Please Dont Ride An Animal During Your Trip

By 3:00 AM ,


Semua pasti setuju dengan teori bahwa pariwisata adalah salah satu industri yang terbesar dan terpenting di planet ini karena mempekerjakan jutaan orang dan keluarganya yang mengandalkan pariwisata demi kebutuhan sehari-hari mereka. Mulai dari pekerja hotel, ticketing di kantor tour agency, sampai para penjaga kawanan unta.

Ketika saya berada di Jordania beberapa tahun lalu, ada satu akun penyayang binatang mengingatkan saya melalui Twitter (@thebrooke) untuk sebaiknya tidak menggunakan jasa keledai ketika mengunjungi Petra, sekilas saya membaca misi mereka adalah menyelematkan binatang-binatang pekerja. 



Di rumah kembali saya membuka situs mereka and thanks to them, mata saya jadi terbuka tentang binatang pekerja ini, seringkali kita mengacuhkan keberadaan mereka bahkan menyiksa dengan ikut-ikutan membeli paket mengendarai kuda, unta dan keledai. 
Untuk berat badan manusia yang normal saja, sudah berapa kalori seekor unta harus terbakar, tentunya tidak sepadan dengan makanan dan perawatan yang diperolehnya dari sang pemilik, belum lagi keledai-keledai yang cedera kakinya karena harus naik turun jalanan terjal di Santorini, yup para turis bertumbuh tambun dengan santainya naik ke punggung si keledai berwajah memelas, ini hanya sekedar contoh saja. 
Hewan pekerja lainnya yang tidak diperhatikan kesejahteraannya pasti ada juga di depan mata kok,  let s say delman misalnya.

Binatang pekerja yang dilakukan untuk membantu pekerjaan manusia seperti membawa barang angkutan, membajak sawah, memang sepertinya kecil kemungkinan untuk dilarang begitu saja karena pada hakikatnya binatang milik perseorangan mengikuti hak pemilik yang bisa apa saja memperlakukan mereka. Namun sebagai wisatawan sebenarnya kita dapat melakukan aksi untuk tidak menggunakan jasa menaiki kuda, keledai, unta, gajah dan hewan pengangkut lainnya, karena dengan melakukan aksi tersebut paling tidak kita telah berupaya menyelamatkan binatang-binatang ini dari kerja paksa, saatnya Animal Welfare semakin diperhatikan, paling tidak mulai dari diri kita sendiri sebagai seorang pejalan.



Saya tidak munafik mengakui pernah juga tertarik menggunakan jasa unta di padang pasir di India, setengah berjalan saya pun minta turun, bukan saja rasanya tidak nyaman duduk di punuk unta setinggi itu karena saya juga takut ketinggian, dan duduk di atas punuk itu di atas kontur gurun yang naik turun sungguh tidak menyenangkan, apalagi untuk binatang yang saya tumpangi, pastinya lebih menyiksa lagi. So one time experience was enough dan paling tidak saya telah menyadarinya sekarang, better late than never.

Stop menggunakan jasa gajah di Jaipur, India, menaikki keledai di Santorini, unta di Timur Tengah, kuda di Bromo, apapun yang menggunakan hewan sebagai korban nya. 

You Might Also Like

7 comments

  1. Akuu pernah pake jasa kuda namanya Rejeki, tapi pergi terakhir kemarin ga pake jasa kuda lagi semoga penyewa jasa binatang dapat pekerjaan lain ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dilema ..
      Terkadang "menunggang binatang" menjadi "ke-khas-an" tempat wisata tertentu di Indonesia, misal kuda di Bromo, atau gajah di Way Kambas (meski sekarang sudah di stop)

      anyway, perspektifnya menarik ...

      Salam kenal

      #eloratour

      Delete
  2. Setuju! Gw juga pernah bilang pas di Santorini untuk gak naik keledainya. Liat aja tangganya liku2 dan banyak banget, cuaca panas, masih harus nggendong turis....duh kesian banget! Tapi ada yang bilang klo itu gpp, dan penghasilan si pemilik ya dr keledai ini...huh! Gw rasa ini bukan alesan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penghasilan untuk pemilik yang gak meratiin kesejahteraan hewan peliharaannya, nah lho gimana dong tuh ya...

      Delete
  3. Ic, thx buat self remindernya mba. Dan keinget dulu pas ke Bromo pernah nyobain naik kudanya, iya eh sereeem. Pas udah naik, nyesel karna takut hihihi. Tau gitu mending jalan aja tadi.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan