Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar

By 1:00 AM , , , , ,

Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar


Wisata di Blitar tidak melulu mengenai Bung Karno, karena ketika saya berada disana ada beberapa wisata edukasi lainnya yang sempat saya lihat dan kunjungi, selain mengunjungi agrowisata Belimbing di desa Karangsari, ada juga wisata edukasi lainnya yang katanya lagi ngetop di Blitar, yaitu Kampung Coklat. 

Sesuai namanya tentunya wisata ini adalah mengenai seluk-beluk coklat, mulai dari bibit coklat, perkebunan nya sampai ke hasil olahan coklat. Mengunjungi Kampung Coklat tentunya menarik mengingat kami tinggal di Belgia, negara yang terkenal akan coklatnya walaupun pohon coklatnya sendiri tidak bisa tumbuh di negara empat musim namun karena kepiawaian pengolahan coklatnya dari ratusan tahun silam membuat coklat Belgia memiliki kualitas tinggi di seantero dunia. 

Area lobi masuk Kampung Coklat, Blitar

Area restoran di Kampung Coklat

Bibit dan tanaman coklat di Kampung Coklat



Wisata edukasi Kampung Coklat ini ramai sekali didatangi para murid sekolah sampai perguruan tinggi yang datang dalam grup besar, kalau saya lihat di papan registrasi di pintu masuk banyak sekali paket yang ditawarkan termasuk belajar budidaya coklat mulai dari pembenihan, panen, paska panen sampai dengan pengolahannya. Paketnya berkisar Rp 50.000,- per pelajar, sedangkan jika hanya ingin melihat dan mengelilingi Kampung Coklat, cukup rogoh kocek sebesar Rp 5000,- saja. 


Pada dasarnya Kampung Coklat ini menarik sekali, selain karena mengedukasi banyak orang mengenai tanaman coklat, juga meningkatkan rasa sayang akan tanaman, tahu sendiri kan entah kenapa dengan rakyat kita ya, selalu senangnya merusak tanaman, menginjak, bahkan menebas tanpa aturan. Sayangnya Kampung Coklat ini tidak terlalu besar area nya sedangkan yang minat lumayan banyak, jadilah ramai sekali dan tidak teratur, belum lagi setiap pengunjung bawa tongsis yang rentan merusak pohon dan buah coklat. 
Antrian di kasir toko penjualan oleh-oleh pun semrawut dan tidak jelas mana antriannya. Walaupun demikian Kampung Coklat wajib lho dikunjungi, mungkin datang pada pagi hari saat baru buka atau menghindari akhir pekan bisa dijadikan opsi.

Salah satu produk coklat yang juga dijual di Kampung Coklat , bisa dijadikan oleh-oleh

Terdapat juga cooking class membuat penganan dari coklat


Alamat Kampung Coklat :
Jl. Banteng - Blorok No. 18 RT. 01 / RW. 06
Desa Plosorejo, Kademangan, Plosorejo, Kademangan
Blitar, Jawa Timur 66161

You Might Also Like

11 comments

  1. Bangku resto nya macam bangku anak sekolahan hahaha

    ReplyDelete
  2. Emang ya lama-lama sebel juga ngelihat tongsis emang. Genggeus. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. Jiah. Kepencet. Kurang ini tadi : terutama buat yang gak peduli sekitar dan asal pake tongsisnya. Hih. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya suka gak alert sama sekitar, asik2 aja selfie an, tauk2 kena buah coklatnya kan fragile banget :(

      Delete
  4. Ahhhh sahabatku agent watanabe asli mblitar pasti seneng ada tempat jalan begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih lumayan ngetop Kampung Coklat ini di Blitar skarang, sahabatmu pasti tauk :)

      Delete
  5. Yaaa...wkt ke blitar dulu, aku cuma ke makamnya bung karno -__-..ga tu kalo ada kampung coklat gini mbak..pasti menarik nih dtg ke tempat2 yg bnyk ksh pelajaran gini, apalagi cooking classnya :D.. secara ya suami suka bgt ama coklat

    ReplyDelete
  6. kayaknya perlu luangin waktu untuk liburan ke blitar, sekalian jalan jalan dengan orang tua hehe :)

    ReplyDelete
  7. wah saya suka postingan anda! jadi pengin kesana juga deh. ohya anda bisa mengunjungi Pariwisata Indonesia untuk melihat referensi pariwisata lainnya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Dapet referensi baru nih. Thanks infonya gan.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan