Pesona Pantai Goa Cina di Malang Selatan

By 4:55 PM , , , , ,



Sudah sampai di Malang tapi tidak mengunjungi pantai-pantai di Malang Selatan rasanya sayang sekali ya, hanya saja lagi-lagi waktu tidak berpihak sehingga saya harus memilih hanya 1 pantai saja yang bisa dikunjungi, itu pun gak bisa lama, tapi ya sudahlah lebih baik daripada tidak sama sekali. 
Perjalanan dari pusat kota Malang menuju Malang Selatan ternyata lumayan memakan waktu juga, padahal sudah kita siasati dengan menyewa kendaraan beserta supir yang paham area jalan kesana, saat itu rencana kami adalah mampir ke salah satu pantai di Malang Selatan lalu langsung tancap gas ke Blitar, terkesan ambisius tapi kami mampu melakukannya dalam sehari itu, berangkat dari pusat kota Malang pagi hari dan tiba di Blitar sekitar jam 6 sore.

Dari di antara beberapa pantai di Malang Selatan, kami memilih mengunjungi Pantai Goa Cina, gak ada alasan khusus sih kenapa kita memilih pantai ini, I wish we could visit all of the beaches though karena di Malang Selatan terdapat pantai-pantai yang namanya sudah cukup terkenal seperti : Pantai Balekambang, Pantai Bajulmati, Goa Cina, Pantai Sendangbiru, Segara anakan pulau Sempu, Pantai Tamban, Pantai Telok dan ah masih banyak lagi, percaya deh daftar nama pantai-pantai ini akan berlanjut. Sebenarnya lokasi pantai berbeda nama ini adalah sama yaitu pesisir Malang Selatan yang menghadap ke Samudera Hindia, dimana jika ditarik garis lurus akan menghubungi benua Australia.



 

Pantai Goa Cina yang awalnya diberi nama pantai Rowo Indah oleh orang lokal ini memang cukup memukau, ombak ganas menebas pulau-pulau kecil tidak berpenghuni di sekeliling pantai ini, ganasnya ombak itu membuat pengunjung dilarang berenangPantai dengan pasir putih dan hampir tidak terlihat sampah disana, salut dengan pengunjung yang membuang sampah mereka pada tempatnya. Toilet dan kamar mandi air tawar juga tersedia jika pengunjung membutuhkan, deretan rumah makan juga bisa dipilih, semua tertata rapi dan bersih. 


 

Banyak cerita yang beredar mengapa disebut pantai ini disebut Pantai Goa Cina, karena memang ada goa di atas batu berbukit di pinggir pantai, dan Cina diambil karena ada pertapa keturunan Cina yang bertapa di dalam goa itu. Orang lokal yang mencari-cari dirinya yang tidak pernah keluar dari goa setelah sekian lama mendapatkan goa itu kosong dan yang tersisa hanyalah tulang-tulang dan tulisan dalam huruf Mandarin di langit-langit goa, sejak saat itulah pantai Rowo Indah berganti nama menjadi Pantai Goa Cina. 
Sekitaran area goa terdapat juga gerbang masuk dengan interior khas Cina




Bagaimana cara menuju Pantai Goa Cina Malang?
Dari pusat Kota Malang ke arah selatan atau ikuti petunjuk arah ke arah Pantai Sendang Biru. Banyak papan penunjuk jalan yang akan memandu, tertulis beberapa nama pantai yang ngetop seperti Pantai Sendang Biru itu. Nama Goa Cina hampir jarang ditemukan, hanya sekitar 5 kilometer terakhir setelah lepas dari Pantai Sendang Biru.

 

   

You Might Also Like

8 comments

  1. Cantiikk ya pantainya. Foto pertama mengingatkanku ke Pantai Papuma, mirip.

    ReplyDelete
  2. Ke Sendang biru, udah beberapa kali. Kalau yang ini, belum. Ntar pas plg ke Mbah, dijadwalkan ke sana ah :)

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata goa malang ini keren banget ya. Saya yang dari Jatim aja malah belum pernah. Akses jalan untuk mobil gimana mba? Medannya terjal ngga?

    ReplyDelete
  4. 2013 pas kliling jawa itu kita udah rencana kesini mba. tp sayangnya cuaca jelek, dan trnyta tempatnya juga rada jauh, jd suami udh perkirain waktu, kita ga bakal kekejar nyampe sana, secara waktu udh terbatas bgt -__-... pdhl aku tau krn baca dr blog2 yg lain ini pantai cakeeep ;)

    ReplyDelete
  5. selain apel hijau, malang emang terkenal sama alamnya juga. nyesel tahun lalu nggak kesitu..

    ReplyDelete
  6. Duuuuh, yg dari jauh aja uda nyempetin ke pantai Mamang di selatan ini. Lah aku kemana aja, hiks. Dan itu tulisan Cina di langit2 Goa bisa dilihat gk ya? Penasaran

    ReplyDelete
  7. Nice post mbak, kebetulan menemukan ulasan tentang malang. dalam waktu dekat ada rencana ke malang utk menemani keluarga yg kampung halamannya dari jawa timur :)

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan