Colmar - Negeri Dongeng Milik Prancis

By 11:42 AM , , , , ,

Colmar - Negeri Dongeng Milik Prancis


Oh, Colmar. That dreamy place in France not called Paris. Fakta tersebut membuat Prancis selalu rindu untuk dikunjungi, setiap desa dan kota nya menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda.
Ulang tahun kali ini saya ingin berada di Colmar untuk merayakannya, bukan, bukan Colmar Tropicale yang ada di Berjaya Malaysia tapi Colmar asli yang berada di Prancis.

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Colmar yang dibuat di Malaysia adalah kopian dari kota tua Colmar yang sesungguhnya, terletak di propinsi Alsace, salah satu regio penghasil wine di Prancis.


Karena letaknya yang di antara perbatasan Jerman dan Swiss membuat Alsace kerap kali kami lewati jika sedang road trip, berkali-kali pula Colmar kami lalui namun sayang saja kendala waktu membuat kami belum sempat menjelajahinya.

Bicara mengenai sejarah, regio Alsace pernah berada di bawah naungan bendera Jerman dan bukan Prancis seperti yang kita kenal sekarang. Pada tahun 1919 terjadilah Perjanjian Versailles yang  memetakan wilayah Eropa dan juga menetapkan ketentuan menghukum Jerman dalam hal kewilayahan dan ekonomi, salah satunya adalah Jerman wajib mengembalikan Alsace - Lorraine ke Prancis setelah mendudukinya lebih dari 40 tahun.
Latar belakang sejarah inilah yang membuat Colmar dan kota-kota lain di Alsace memang terlihat sangat Jerman sekali, terutama dari design interior bangunan ( half timbered house ) yang mendominasi kota tua nya, dan sesekali akan terdengar orang tua lokal yang berbicara bahasa Jerman dengan aksen berbeda, ya generasi tua Colmar (dan Alsace secara keseluruhan) masih berbicara menggunakan Alsatian-German.

Typical half timbered house in Colmar

Pertokoan yang berlokasi di rumah-rumah tua

Purple windows, I die :p


Penampakkan kota tua Colmar seperti ilustrasi dari buku dongeng anak-anak, bangunan serupa ginger bread house dan warna warni dinding seperti pelangi terlihat sungguh menyenangkan walaupun cuaca gelap tipikal musim dingin. Imajinasi saya bermain membayangkan apa jadinya Colmar saat musim semi dan musim panas tiba? Oh tenang imajinasi, kau akan kubawa kembali ke Colmar saat musim dengan terangnya matahari kembali hadir ke dunia bagian sini.
Konon pada Perang Dunia II, Colmar sama sekali tidak tersentuh bom dan kerusakkan karena bahkan para tentara tidak punya hati untuk merusak kota ini.


Fakta menarik lainnya mengenai Colmar dan mengapa ada replika patung Liberty disana, adalah karena Colmar adalah kota lahirnya Auguste Bartholdi, designer patung kenamaan Liberty, hadiah Prancis untuk Amerika. Kebanggaan Colmar akan Bartholdi dapat terlihat dari patung Liberty yang juga diletakkan di Colmar, juga rumah Bartholdi yang dijadikan museum.


La Petite Venice in Colmar , disebut seperti Venice karena dialiri kanal kecil

La Maison des tetes Têtes



Colmar bisa ditempuh dengan kereta dari Paris berdurasi 3 jam, ya siapa tahu saja kalian menganggap Paris overrated atau kalian adalah pejalan yang anti mainstream, Colmar bisa jadi pilihan destinasinya.
Mengenai kereta dari Paris ke Colmar, timeline dan harga tiketnya, bisa dilihat di website : http://en.voyages-sncf.com/en/ , jika ingin mendapatkan harga termurah, lakukan pembelian tiket jauh-jauh hari.



You Might Also Like

16 comments

  1. bagi yudi, semua bangunan eropa itu tampak sama Kak. ya unik dan eropaan gitu.. hehe
    jadi kalau dikatakan lebih ke jerman dibandingkan perancis, itu bedanya gimanya ya kak?
    maaf katrok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhahha gak ada istilah pertanyaan katrok kok :)

      aku bisa liat dari half timbered house nya Di, itu rumah seperti itu khas Jerman sekali, perhatiin deh facade rumahnya seperti ditempelin kayu kan? nah itu yang disebut tipikal half timbered :)

      Delete
  2. Aww! Cantiknyaaa Comar. Ga sabar pengen segera cusss kesana.Beneran kayak negeri dongeng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa secepatnya sampai disana, banyak desa seperti ini di prov. Lorraine :)

      Delete
  3. Memang Alsace itu Jerman banget ya Fe. Suka dan malah unik karena suasana Jerman tapi di Perancis. Makanannya juga besar pengaruh Jerman. Colmar cantik ya kotanya, banyak chalet-chalet warna-warni ditengah kota. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sejarah bikin jadi unik ya, coba kalau Alsace gak pernah sampai di tangan Jerman, gak bisa kek gini ya :)

      Delete
  4. Kak kalo annecy ada ceritanya ? Lg nyari krn rencana mau kesana, jd itinnya paris, annecy, geneva, switzerland, venice kalo diselipin colmar sempet engga ya n jalurnya gampang engga naik kereta kaya yg dikasi tahu di atas ? Thanks for your help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Annecy ke Colmar lumayan jauh sih, kalau itinerary selanjutnya adalah ke Geneva memang jadi bolak balik, karena Geneva sudah dekat dari Annecy.
      Kalau mau maksa bisa2 ngehabisin 2 hari lagi buat trip dari Annecy ke Colmar nya.

      Talking about transportation dan jalur keretanya sih selalu gampang ya kalau di Prancis, tapi ya itu kalau waktu tidak memadai bakalah ribet nanti.

      Delete
  5. sejujurnya tadi awalnya eke kira emang ini cerita ttg colmar yg di malaysia itu loh, hahahaha

    ReplyDelete
  6. Cakep ya...memang banyak kota yang cantik di Perancis, sayang ngetopnya Paris Nice doank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngetop di kalangan turis Indonesia iya Paris aja palingan, padahal banyak banget ya turis Asia di Alsace dan regio2 Prancis lainnya.

      Delete
  7. Keren banget, suasana nya tenang dan damai

    ReplyDelete
  8. karena low season aja sih mas dan itu udah agak sore, kalau summer mah jangan ditanya :))

    ReplyDelete
  9. Pgn banget ke sini, cuma bingung airport terdekat yg mana. ada yg pernah bilang Colmar lebih deket di reach dr Basel ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Paris aja naik kereta, ga ada rute Paris nya?

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan