Waterloo, Bukan Sekedar Lagu ABBA

By 11:56 PM , , ,



Jika saya tanya apakah Anda mengenal "Waterloo" sebagai versi judul lagu milik ABBA atau mengenai cerita perang Napoleon? Lalu apa  yang akan Anda jawab?
Para pencinta musik pasti akan menjawab bahwa Waterloo adalah judul lagu yang dimenangkan ABBA saat pergelaran lomba musik Eurovision di tahun 1974 , sedangkan para pencinta sejarah akan menjawab versi Waterloo yang adalah kota dimana Napoleon akhirnya menyerahkan diri, kalah dari pertempuran.

Sebenarnya versi kedua nya berhubungan, dari lirik lagu Waterloo yang adalah mengenai pasangan yang sedang patah hati dan menyerah akan cinta seperti Napoleon yang juga menyerah pada pertempuran di Waterloo.

No doubt I love every songs of ABBA, namun pada postingan kali ini saya akan menceritakan sedikit mengenai kota Waterloo, kota yang menjadi saksi biksu kekalahan Napoleon dan pasukannya. 



Waterloo terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Brussels, tidak terlalu jauh sehingga sayang sekali jika dilewatkan jika Anda berada di kota Brussels. Sarana transportasi seperti kereta api pastinya sangat memadai dan nyaman dengan harga tiket hanya €3,60 per orang.

* * *

Napoleon Bonaparte yang kita kenal sebagai sosok ksatria sejati,panglima perang pada masanya, pada saat ia ditahan di Pulau Elba di laut Mediterania pun tetap merancang untuk kabur dan kembali berperang, tentunya rencananya ini didukung oleh pasukan nya yang masih diam-diam mendukungnya. 

Perang Waterloo bisa dibilang seperti perang keroyokkan, Prancis hanya dipimpin oleh Napoleon Bonaparte sedangkan lawannya adalah grup pasukan koalisi yang terdiri akan negara Inggris, Prusia (sekarang disebut sebagai negara Jerman), Belanda, Hannover, Nassau dan Brunswick. Otomatis si pasukan koalisi lebih siap dalam ukuran jumlah tentara dan logistik.

Perang ini dianggap sebagai perang terbesar yang menentukan peta kekuasaan wajah Eropa karena setelah perang Waterloo usai maka diadakanlah Kongres Wina dimana di kongres itu para petinggi Eropa menggambarkan kembali peta Eropa seperti yang kebanyakkan kita lihat seperti sekarang ini.

Peringatan Ulang Tahun ke-200 Perang Waterloo akan dirayakan secara megah di Belgia pada 19-20 Juni 2015, untuk mengingatkan kembali peristiwa kekalahan Kaisar Perancis Napoleon Bonaparte dari Duke Wellington ⏐ via


Pada akhir cerita perang Waterloo ini, Napoleon dan pasukannya menderita kekalahan dan Napoleon diasingkan ke Pulau Saint Helena, pulau ini terletak di tengah-tengah Samudera Atlantik dan merupakan salah satu pulau di dunia yang paling terisolasi. Jika Anda melintasi Samudera Atlantik di perbatasan antara Namibia dan Angola, Saint Helena Island akan muncul hanya kurang dari setengah jalan menuju ke Brasil, cek di google map ya kalau ingin lebih tahu mengenai Pulau Saint Helena.
Napoleon pun dijemput ajal di pulau ini pada tahun 1821.


Tahun ini tahun ke 200 sejak Napoleon kalah berperang, gaung Waterloo pun terdengar makin nyaring karena di bulan Juni yang lalu diadakan pergelaran yang menceritakan  Perang Waterloo. 



Perang Waterloo berlangsung selama hampir 10 jam, dari pukul 11.00 hingga 20.30 waktu setempat. Perang ini menewaskan setidaknya 48 ribu jiwa, 25 ribu pasukan Perancis, 15 ribu pasukan Wellington, dan 8 ribu pasuka Prusia. (Reuters/Yves Herman) ⎟ via

Lion's Mound, a must visit if you are in Waterloo


Pergelaran ini melibatkan setidaknya 5000 warga yang mempertunjukkan reka ulang adegan perang. Tiket pergelaran ini seperti hot items yang susah sekali untuk didapatkan padahal acaranya berlangsung beberapa hari. 
Walaupun demikian, Waterloo haruslah mendapatkan tempat di bucket list kunjungan Anda ketika berada di Belgia.


My my....At Waterloo Napoleon did surrender
Oh yeah...
And I have met my destiny in quite a similar way
The history book on the shelf
Is always repeating itself 

Waterloo - I was defeated, you won the war
Waterloo - Promise to love you for ever more
Waterloo - Couldn't escape if I wanted to
Waterloo - Knowing my fate is to be with you
Waterloo - Finally facing my Waterloo

-ABBA, Waterloo - 

You Might Also Like

12 comments

  1. Ah Waterloo 200, saya termasuk salah satu yang mau nonton pagelaran peringatan 200 tahun Waterloo tapi kehabisan ticket :-( Nice post Fe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak.
      iya ya sayang banget susah bener dapetin tiketnya...o ya pas aku disana pas lagi ada pameran di St Joseph Church nya, mengenai korban-korban perang dan perawatannya, antara serem sama amaze mereka masih nyimpen tulang2 orang dan alat2 medis yang dipakai :)

      Delete
  2. Gw tahunya dari cerita versi sejarahnya. Lagunya ABBA belom pernah denger. Terimakasih postnya. Baguus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagunya ceria gitu Dan, gak kayak orang patah hati :)) denger deh lu pasti tahu hanya gak ngeh aja

      Delete
  3. Sering denger lagunya ABBA, tapi baru tahu banyak tentang Waterloo setelah baca artikel ini.

    ReplyDelete
  4. di belgia ya? hmm... kapan ye bisa ke situ. tike keretanya mahal amat dah kalau di rupiahin, walaupun nyaman -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha rate Euro lagi tinggi2nya ya sekarang ini :-(

      Delete
  5. Foto-fotomu selalu sukses bikin aku mupeng Kak <3 Great post!

    ReplyDelete
  6. iya yang terkenal malah lagu ABBA..atau nama stasiun...area battlefieldnya kan luas dan panjang banget, bagaimana rekonstruksinya, jadi penasaran apakah dari lion's mond sampai la haye sainte saja..?

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan