B & B hotel, beli makan malam disupermarket dan makan dikamar. Di ruang makan Bed & Breakfast selalu ada microwave, praktis.

    Ditunggu cerita Dieppe & Honfleurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak papan atraksi nya itu rasanya bikin pengen belok keluar highway dan mampir ke kota itu aja deh , menarik banget:)

      B & B Hotel dan parkirannya jadi pertimbangan jg ya mbak, kadang hotel besar malah gak punya parkiran sendiri, ribet deh nyari2 parkiran lagi :(

      Delete
  4. Asik nih bisa jalan - jalan sampai keluar negri. Tipsnya bagaimana nih biar bisa traveling smpai ke luar negri, terutama tips untuk menabung uang. hehehehhe

    ReplyDelete
  5. enaknya eropa itu, bisa road trip bgini... kalo tinggal di sana, aku jg bakal srg planning road trip-an tiap cuti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Indonesia juga bisa kan road trip plus ferry trip ? :)

      Delete
  6. waa.... :D jembatannya keren banget... eropa memang top banget kali di buat road trip :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan