Malindo Air: Maskapai Baru yang Terus Berkembang

By 6:50 PM



Belum lama ini telah hadir maskapai Malindo Air. Maskapai ini merupakan hasil kerja sama dua perusahaan penerbangan yang berasal dari Malaysia dan Indonesia. Perusahaan asal Malaysia, yakni National Aerospace and Defence Industries (NADI) dan perusahaan Indonesia, Lion Air, sepakat membentuk Malindo Air. NADI memegang menguasai saham kepemilikan Malindo Air dengan 51 persen, sedangkan Lion Air menguasai saham sebesar 49 persen.

Maskapai Malindo Air menggunakan armada Boeing 737 dalam kegiatan operasionalnya. Maskapai ini baru mengudara pada tahun 2013. Meskipun begitu, Malindo Air mempunyai target besar dalam 10 tahun ke depan. Rencananya, maskapai Malindo Air akan mengerahkan hingga 100 armada dalam kegiatan operasionalnya.

Saat ini maskapai Malindo Air ini menyasar perjalanan di sekitar wilayah Asia Tenggara. Negara di kawasan Asia Tenggara yang dituju Malindo Air ialah Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand. Keempat negara tersebut dipilih karena tingginya frekuensi penerbangan ke rute itu.
Maskapai ini juga membuka rute untuk daerah Asia Selatan. Negara yang dituju pada kawasan ini ialah India, Bangladesh, dan Nepal. Rute tujuan India diterbangi maskapai Malindo Air karena semakin banyaknya permintaan penerbangan ke negara tersebut. Hal ini juga pengaruh dari perkembangan perekonomian di India yang kian menguat.

Kehadiran maskapai Malindo Air sungguh melegakan masyarakat yang ingin bepergian. Pasalnya, maskapai ini menyasar segmen low cost carrier (LCC). Artinya, maskapai ini menawarkan harga tiket yang sangat ekonomis. Masyarakat tidak akan dibebani dengan harga tiket yang mahal jika bepergian menumpang armada Malindo Air. Tiketnya pun mudah didapatkan melalui website Traveloka.

Malindo Air memilih bergerak pada segmen tersebut karena tingginya minat penumpang terhadap penerbangan yang murah. Saat ini tarif penerbangan dirasa cukup mahal bila melihat persaingan harga yang ditawarkan maskapai low cost carrier. Tak heran maskapai yang menyasar LCC menjadi pilihan penumpang dalam bepergian.
Kebijakan yang diambil maskapai Malindo Air dalam penerbangannya bisa dikatakan sukses. Dengan tarif yang murah, banyak penumpang yang mempercayakan perjalanannya dengan Malindo Air. Maskapai ini pun menjadi pilihan masyarakat ketika ingin berkunjung ke Malaysia maupun Indonesia.

Di Malaysia, maskapai ini melayani 12 rute penerbangan domestik. Rute tersebut di antaranya Kuala Lumpur, Johor Bahru, Kuching, Penang, Melaka, Kinabalu, Terengganu, dan Langkawi. Semua rute itu memiliki frekuensi penerbangan yang tinggi. Sementara itu, di Indonesia maskapai Malindo Air melayani penerbangan dengan tujuan Jakarta, Bandung, Bali, Batam, Medan, dan Pekanbaru.
Dalam operasionalnya, maskapai ini melayani penerbangan untuk kelas ekonomi dan bisnis. Penumpang yang mengudara bersama maskapai Malindo Air pasti akan merasakan kenyamanan selama penerbangan. Pasalnya, Malindo Air memberikan makanan secara cuma-cuma untuk menemani perjalanan Anda.

Selain itu, tempat duduk dengan ruang kaki sepanjang 81 cm untuk kelas ekonomi dan 114 m untuk kelas bisnis akan menambah kenyamanan para penumpang. Mereka bisa bebas menyelonjorkan kaki selama mengudara. Maskapai Malindo Air juga melengkapi tiap kursinya dengan televisi pribadi. Selama perjalanan, para penumpang pun bisa menikmati acara hiburan.
Para penumpang kelas ekonomi berhak mendapatkan bagasi seberat 15 kg, dengan tas maksimal 7 kg ke kabin pesawat. Sementara itu, untuk kelas bisnis, penumpang bisa mendapat bagasi seberat 30 kg secara gratis.

Alasan lain mengapa banyak penumpang memilih Malindo Air sebagai alat transportasi ini ialah masalah keamanan. Maskapai ini menjamin keamanan setiap penumpangnya. Maskapai Malindo Air pun belum pernah mengalami kecelakaan selama penerbangan. Sebuah fakta yang membuat para penumpang percaya untuk memilih penerbangan dengan menumpang maskapai Malindo Air. 

You Might Also Like

2 comments

  1. Baru tahu ada maskapai ini. Makasih Fe. :)

    ReplyDelete
  2. iya, yudi baru tahu klo ini adalah perusahaan patungan. tapi membantu banget untuk ke aceh :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan