Cantiknya Toko Buku Livraria Lello di Porto

By 7:49 PM , , ,

Toko buku Livraria Lello di Porto ⎟ via


Related post about Porto, Portugal , click here

Porto bukan saja memiliki salah satu cafe terindah di dunia, Porto pun memiliki toko buku terindah di dunia menurut daftar yang disusun oleh National Geographic.
Livraria Lello nama toko buku yang sering dibicarakan orang jika berada di Porto ini. Awalnya saya tidak tahu sama sekali mengenai keberadaan toko buku ini, iya saya tidak baca mendetil mengenai Porto ketika saya berada disana, jadi menemukan toko buku seperti ini suatu kejutan yang menyenangkan. 

Dari luar terlihat biasa saja layaknya toko-toko lain, tapi siaplah terkejut ketika masuk toko ini, saya yakin siapa saja yang melangkah masuk untuk pertama kalinya akan terdiam beberapa detik dengan mata terbuka lebar dan selanjutnya akan terucap kata “wow” dari mulut mereka. 

Nampak toko buku  Livraria Lello 


Livraria Lello memang wow, tangga yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas adalah tangga penuh karya seni, ukiran pilar, and the magnificent stained-glass will no doubt impress you. 
Xavier Esteves sang jenius di balik design toko ini memang patut mendapatkan jempol atas imajinasi nya dalam berkarya.

via


Tangga dengan lantai dasar dari kayu dan yang sebagian lantainya diberi karpet berwarna merah ini memberikan inspirasi JK Rowling dan memasukkan tangga cantik ini ke dalam deskripsi tangga di perpustakaan Hogwarts. Penggila Harry Potter mesti banget mampir ke Porto deh, banyak sekali yang menjadi latar belakang penulisan Harry Potter karena JK Rowling pernah tinggal di kota ini di awal tahun 90an.

Toko buku  Livraria Lello, nampak dalam ⎟  via


Saya sempat mencari-cari buku travel mengenai Azore Islands yang ada di rak lemari, saya berniat untuk membelinya sebagai oleh-oleh untuk suami saya yang saat itu tidak ikut dengan saya ke Portugal, maklum Azore Islands adalah salah satu gugusan pulau milik Portugal yang selalu ingin didatanginya, too bad semua buku dalam bahasa Portugis. 
Selain tidak ditemukannya buku yang ingin saya beli, salah satu hal yang patut disayangkan selama berada di dalam toko buku Livraria Lello ini adalah terasa tidak begitu nyaman, peraturan tidak boleh memfoto ruangan seantero toko buku ini membuat situasi begitu aneh, banyak pria yang berjaga-jaga yang siap menegur siapapun yang mencoba-coba untuk menfoto toko buku ini dengan diam-diam, I know this place  such a beautiful art piece, but please deh mereka bisa kok membuat peraturan boleh memfoto asal tidak menggunakan blits, bukan begitu? 







You Might Also Like

9 comments

  1. Terkagum kagum liat tangganya, itu tangganya Instagram-able banget mba, tapi malah gak boleh foto-foto sama satpamnya :( sangat disayangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa jadi toko bakalan heboh hanya sama mereka yang hanya mau foto-foto doang :)

      Delete
  2. Kebetulan saya kuliah di Porto, waktu mau memfoto ruangan ini bisa sebelum jam 10 pagi. Masih baru buka dan belum banyak pengunjung. Dulu memang banyak pria berjaga, kini semua diganti cctv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya saya baca juga kalau mau foto bisa sebelum toko buka gitu, one day I ll be back :)

      Delete
  3. Waahhh surga banget ya ini. Kira2 apa ya alasan ga boleh difoto? Apakah karena tidak ingin mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain *ya kali fotonya sambil salto, kan ga mungkin juga :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku rasa karena alasan kenyamanan, kebayang gak sih kalau semua orang mau foto dan berpose, bisa-bisa heboh gak karuan...

      Delete
  4. wadooooww itu toko buku keren abissss.. tadinya mikir, toko buku didesain mirip2 ama perpus jaman harry potter gitu, pasti lebih rame yang selfie dari pada yang beli, eeh nggak tahunya klo mau moto itu kudu nyolong dulu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata awal mula ide perpustakaan Harry Potter justru dari toko buku ini ya :)

      Delete
  5. Mungkin reason dibalik aturannya adalah orang ke toko buku untuk beli buku kak bukan sekedar mampir mejeng pajang instagram then leave ;)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan