Pilihan Makanan Halal di Eropa

By 1:27 AM , , , ,

Masih banyak pelancong yang berniat ke Eropa ciut hati ketika mulai memikirkan mengenai pilihan makanan halal dan murah di Eropa, sampai banyak yang rela membawa rice cooker beserta rendang, abon atau mie instant dari Indonesia untuk jaga-jaga. 
Kekuatiran tersebut dapat dimengerti karena namanya juga destinasi asing dan belum kebayang fakta di lapangan nya seperti apa. 
Untuk membantu teman pelancong yang masih bingung perkara makanan halal di Eropa, kiranya masukkan saya di bawah ini bisa membantu ya.



# Kebab Turki 
Banyaknya kaum pendatang di Eropa dari negara Turki dan Maroko yang mayoritas beragama muslim sebenarnya sangat mempermudah turis muslim untuk mencari makanan halal. Biasanya para pendatang ini tinggal di satu area yang sama, dimana di area tersebut terdapat kedai kopi, rumah makan, toko, yang semuanya memasang label halal di depan usaha mereka. 

Kebab Turki bisa menjadi pilihan jika Anda berada di Eropa dan mencari makanan halal, bukan saja halal tapi juga sangat murah, harga kebab turki lengkap dengan salad dan kentang goreng biasanya tidak lebih dari €3 per potong nya, saya bilang murah karena biasanya porsi nya mengenyangkan. 



# Restoran India dan Restoran Timur Tengah
Jika ingin memanjakan perut dengan makan di restoran tanpa perlu memikirkan budget, Anda bisa mencari restoran India, Maroko, Lebanon, atau kalau beruntung ketemu restoran Indonesia atau Malaysia. Mengapa? karena restoran-restoran ini biasanya menjual makanan halal.


# Restoran Vegetarian 
Menjadi seorang vegetarian jaman sekarang ini seperti trend, apalagi di Eropa banyak sekali veggies resto yang tentunya dapat menjadi pilihan makanan halal untuk Anda yang membutuhkan. 
Lupakan bayangan bahwa menu makanan vegetarian itu membosankan, Anda salah besar. Saking bervariasi nya, kadang Anda akan lupa kalau Anda ada di restoran vegetarian, bayam saja bisa dibuat ala daging burger lho ;-)



# Salad di Supermarket 
Mampir ke supermarket dan datangi area makanan di kulkas nya, maka Anda akan menemukan salad dalam box siap saji juga potongan buah segar. 
Di supermarket juga ada ikan tuna atau salmon dalam kaleng, ini pun bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi, tinggal beli roti tawar saja sebagai pelengkapnya.


# Kangkung & Tahu di China Town
Biasanya kota besar di Eropa memiliki area China Town, sesuai namanya banyak orang keturunan Cina yang membuka bisnis disini, mulai dari restoran sampai toko sehari-hari, sesekali mampir lah ke toko nya karena biasanya ada sayur-sayuran yang sangat familiar yang akan Anda jumpai disana, ada kangkung, ada tahu (tofu), ikan teri, bahkan kalau beruntung ada merek mie instant asal Indonesia yang beken itu. 
Saran ini tentunya akan lebih berguna jika Anda tinggal di apartemen/studio yang bisa dipergunakan dapur nya ya.


 # Ask Locals !
Advis yang paling bijak adalah biasanya didapat dari orang lokal, percayalah di Eropa itu banyak sekali pendatang yang beragama Muslim, perempuan berhijab akan dengan mudah ditemui di tempat umum. Tanyalah kepada mereka rumah makan halal favoritnya di kota itu, pasti referensi nya akan sangat membantu. 

Populasi Muslim di Eropa ⎟ via





You Might Also Like

11 comments

  1. Thanks info nya yah..
    Aku klo jln2 keluar juga suka nyari kebab, tp klo nemu makanan vegetarian malah menghindar, secara ga suka sayur :(

    ReplyDelete
  2. Keren Fe postingannya. Hahaha. Meskipun masih butuh bertahun tahun tahun tahun lagi gw sampe yurop tapi yabg kepikiran emang makanannya sih. Ternyata banyak banget ya pilihannya. Kereeennn!! Thanks yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Dan ! jangan pesimis gitu dong :)

      Delete
  3. Aku beberapa kali makan makanan vegi tapi kok kurang bisa menikmati yaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gado gado sama karedok masa gak menikmati ? :))

      Delete
  4. aku sndiri ga terlalu kaku kalo soal makanan slama di negara2 yg susah nemuin makanan halal sih mba... prinsipku, yg ptg bukan babi ;p hahaha, jd mau pesen steak di resto yg jg menjual pork, sudahlah yaa ;p.. yg ptg kan yg aku pesen beef ;p..

    tapiiii, kalo di negara itu aku ketemu restoran india, ato turki, ya aku bakal makan di sana ;p...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngikutin hukum yg benernya wah gawat ya bisa laper :)

      Delete
  5. masih ada makanan halal di eropa.. kalo ke eropa pengen cari kuliner yang halal2 :D

    ReplyDelete
  6. Gw di Krakow pernah seharian cuma makan buah doang gegara udah males nyari tempat makanan yg halal & mureh...hihihi..untungnya perut gw ga Asia2 bgt yg hrs ketemu nasi..

    ReplyDelete
  7. Wahh pasti jadi masukkan banget nih buat yang butuh info :D Dan iya bener, makanan vegetarian tuh suka disulap jadi macem2, waktu itu pernah udah enak2 makan dipikir sate ayam, ternyata jantung pisang..hihi :D

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan