8 Fakta Mengenai Ibukota Latvia, Riga

By 3:00 AM , , ,


#1. Riga memang tidak memiliki menara Eiffel atau Liberty, landmark kota Riga yang merupakan saksi bisu perjuangan bangsa Latvia adalah Freedom Monument. Terletak di jantung kota tua Riga, monumen ini merupakan simbol kebebasan, kedaulatan juga sebagai tanda mengenang para korban yang tewas selama Latvian War of Independence pada tahun 1918–1920.

Freedom Monument menampilkan patung seorang wanita berdiri di atas sebuah tiang tinggi memegang tiga bintang di tangannya. Ini mewakili tiga wilayah negara Latvia: Kurzeme, Vidzeme dan Latgale.

Penduduk setempat memanggil patung wanita ini dengan sebutan sayang : Milda. 



#2. Kota Bremen di Jerman merupakan kota kembar dari kota Riga, untuk mengingat hubungan diplomatis kedua kota ini, Bremen menghadiahi Riga patung perunggu bernama The Musician of Bremen. Patung ini replika dari patung yang sama yang diletakkan di Rathaus (balai kota) Bremen.
Patung yang terbuat dari perunggu ini berbentuk hewan keledai di bagian bawah, anjing, kucing lalu ayam jantan.

Patung 'Musisi dari Bremen' ditempatkan sangat strategis yaitu di antara tiga gereja utama di Riga : gereja St Peter, gereja St John dan gereja St George. Jangan heran melihat antusiasme antrian turis yang ingin melihat langsung patung ini, karena di saat yang bersamaan mereka juga mengelus patung ini berharap akan adanya keberuntungan.




#3. Kanklės adalah alat musik tradisional khas negeri Baltik dan Lithuania mengadopsi alat musik ini sebagai alat musik nasional bangsanya.
Mitos lokal menyebutkan bahwa Kankles diasosiakan dengan kematian karena kayu yang menjadi alat dasar pembuatan kankles hanya dipotong dari pohon maple yang sudah tua pada saat di hari salah satu anggota keluarga meninggal.
Memainkan alat musik ini seperti meditasi dan melindungi pemain musik kankles dari penyakit ataupun kecelakaan.




#4. Riga boleh berbangga hati karena dalam dunia kuliner sepak terjang mereka sangat diakui dunia. Riga memiliki Renomme, restoran berbintang yang dianugerahi beberapa kali sebagai salah satu restoran terbaik di Eropa.
Saya sempat berkunjung ke Renomme menikmati makan siang dengan menu khas Latvia yang disajikan ala fine dine. Setting restoran nya sendiri sudah sangat cantik, terletak di dalam hotel Gallery Park Hotel yang terkesan mewah namun sangat hangat menerima tamu yang datang.
Makanan pembuka diawali dengan sup kentang dengan bacon kering, lalu roti hangat ditemani pasta tomat kering. Sebagai makanan utama saya memesan daging aspic yang disajikan dengan krim dari lobak putih.  


#5. House of the Blackheads adalah salah satu kekayaan arsitektur yang dimiliki oleh Riga, didirikan sejak tahun 1344 lalu dihancurkan pada tahun 1948 saat rezim Soviet berjaya di Latvia. Perlu waktu yang lama sampai akhirnya House of Blackheads yang juga disebut New House, kembali di renovasi pada tahun 90an. Di depan pintu masuk tertulis 'Jika aku harus jatuh, bangunkanlah aku kembali.'

Sayangnya bangunan ini hanya dapat dinikmati dari luar saja karena pengunjung tidak diperkenankan masuk, namun area alun-alun di depan House of the Blackheads sangat menyenangkan karena dipenuhi deretan toko yang menjual oleh-oleh khas Riga.


#6. Traveling menyusuri negeri Baltik sebenarnya sangat dimudahkan dengan transportasi darat yang sangat mumpuni. Jika masih memiliki waktu panjang, dari Riga Anda bisa melanjutkan perjalanan ke ibukota negara tetangga lainnya yaitu Vilnius di Lithuania dan Tallinn di Estonia.
Salah satu perusahaan bus antar kota yang bisa dipilih adalah Lux Express yang nyaman dengan fasilitas wifi gratis selama perjalanan, minuman hangat yang tersedia untuk seluruh penumpang, layar TV untuk masing-masing penumpang, colokkan listrik, toilet dan supir yang fasih berbahasa Inggris.
Terminal bus di masing-masing kota itu juga sangat bersih, teratur dan semua tersedia. Di setiap tiket telah tercantum nomor platform. Penumpang hanya perlu menunjukkan tiket dan kartu identitas.


#7. Jika di Irlandia ada Irish Coffee, maka di Riga juga ada minuman serupa yaitu kopi panas yang dicampur dengan liquor khas Latvia bernama Riga Black Balsam.
Riga Black Balsam terbuat adari bahan-bahan alami yang dicampur dalam vodka murni dan dipercaya sebagai obat-obatan tradisional yang dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin dan juga dapat mengobati masalah pencernaan.

Riga Black Balsam ini telah dibuat di Riga sejak pertengahan abad ke 18 dan menurut cerita bahkan seorang Ratu Catherine yang Agung dari Rusia jatuh sakit saat berkunjung ke Latvia, namun sembuh setelah minum Riga Black Balsam.
Selain pada minuman kopi panas, Riga Black Balsam juga dapat dicampur ke dalam minuman teh, jus buah blackcurrant atau minuman bersoda.
Riga Black Balsam juga telah diakui secara internasional karena telah menerima lebih dari 30 penghargaan di pameran internasional.


#8. Pencinta museum atau bukan, selama berada di Riga jangan lewatkan untuk mengunjungi Museum of Occupation of Latvia. Museum yang gratis terbuka untuk umum ini akan memberikan ide dan gambaran seperti apa Latvia dari tahun ke tahun.
Museum ini telah ada sejak tahun 1993 untuk mendidik masyarakatnya tentang periode 51 tahun di abad ke-20 ketika Latvia berturut-turut diperintah oleh Uni Soviet , lalu Nazi Jerman pada tahun 1941, dan kemudian kembali diduduki rezim Uni Soviet.
Misi dari museum ini adalah mengingatkan dunia akan kejahatan yang dilakukan oleh para penguasa tersebut terhadap negara dan rakyat Latvia, juga mengenang para korban yang tewas, dianiaya dan dipaksa dideportasi.


You Might Also Like

3 comments

  1. patung2 freedom monument ini nth kenapa kebanyakan wanita ya ... kayak di sofia patung saint sofia monumentnya... dan aku lbh suka berfoto dpn monumen2 begini drpd menara2 kyk eiffel ato tokyo tower :D.. patung berbentuk manusia ato saint bgini yg jauh lbh hidup sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin figur wanita dianggap menenangkan kali ya :)

      Eiffel juga keren kok Fan :)

      Delete
  2. Salah satu cita2 gue setelah liburan dari EROPA pertama kalinya beberapa tahun yg silam adalah kalo punya anak mau dikasi nama RIGA, singkatan dari vaRI rangGA ..hahaha, tapi ya udah lupa aja gitu secara anaknya ga nongol2 sampek sekarang..bwhahahahaa

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan