Travel Nightmares

By 1:00 AM ,



Secanggih apapun itinerary perjalanan yang kita buat, semantap apapun rencana yang telah kita persiapkan dengan seksama, kadang kenyataan sering berkata lain. Perjalanan yang kita persiapkan sematang mungkin bisa jadi menjadi perkara mimpi buruk karena kejadian yang di luar rencana. 


1. Tiket Pesawat Hangus
Ini namanya kalah sebelum bertanding, wong traveling nya belum mulai kok udah hangusin tiket:) Biasanya promo yang diadakan oleh maskapai-maskapai penerbangan dilakukan jauh-jauh hari dari waktu terbangnya sendiri. Manusia boleh rencana, tapi tidak semua rencana tersebut bisa terwujud. Entah itu faktor kesehatan, pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, tabungan yang tidak kekumpul, dan masih banyak alasan lainnya yang membuat kita terpaksa membatalkan traveling, alhasil tiket pun hangus dan uang pun melayang. 

Beberapa tiket pesawat yang pernah hangus yang kami miliki: Tiket Brussels - Phuket , Brussels - Roma , London - Kuala Lumpur. Perihnya di dompet :p

2. Uang Tidak Keluar di Mesin ATM
Perkara membawa uang tunai atau cukup membawa kartu saat bepergian ini seringkali dijadikan bahan pembicaraan antar traveler. Semua juga tahu kalau bawa uang tunai banyak akan berdampak lebih riskan lagi karena bisa hilang sekaligus, atau sial dicopet dan dirampok. 

Suatu hari di Goreme, Cappadocia Turki, hari itu minggu kesekian kami traveling sehingga uang tunai pun mulai menipis, sedangkan akomodasi dan beberapa tour harus kami bayar. Menujulah kami ke salah satu ATM di Goreme, ATM Bank Deniz namanya, sepertinya bank ini lumayan terkenal karena beberapa kali saya melihatnya di Turki. 
Terletak tidak jauh dari terminal Cappadocia, kami masukkan jumlah uang yang ingin kami ambil dalam bentuk Euro. Setelah memasukkan PIN code dan jumlah uang nya, kartu kami keluar lagi tapi tanpa uang nya. Kami coba beberapa kali, bodohnya kami tidak tahu ternyata ATM tersebut sedang malfunction, jadi si ATM tetap memotong rekening kami tanpa kami menerima uang nya. 

Kami baru sadar ketika sampai di hotel kami cek di e-banking ternyata semua jumlah uang yang ingin kami ambil telah terpotong. Besok pagi nya kami menuju bank tersebut dan meminta pertanggung jawaban, dan uang tersebut akhirnya kembali lagi beberapa minggu kemudian, setelah perjalanan kami ke Turki selesai. Perih ya :) 




3. Frustrasi dengan Hotel 
Penampakkan hotel yang bagus di website dengan kenyataan yang ada di depan mata bisa juga jadi mimpi buruk saat traveling. Membaca review dari beragam sumber memang penting, walaupun mesti hati-hati juga dengan review-review tersebut karena banyak self promo yang ditulis sendiri oleh pemilik hotel dengan berbagai akun. 
Saya pribadi lebih percaya dengan review hotel yang ada di situs pemesanan hotel, karena hanya para tamu yang pernah menginap disitulah yang bisa meninggalkan review, orang luar tidak bisa seenaknya meninggalkan review seperti di Trip Advisor.

Pengalaman menginap di Hotel The Santosa, Senggigi Lombok yang sama sekali berbeda dengan tampilan di website nya


4. Keracunan Makanan
Wah ini gawat sekali ya, segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pastinya menyeramkan.
Memilih makanan di tempat makan yang terlihat higienis walaupun sedikit lebih mahal memang lebih aman dilakukan dibandingkan resiko harus berhemat namun malah membawa penyakit. Tapi apa kabarnya kalau keracunan makanan justru terjadi karena makanan di pesawat. 
Pesawat Jordanian Airlines yang membawa kami dari Amman menuju Bangkok contohnya, karena menu sarapan yang disajikan kami justru sakit parah karena keracunan, untung saja menu makanan itu disajikan 1-2 jam sebelum landing, jadi kami bisa langsung istirahat pas tiba di hotel, sialnya jadi tidak bisa menikmati Bangkok deh. 

5. Toilet Jorok 
Nah lho ! Seandainya bisa pakai pampers mungkin lebih baik memang pakai pampers saja ya ketika kita traveling ke negara yang memang terkenal memiliki toilet super kotor. Konon, di dataran Cina banyak cerita yang beredar mengenai tidak manusiawi nya toilet disana. Walaupun saya belum pernah kesana, tapi saya yakin gosip umum tersebut benar adanya, paling tidak itu yang pernah saya alami ketika berada di negara Asia Tengah seperti Kyrgyzstan dan Uzbekistan, probably the most terrible public toilet I ever encounter :) 

6. Bom di Dalam Pesawat 
They say the more you fly, the more you risk your life. And probably this one is the most freaking terrible nightmare ever ( termasuk juga penculikkan, pencurian organ tubuh ) 
Kalau udah ngebahas nyawa, berserah kepada Pencipta saja deh ya.

related post : pesawat kita pernah hampir di evakuasi karena curiga adanya bom di dalam pesawat, baca disini ya 



Masih banyak lagi mimpi buruk saat traveling yang harus kita sadari bisa jadi terjadi kapan saja, seperti : 
- Kecelakaan di Jalan  ( baca cerita kecelakaan saat kami di Dompu, Nusa Tenggara Barat, disini )
- Ketinggalan Pesawat
- Bagasi Hilang 
- Terdampar di Bandara karena bencana alam
- Dompet dan Paspor Hilang
- Tertangkap Polisi

duh kok seram sekali ya daftar nya, apapun bencana yang bisa menimpa kapan saja dan dimana saja, anggap saja ini sebagai pemacu adrenalin cause YOLO ! :)  




You Might Also Like

12 comments

  1. Huaaaa. Gw gak bisa memutuskan mnanyang paling ngeri. Tapi kalo hotel yang gak sesuai ekspektasi paling maish bisa lah gw handle. Tapi kalo yang lain apalagi sampe bom. Huaaaa. Mending angus deh tiket

    ReplyDelete
  2. Pernah ngalamin beberapa masalah yang di atas. Pernah saya ke Sulawesi Barat dan kebetulan memberikan pelatihan di sebuah kantor disana. Saya yang kebelet pipis gak jadi pipis di toiletnya. Ga ada airnya dan pesingnya tiada tara.

    Pernah juga saya flight saya di batalkan akibat erupsi gunung berapi. (http://www.cipuceb.blogspot.co.id/2015/11/ber-amazing-race-karena-gunung-jaribaru.html). Tapi itulah seni nya jalan jalan, sometimes we cant expect what will we encounter :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti parah banget ya, mau ngebayanginnya udah males, karena kamu yang laki aja udah gak tahan :)

      Delete
  3. Kok ya daftarnya serem2 semua sih Feb? hihihi
    Gue alhamdulillah paling banter cuma di delay aja pesawatnya.. jangan sampeeee kejadian yang lain2 juga.. huhuu.. *knock on wood*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan judulnya nightmare Be :))

      iya ya knock on wood, **cari kayu :))

      Delete
  4. mimpi buruk klo naik pesawat seperti yang saya khawatirkan ini mbak

    ReplyDelete
  5. The worst travel nightmares semua ada di list ini :D. Aku paling parah pernah ketinggalan pesawat karena perjalanan dari Jember ke Surabaya makan waktu lebih lama dr yg diperkirakan, sementara besok harus kerja lagi. Pas sibuk nyari tiket malam itu juga, adanya Garuda Business Class, mana mampu bayar, hahaha
    akhirnya beli tiket lain buat besoknya dan diledekin bos pas masuk :P

    ReplyDelete
  6. Daftar gw lumayan banyak kalo soal travel nightmares :
    - Nyaris terdampar di lautan, 10 jam di boat fiber dari derawan otw ke Tarakan karena keabisan bahan bakar
    - Pesawat otw ke Bangkok terpaksa landing mendadak di Singapur karena kaca depan area pilot retak
    - Terdampar di bandara Glasgow 2 hari karena abu gunung Eyjafjallajökull 2010
    - Nyampe persis depan parkiran Menega kafe saat bom disana baru meletus
    - Nonton live di tempat (dan panik berusaha lari) saat anak Krakatau batuk-batuk ngeluarin asap
    - Terpaksa delay 9 jam di Johor Baru karena pesawatnya rusak dan nunggu pesawat pengganti
    - Ketinggalan paspor di Imigrasi kapal di Langkawi sehabis nyebrang ke Koh Lipe
    - Nyaris dirampok supir taksi di Phnompenh
    - Heboh ngurusin paspor (dan seluruh isi dompetnya) temen di Moskow padahal baru jg nyampe rusia.
    - Ketinggalan pesawat ke Phuket karena hal tolol
    - Gak bisa tidur karena salah pilih host couchsurfing yang punya anjing semalaman brisik
    - Kehilangan bagasi di Beijing dan baru dapet balik koper diantar ke hotel 2 hari kemundian dgn kondisi koper rusak ngga bisa ditutup lg.
    - Ketipu mobil sewaan di Aceh dan Sabang
    - Tiket pesawat hangus dan itu udah berkali2, karena harus kerjaaa
    - Tiket pesawat hangus karena.....gue lupa kalo gw udah beli, bwaaahaahaaha

    ..hadeh apalagi yaaa...kayaknya gw sering tuh ngalamin kejadian2 nyebelin, begimana yahh kurang amal nni kayaknya gueh....hihihi

    ReplyDelete
  7. aku prnh lah ngalamin yg jelek2 jg saat traveling mba... tiket angus udh pasti pernah, hotel yg udh diboooking trnyata di renovasi saat dtg, pernah juga... Pesawat reschedule tnpa bilang2 ke kita, pernah... tapi smuanya itu malah bikin kita jd makin hati2 kok.. pembelajaranlah intinya...

    skr aku ga prnh book hotel terlalu jauh2 hari.. ga seperti pesawat, harga hotel toh cendrung stabil kan..apalagi kalo kita mw kesana saat ga peak season.. mnding deket2 harinya ajalah..

    dari dulu aku slalu bawa CASH kalo traveling... ga ada pake2 CC, ATM atopun yg ngandelin mesin.. semua cash, dan semua itu kita simpen dlm bnyk tempat :D.. krn jujur aja, aku malah ga prcaya dgn semua kartu dan mesin atm saat di luar... apalagi kalo mikirin ratenya yg super duper jelek -__-.. mendingan tunai kemana2..

    ReplyDelete
  8. Ditambahin Kak Feb ditulisannya, maka belilah asuransi perjalanan:D
    Kadang heran juga, kalo lagi beli asuransi perjalanan enggak ada kejadian apa-apa. Pas ke Komodo enggak beli asuransi perjalanan (karena pikir domestik aja gitu), kena erupsi gunung Raung.
    Sekarang udah kapok, aku selalu beli asuransi perjalanan deh.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan